Alergi pada bayi

Alergi tidak dapat di sembuhkan dengan obat-obatan karena alergi bukanlah suatu bentuk penyakit. Alergi dapat hilang dengan menjauhkan dari sumber pencetusnya, misalnya makanan yang merupakan pencetus utama, ataupun debu, cuaca, ataupun bulu binatang. Jika orang tua alergi, maka ada kemungkinan alergi tersebut menurun kepada anaknya.

Alergi dapat terjadi berupa gatal dan bentol merah pada kulit, tetapi bila terjadi sesak nafas, bawalah ke dokter untuk mendapatkan bantuan medis yang di perlukan.

Adapun langkah-langkah yang dapat di gunakan untuk mengantisipasinya adalah:

1.  memberikan makanan satu per satu dalam tempo waktu tertentu untuk mengetahui reaksinya

2. menjaga makanan yang di makan bayi atau ibu yang memberikan ASI dengan menjauhi makanan yang berpotensi menimbulkan alergi

3. Jika anak anda alergi susu sapi, berikanlah susu sapi yang sudah di modifikasi atau susu kedelai. Ada beberapa pendapat bahwa susu kedelai tidak di berikan pada usia 6 bulan pertama karena tidak mengandung cukup nutrisi yang di perlukan, sebagai gantinya berikanlah ASI.

4. Jika anak sudah cukup dewasa, berikanlah pencetus alergi tersebut, misal makanan secara bertahap dan sedikit-sedikit untuk melatih kekebalan anak tersebut terhadap sumber pencetus tersebut, karena biasanya seiring bertambahnya waktu, alergi itu akan hilang dan bayi akan lebih tahan.

Semoga artikel ini membantu.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang