ATASI GELISAH SAAT KEHAMILAN

 

Apakah anda sering merasakan kurang percaya diri, takut maupun gelisah yang tak kunjung usai saat kehamilan?Waspadai karena hal tersebut bisa membahayakan janin anda, tidak percaya?  Ibu hamil memang  banyak yang merasakan kegelisahan apalagi mereka baru  pertama  mengalami kehamilan. Kehamilan memang menjadi hal yang sangat diidamkan oleh pasangan yang baru menikah, mereka ingin segera mendapatkan keturunan. Namun disisi lain mungkin anda sebagai wanita merasa gelisah dan tidak percaya diri, sedangkan anda sendiri tetap menginginkan kelahiran sang bayi. Rasa gelisah dan tidak percaya diri mukan hanya anda   sendiri yang mengalami.  Hampir semua wanita yang  mengalami kehamilan pertama sering merasa gelisah, bahkan mereka yang sudah sering hamil pun juga kadang merasakan gelisan dan tidak percaya  diri.

Pada beberapa kasus kehamilan oleh ibu yang sudah pernah hamil, mereka sering menganggap bahwa kehamilan yang mereka alami saat itu adalah kelalaian yang berkaitan dengan suntik KB atau pil KB yang dikonsumsi.  Mereka merasa  bersalah atas kehamilannya dan sering gelisah, apalagi bila mereka memiliki banyak anak yang usianya masih tergolong kecil. Kehamilan berikutnya tentu dianggap suatu kesalahan dan ini  akan memicu kegelisahan, tidak percaya diri dan akhirnya bisa menggangu perkembangan janin.  Kegelisanan oleh  ibu  yang mengalami kehamilan berikutnya ini sering memicu rasa malas beraktivitas,  sering gugup, sering melamun dan pada akhirnya mereka kehilangan nafsu makan.

Berbeda dari calon ibu yang baru pertama kali hamil, mereka takut dan gelisah menghadapi beberapa hal yang mungkin tidak mereka alami sebelumnya. Selama hamil emosi mereka  mengalami naik dan turun, inilah yang harus dikontrol agar kondisi janin tetap terjaga dengan baik. Pada umumnya kegelisahan yang dialami saat kehamilan adalah suatu reaksi emosional yang  memicu stress berlebihan. Gejala yang  timbul karena kegelisahan ini bisa diamati dari telapak tangan yang berkeringat, detak jantung yang sangat cepat,   pikiran kaca atau sulit untuk memfokuskan pikiran maupun bingung. Kegelisahan ini  memang banyak menimbulkan hal-hal yang bisa menggangu kondisi fisik   wanita hamil. Pasalnya mereka yang sering mengalami kegelisahan sering merasakan pusing dan nyeri punggung, tentu saja  hal ini akan menggangu kesehatan saat kehamilan terutama hamil muda.

Bagi calon ibu yang pertama kali mengalami kehamilan, kegelisahan  dikarenakan  pemikiran bahwa kehamilan adalah suatu hal yang menakutkan. Belum lagi mereka akan mengalami persalinan, ini adalah hal yang sangat menakutkan. Itulah yang sering menjadi alasan  calon ibu sehingga mereka benar-benar  gelisah dan kurang percaya diri.  Kegelisahan juga bisa terjadi tatkala ibu hamil mendengar  cerita-cerita yang tidak menyenangkan  dari rekan atau saudara yang  telah memiliki keturunan.  Kegelisahan pada ibu yang sudah pernah hamil dan calon ibu yang baru pertama kali hamil penyebabnya memang berbeda.Bagi ibu yang pernah hamil, kemungkinan penyebab kegelisahan adalah karena tekanan pekerjaan, sosial dan dalam diri ibu hamil sendiri.

Kegelisahan memang dianggap sebagai bawaan ibu hamil, namun tetap perlu diwaspadai agar  janin bisa tumbuh optimal. Ketika hamil kadar hormon progesterone maupun estrogen  dalam tubuh  wanita memang meningkat dan peningkatan hormon inilah yang menimbulkan kegelisahan pada sang ibu hamil. Sebagai contoh yang mudah, anda  akan menggalami kegelisahan yang hebat saat akan menstruasi, hal ini karena peningkatan hormon progesterone dan estrogen. Sama halnya ketika anda akan menstruasi,wanita yang hamil juga mengalami kegelisahan, stress, depresi, mudah marah dan susah untuk memusatkan pikiran. Yang sering terjadi adalah kekacauan pada diri sendiri, suasana hati yang berubah-ubah drastis dan emosional susah dikontrol. Karena kondisi tersebut maka ibu hamil sering merasa tidak tenang dan efeknya akan menggangu  pertumbuhan janin.

Kegelisahan berbahaya bagi janin anda

Jangan  remehkan rasa gelisah dan tidak tenang saat hamil, hal ini akan menggangu anda dan pertumbuhan janin.  Saat gelisah maka adrenalin akan meningkat sehingga aliran darah juga  meningkat dengan cepat terutama aliran darah apda otak  dan detak jantung.  Ketika peningkatan adrenalin terjadi maka tubuh secara  otomatis akan melepaskan morfin.  Zat  ini bisa menimbulkan pelebaran pada pembuluh darah  dan mengurangi kadar hemoglobin dalam darah. Apabila hemoglobin berkurang tentu tubuh menjadi lemas dan rasa gelisahakan semakin meningkat.  Semakin gelisah anda saat hamil maka semakin sedikit janin mendapatkan oksigen maupun nutrisi. Kegelisahan yang tinggi jika tidak diatasi akan menggangu pertumbuhan janin bahkan bisa menimbulkan keguguran saat kehamilan muda.

Kegelisahan akan menghambat pertumbuhan janin baik pertumbuhan sebagian organ pada janin maupun seluruh organ yang dimiliki janin tersebut. Saat persalinan karena pertumbuhan janin terhambat maka berat  bayi akan lebih kecil dari kondisi bayi yang lahir normal.  Yang lebih parah lagi bila kegelisahan tidak segera diatasi adalah bayi lahir  dalam kondisi mati, sekalipun selamat bayi tersebut mungkin lahir dalam keadaan prematur.

Kegelisahan berkaitan dengan kepercayaan diri

Percaya diri itu penting , demikian juga saat kehamilan, namun untuk mendapatkan percaya diri tersebut memang sulit terutama bagi calon ibu yang baru pertama kali hamil. Kadar kegelisahan masing-masing wanita hamil juga berbeda, jadi  belum tentu satu sama lain memiliki gejala kegelisahan yang sama.  Kegelisahan ini sangat berkaitan dengan percaya diri dan inilah mengapa calon ibu  harus memiliki kepercayaan diri. Percaya diri merupakan suatu hal  yang bisa menciptakan pikiran positif pada wanita hamil. Kepercayaan diri akan membawa suasana yang  tenang dan nyaman. Wanita yang mengandung  pada usia yang sangat muda  akan mengalami kegelisahan yang tinggi dibandingkan mereka yang  mengalami kehamilan diusia yang memang siap untuk hamil.

Nah, bila saat anda hamil percaya diri tumbuh maka rasa gelisah dan ketakutan akan hilang. Efeknya anda benar –benar merasa nyaman dan tenang menjalami kehamilan tersebut.Hingga  persalinan tiba,  janin akan tumbuh dengan sehat. Tentu saja ini berkat kepercayaan diri pada anda.Sayangnya untuk menumbuhkan kepercayaan dir tersebut sangat sulit. Sebisa mungkin anda harus menanamkan rasa percaya diri  agar janin bisa lahir dengan sehat.

Bagaimana mencegah kegelisahan saat kehamilan?

Menumbuhkan kepercayaan diri saat hamil memang penting, hal ini akan mencegah kegelisahan dan rasa takut. Bila anda merasa gelisah, kenali  masalah apa yang membuat anda gelisah  dan fokuskan pada masalah tersebut. Fokus pada masalah dan memecahkan masalah tersebut, ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Jika  anda tidak mampu memecahkan  masalah penyebab kegelisahan tersebut, anda bisa  berkonsultasi dengan rekan atau dokter kandungan.   Anda juga bisa berbicara dari hati kehati dengan suami, hal ini bisa menimbulkan rasa nyaman dan tenang. Dukungan suami sangat besar manfaatnya untuk meningkatkan kepercayaan diri  ibu hamil. Jika percaya diri tumbuh   maka janin pun bisa tumbuh dengan optimal.Memang kegelisahan adalah hal yang wajar terjadi   pada wanita hamil, namun kegelisahan juga harus diatasi.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang