ATASI EKSIM SUSU DENGAN CARA INI

Memiliki bayi yang  lucu adalah  impian semua orang tua, namun   ada banyak masalah yang sering dialami ibu ketika mereka merawat bayinya dan salah satunya adalah eksim susu. Eksim merupakan kondisi yang mempengaruhi kulit pada bayi. Dalam dunia kedokteran, eksim sering disebut dengan dermatitis. Eksim adalah suatu kondisi kulit yang umum tapi  tidak menular yang memiliki banyak kemungkinan penyebabnya  dan dalam bentuk alergi yang dapat terjadi di bagian tubuh. Ada berbagai jenis eksim yang bisa dibedakan   terhadap penyebab masalah. Eksim biasanya berkembang  pada bayi  yang berusia  empat hinga enam bulan, hal ini bisa terlihat mulai dari  kemerahan sehingga membuat  bayi menangis. Eksim susu  biasanya terlihat di pipi dan dapat menyebar ke dahi, punggung lengan dan kaki. Eksim bisa  membuat bayi dan anak-anak  terganggu karena mereka gatal sehingga mereka  akan  menggaruk dan bisa menyebabkan infeksi.

Penyebab  eksim susu

Eksim dapat dipicu oleh iritasi kulit karena bahan kimia, seperti deterjen bubuk  dan pelembut kain.  Selain itu ada banyak kemungkinan penyebab mengapa bayi mengalami  eksim. Beberapa  penyebab terjadinya eksim  susu diantaranya bisa karena iwayat keluarga yang juga  menderita eksim  sehingga dapat meningkatkan bayinya kemungkinan terkena eksim. Eksim  susu juga bisa terjadi pada bayi  yang memiliki kulit sensitif sehingga  lebih mungkin dapat bereaksi terhadap alergen lingkungan seperti  debu, bulu binatang, wol atau pakaian sintetis dan bahan kimia dalam larutan pembersih.  Bagaimana dengan makanan, apakah juga bisa menyebabkan eksim susu? Beberapa makanan yang dapat memicu eksim diantaranya adalah susu sapi, kedelai, telur, gandum, kacang dan kerang. Eksim susu  pada bayi juga bisa terjadi karena  bayi  memiliki sistem kekebalan tubuh  yang peka sehingga penderita bereaksi terhadap aspek lingkungan sehingga tidak menimbulkan reaksi kekebalan.

Gejala eksim susu

Eksim pada bayi muncul dalam bentuk kulit merah yang kering, bersisik dan ketika tergores, bayi bisa menangis dan menjadi terinfeksi. Eksim muncul di pipi dan  kemudian dapat menyebar ke dahi dan punggung lengan,  kaki dan akhirnya menyebar ke seluruh tubuh. Eksim sering ditandai dengan  kulit yang sangat kering dan gatal. Gejala umum lainnya   saat bayi menderita eksim susu   adalah kulit kemerahan  dan  retak,  kulit mengalami pembengkakan atau kulit  menjadi bersisik serta terdapat  benjolan kecil yang berdarah. Eksim dapat terjadi di manapun pada tubuh  bayi terutama pada kulit kepala, dahi, dada dan sekitar sendi. Dalam kasus yang lebih parah  eksim pada  bayi bisa sangat gatal dan  bisa menimbulkan infeksi berkepanjangan jika  tidak ditangani dengan serius.

Cara mengatasi eksim susu  pada anak

Melihat bayi Anda menderita eksim memang  menyedihkan terutama jika bayi  mengalami  ketidaknyamanan  karena eksim  dan mengganggu tidurnya. Pengobatan eksim tergantung pada seberapa serius  eksim tersebut. Jika bayi Anda menderita  eksim ringan, Anda mungkin hanya disarankan untuk menggunakan krim  yang bisa menghilangkan  eksim, namun jika   bayi menderita eksim susu yang terlalu parah,   tindakan  lain pun harus Anda lakukan selain memberikan   cara pengobatan yang ringan.

