2 TAHUN 3 BULAN BERMAIN SAHAM

2 tahun 3 bulan bermain saham

Ya, tidak terasa sudah dua tahun tiga bulan saya bermain saham. Sejak Febuari 2014. Masi dalam kategori awam.
Dalam tulisan ini saya hanya ingin cerita saja apa yang sudah saya alami. Mungkin bisa sebagai gambaran bagi ibu2 yang punya uang dan waktu yang ingin bermain saham tapi belum pernah.

25 jt merupakan angka minimum anda dapat bermain saham. Meski saya tidak terlalu menyarankan sih jika anda mau main saham dengan modal 25 jt. Tapi anda harus benar2 jeli dan jitu dalam memilih, dan biasanya kemampuan ini tidak anda miliki di awal anda bermain saham, meski dengan broker sekalipun.

Jangan pula berkecil hati jika tidak banyak broker yang mau menangani anda dengan modal 25 jt. Selain memang tidak besar, juga lebih beresiko, karena kalau anda sampai salah posisi, susah manuver2, anda Cuma bisa menunggu dan menunggu dan berharap pasar kembali pulih. Angka yang saya sarankan sekitar 100 jt sih. Cukup untuk main saham capitalisasi besar dengan lot yang sedikit. Lebih aman. Misal aja anda salah masuk, anda masuk harga tinggi, tapi kalau Cuma masuk 1 lot gpp lah meski capitalisasi besar, nanti kalau turun anda average masih cukup peluru anda, … coba bayangkan kalau anda modal kecil terus salah masuk, terus harus nunggu aja,… kan berabe

Peraturan kapan masuk, kapan keluar, berapa lama anda di dalam, dan berapa profit taking yang anda inginkan tetap berlaku. Itu sudah saya bahas di artikel saya yang berselancar 2 (desember 2013). Yang ingin saya tambahkan yaitu istilah berternak saham. Anda masuk lalu anda jual, ketika market turun anda masuk lagi, lalu anda jual lagi. Dengan modal yang anda milki, anda bisa memilki jumlah saham yang lebih banyak.

Saham. Pencerminan diri anda. Keserahakan, kehati hatian, ketidak tahuan, ketidak telitian kesabaran, dan segala emosi dan logika anda terlihat ketika anda bermain. Saya memulai main saham sekitar febuari 2014, waktu index masih 4200, cukup untuk profit ketika index 4800-4900, meski anda harus bersih2 portfilio ketika mendapat signal atau kabar kalau index mau turun. Biasanya rumor itu ada benarnya. Di dukung dengan teknikal analisis tentunya. (liat grafik). Tentu yang masuk ketika index 5200 menanggung kerugian yang tidak sedikit, ketika index turun 3800. (index itu cerminan sederhana harga saham pada umumnya, biasanya harga saham mengikuti index, meski ada juga yang berlawanan, tapi biasanya sih mengikuti, meski gak mesti)

Bermain saham itu mesti uang nganggur. Kalau ombak bagus, ya lumayan, dari pada deposito, dengan modal 100 jt anda bisa dapat 3 jt sebulan, itu pun udah termasuk konservatif, kalau ombak loyo, anda bisa akumulasi saham. Kalau ombah keras, ya jangan main,bisa2 anda jatuh, dimana keuntungan anda setahun hilang sekejap

Ya, semoga artikel ini bisa memberi gambaran

Semoga artikel ini bermanfaat.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang