ANEKA MENU SEHAT DARI SAYUR WORTEL

Sayur wortel menjadi salah satu bentuk sayuran yang banyak mengandung vitamin A didalamnya. Vitamin A pada dasarnya merupakan jenis nutrisi tubuh anak yang dibutuhkan guna kesehatan organ penglihatannya berupa mata. Sayuran ini juga mengandung betakaroten yang baik dalam hal sistem proteksi tubuh anak anda dari bahaya zat berbahaya di luar tubuh anak. Untuk itulah, anda yang mendambakan tubuh sehat pada anak anda, tentunya anda dapat menggunakan bahan makanan olahan berupa sayur wortel ini. Menu makanan yang dihasilkan dari proses pengolahan sayur wortel ini cukup banyak sekali jumlah. Anda dapat menggunakan referensi aneka menu sehat dari sayur wortel berikut ini untuk anak anda, yaitu :

Aneka Menu Sehat dari Sayur Wortel

  1. Bubur wortel

Bubur wortel bukanlah menu makanan baru yang diberikan untuk anak – anak. Menu makanan ini cukup lama dipadukan oleh kalangan orang tua guna memberikan nutrisi zat betakaroten yang memadai dalam tubuh buah hatinya. Selain  zat betakaroten, kandungan vitamin A cukup banyak ditemukan dalam sayuran wortel. Penyajian wortel yang dibentuk dalam menu bubur ini juga mudah dicerna untuk lambung anak – anak sehingga aman untuk dikonsumsi.

  1. Sayur sop

Bukan menu sup sayur jika tidak menggunakana bahan – bahan sayuran berupa wortel. Sayur wortel merupakan bagian pelengkap dalam menu sayur sop sehingga inilah bentuk makanan olahan yang menggunakan wortel untuk anda. Menu makanan ini sangat disukai oleh anak – anak, terlebih lagi jika anda menggunakan kaldu alami berupa kaldu ayam atau kaldu sapi dari bahan tulang – tulang sisanya.

  1. Jus wortel

Wortel merupakan sayuran yang dapat digunakan dalam bentuk olahan makanan apa saja. Hal ini dapat dicontohkan dengan menu makanan olahan berupa jus wortel. Bahan utama dalam pembuatan menu ini tentunya adalah sayur wortel sehingga inilah contoh aneka menu makanan olahan dari sayur wortel.

  1. Pudding wortel

Puding merupakan makanan tinggi serat yang baik untuk tubuh. Anda dapat mengekreasikan sayur wortel sebagai bahan tambahan dalam pembuatan pudding. Pudding wortel, ya itulah nama makanan olahan yang dapat anda buat dengan menggunakan sari sayur wortel dan tentunya ditambahkan dengan bahan utama lainnya. Pembuatan menu ini cukup sulit dibandingkan dengan menu lainnya.

            Itulah aneka menu makanan sehat dari bahan sayur wortel untuk anda kalangan ibu – ibu. Anda dapat mengolah bahan wortel yang kaya nutrisi ini untuk menu sehat anak anda. Risiko kesehatan dapat terjadi apabila anak anda mengalami kekurangan sumber vitamin A seperti layaknya sayur wortel ini. Berbagai bentuk gangguan kesehatan yang akan dialami oleh anak anda apabila  mengkonsumsi jumlah kandungan vitamin A dalam wortel yang kurang , antara lain yaitu :

  1. Xeropthalmia

Merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh kekurang zat vitamin A. Penyakit ini dapat menyebabkan anak anda menjadi kehilangan kemampuannya untuk melihat dunia secara luas. Untuk itulah, jika anda tidak ingin anak anda mengalami gangguan ini, maka anda perlu melakukan pemberian konsumsi vitamin A yang memadai, salah satunya dengan menu makanan olahan sayur wortel.

  1. Rabun senja

Inilah bentuk ketidakmampuan mata dalam melihat dengan jelas daerah sekitarnya. Penyakit ini terjadi karena asupan vitamin A yang kurang. Mata akan tetap dapat melihat namun dengan kemampuan yang rendah. Dengan kata lain dapat dikatakan penglihatan anda akan sedikit kabur.

            Semoga segala ulasan aneka menu sehat dari sayur wortel ini dapat memberikan pencegahan penyakit mata bagi anak.