Untuk mengatasi masalah eksim susu pada bayi Anda, berikut beberapa  caranya:

ü  Berikan  ASI eksklusif

Menyusui secara eksklusif selama sedikitnya empat bulan membantu melindungi  bayi terhadap eksim dan alergi lainnya. Beberapa bayi dan anak-anak yang menderita eksim mungkin alergi terhadap susu sapi tetapi penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menghentikan  susu sapi pada bayi Anda.

ü  Menjaga kelembaban kulit bayi

Eksim ditandai dengan kulit yang sangat kering sehingga  Anda bisa menjaga kulit bayi agar tetap lembab. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi ketidaknyamanan  mereka akibat eksim susu. Selain baby lotion atau minyak, dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan krim pelembab yang lebih efektif.

ü  Hindari bayi dari debu

Banyak debu  di  rumah yang diduga memicu beberapa  eksim sehingga Anda dapat mengurangi jumlah debu di sekitar rumah Anda dengan menggunakan kain basah untuk membersihkan. Seringlah mencuci seprai  dengan deterjen yang  berkualitas untuk mengurangi masalah gangguan kulit  pada bayi tersebut. Menjaga rumah Anda dan terutama agar bebas debu dapat membantu untuk mengurangi eksim.

ü  Mandikan  bayi dengan air hangat

Memandikan bayi Anda  air hangat akan membantu kulit bayi Anda untuk mempertahankan kelembaban dan tetap terhidrasi. Anda harus menghindari penggunaan sabun  mandi yang bisa menimbulkan kulit kering. Usahakan  memilih sabun mandi  bayi yang mengandung  minyak   untuk melembabkan kulit mereka.

ü  Hindari  bayi terhadap makanan yang bisa  memicu eksim susu

Ada beberapa  bayi yang menunjukkan kepekaan terhadap makanan tertentu sehingga  menyebabkan eksim susu. Jika Anda berada dalam proses menyapih bayi, Anda harus memastikan bahwa Anda memperkenalkan salah satu makanan pada suatu waktu sehingga Anda dapat melihat reaksinya dengan baik. Anda juga harus memastikan bahwa Anda mengikuti rekomendasi  dokter  ketika memperkenalkan makanan tertentu dalam  menu bayi Anda. Menyusui bayi Anda sampai mereka berusia minimal 4 bulan adalah salah satu cara terbaik untuk meminimalkan eksim. Saat menyusui tersebut Anda tidak harus membatasi makanan bayi Anda sendiri atau tanpa mencari saran dari dokter Anda terlebih dahulu.

ü  Hindari  garukan  pada daerah yang  terkena eksim

Bayi Anda mungkin mengalami gatal dan  dia akan menggaruk,  menggaruk  kulit yang mengalami eksim dapat membuat eksim menjadi buruk dan mengalami infeksi. Untuk itu jagalah kuku bayi Anda  agar tetap pendek dan gunakan bayi  sarung tangan katun dan kaus kaki sebelum tidur  agar mereka tidak menggaruk  kulitnya. Menghindari iritasi adalah cara yang baik untuk mengurangi eksim. Anda juga bisa mengganti deterjen dan sabun, memilih pakaian katun untuk bayi dan  menghindari klorin.

ü  Periksakan bayi pada dokter

Jika beberapa  cara di atas masih belum bisa mengurangi eksim susu  pada bayi Anda, langkah terbaik adalah  memeriksakan kondisi  bayi Anda pada dokter.  Penanganan terbaik untuk  eksim susu yang terlalu berat bisa dilakukan dengan memeriksakan bayi Anda pada dokter. Dokter akan memberikan pertolongan terbaik untuk mengatasi  masalah eksim susu  bayi Anda dengan beberapa alternatif  pengobatan yang bisa meringankan eksim tersebut.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang