ALERGI GATAL PADA BAYI DAN CARA MENGATASINYA

Memiliki bayi yang sehat  adalah impian semua bunda, sayangnya anda sering khawatir dengan kondisi si kecil. Bayi sangat rawan terhadap   penyakit baik dari dalam maupun dari  luar, sekalipun anda mengganggap si kecil baik-baik saja namun jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan si kecil secara berkala. Bagi ibu sangat penting untuk menjaga  bayinya  sekalipun itu adalah hal sangat kecil, hal  kecil yang  dialami bayi  akan menjadi hal yang sangat besar bila anda tidak segera diatasi. Seperti  gatal-gatal yang sering dialami oleh bayi, biasanya hal ini sangat sering dialami bayi sekalipun anda  sudah memberikan mereka perawatan yang terbaik.

Gatal-gatal pada bayi sangat menggangu mereka, tidak hanya meresahkan anda sebagai bunda.  Gangguan kesehatan ini  bila dibiarkan akan menimbulkan hal yang serius pada si kecil, sekalipun penanganan bisa anda lakukan dengan mudah tapi jika  saat terjadi gejala awal  anda tidak mempedulikannya maka hal ini bisa menjadi sangat serius.  Sebenarnya alergi  gatal bukan hanya  terjadi pada  bayi namun anak-anak dan orang dewasa pun juga bisa terkena gatal-gatal.  Gatal-gatal memang menjadi masalah kesehatan yang biasa saja namun hal ini tetap harus ditangani dengan serius terutama  ketika bayi anda  mengalaminya. Dampak alergi  kulit yang mengakibatkan gatal-gatal tersebut  akan menyebar keseluruh tubuh  yang sangat menggangu si kecil.

Berikut  beberapa penyebab  gatal-gatal   pada bayi:

  • Makanan

Makanan adalah hal  utama yang harus anda perhatikan ketika anda memberikannya pada si kecil. Bayi memiliki sistem pencernaan yang masih sangat rawan terhadap  zat-zat yang  masuk dalam tubuh. Anda sebagai ibu harus memperhatikan asupan gizi bayi dan tentunya memilih makanan yang  benar-benar aman untuk bayi anda. Makanan memang menjadi penyebab  yang paling umum  penyebab gatal-gatal. Bila anda  masih menyusui bayi maka anda pun bisa saja membuat bayi  mengalami alergi gatal-gatal karena makanan yang anda konsumsi. Seorang ibu yang tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, hal ini bisa menyebabkan masalah bagi   bayinya sendiri.

  • Kulit bayi yang terlalu sensitive

Bayi memiliki kulit yang berbeda-beda sehingga tidak semua bayi bisa mengalami gatal-gatal.   Sebagian besar kulit bayi memang  masih sangat sensitive terhadap  gangguan  dari luar dan dalam.  Seperti masalah yang sangat sepele  ketika  anda memandikan anak-anak dengan air   dingin, hal ini pun bisa menimbulkan masalah yang serius pada bayi seperti gatal-gatal tersebut.  Selain air dingin, bayi juga sering mengalami gatal-gatal karena  pemakaian produk  perawatan bayi yang salah.

  • Produk perawatan bayi

Bila anda ingin merawat kulit si kecil, maka  hal ini pun bisa menyebabkan  gatal-gatal pada bayi. Saat ini banyak produk perawatan bayi  namun   tidak semua    produk tersebut bisa anda gunakan untuk  si kecil. Kulit bayi yang sangat sensitive akan mudah bereaksi  dengan produk perawatan bayi  tersebut sehingga bila si kecil tidak cocok dengan produk  tersebut akan menimbulkan alergi gatal-gatal yang cukup  serius.

  • Susu formula

Memberi susu formula memang baik untuk  buah hati, namun akan lebih baik lagi bila anda  memberikan si kecil  ASI. Susu formula juga bisa menyebabkan alergi gatal-gatal  pada  kulit bayi.  Bila  anda  memberikan susu formula yang salah maka  hal ini juga bisa membuat kulit bayi bermasalah seperti alergi gatal tersebut.

  • Cuaca dan kondisi lingkungan

Lingkungan dan cuaca disekitar  anda, hal ini bisa menjadi masalah serius pada bayi bahkan bisa membuat bayi mengalami alergi seperti gatal-gatal.  Kondisi cuaca yang buruk   sering menyebabkan  alergi  pada bayi  sehingga mereka mengalami gatal-gatal demikian juga dengan kelembaban dan perubahan iklim  yang  bisa menggangu kesehatan kulit  pada bayi anda.

Beberapa penyebab kulit gatal-gatal pada bayi tersebut bisa anda cegah dan atasi dengan mudah dengan beberapa tips dibawah ini:

  • Jaga asupan  makanan untuk  bayi

Bila anda memberikan  ASI  kepada  si kecil maka pilihlah  makanan  yang sehat dan seimbang agar tidak menimbulkan alergi gatal-gatal pada  bayi.  Anda bisa mengkonsumsi makanan yang dianjurkan oleh dokter. Sayuran segar dan buah-buahan sangat baik bila anda olah sendiri, anda pun bisa mencegah  penggunaan  bahan kimia seperti penyedap   masakan dan sejenisnya saat pengolahan makanan. Kadang  beberapa bahan penyedap masakan bisa membuat alergi pada orang dewasa demikian juga dengan anak-anak.

  • Pilih susu formula yang tepat

Bila anda memang tidak  bisa  memberikan ASI pada bayi, untuk mencegah gatal-gatal   pada bayi maka  pilihlah susu formula yang  dianjurkan oleh dokter sesuai  dengan umur bayi.  Sebelum memberikan susu formula pada bayi sebaiknya anda  berkonsultasi pada dokter agar anda benar-benar tepat memilih susu formula tersebut.

  • Pilih  produk perawatan bayi yang tepat

Memberikan yang terbaik bagi si kecil memang kewajiban anda, namun jangan salah pilih terhadap produk  perawatan bayi. Saat ini banyak sekali merek dan jenis produk perawatan bayi namun tidak semuanya   baik untuk kulit bayi anda. Ada beberapa produk perawatan kulit bayi yang mengandung bahan kimia  yang sering menimbulkan gatal-gatal dan juga iritasi yang cukup serius pada kulit bayi.  Karena kulit bayi yang sangat sensitive tersebut, anda bisa memilih produk perawatan bayi yang mengandung bahan alami sesuai anjuran dokter.

  • Kenakan bayi pakaian yang  bersih dan nyaman

Cuaca dan kelembaban yang bisa menyebabkan  gangguan kulit pada bayi bisa  anda cegah dengan memberikan bayi  pakaian yang bersih dan nyaman. Pakaian yang kotor juga menjadi  penyebab gatal pada  bayi, karena itu kenakan pakaian yang  bersih dan nyaman agar bayi terlindung dari cuaca buruk dan lingkungan yang  bisa menyebabkan  gatal-gatal.

  • Periksakan kondisi bayi pada dokter

Bila gatal-gatal pada bayi semakin parah maka anda bisa memeriksakan si kecil pada dokter .  Penanganan ini sangat penting agar alergi gatal  tersebut tidak menyebar di seluruh tubuh bayi.  Dengan penanganan yang tepat dari dokter maka akan mudah bagi  anda untuk mencegah  gatal-gatal  yang lebih parah.

Memberikan yang terbaik  pada buah hati bukan sekedar memberi namun  anda juga harus  memberikan yang  terbaik diantara pilihan yang baik untuk bayi. Jika bayi sehat tentu anda akan senang dan bayi pun juga menjadi riang.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang