AYO BENTENGI SI KECIL DARI BIANG KERINGAT

Seberapa sering anda mengeluhkan masalah  kesehatan buah hati anda, apakah anda selalu dihantui rasa takut dengan kesehatan si kecil? Bunda, semua bayi tentu  memiliki masalah kesehatan baik itu masalah yang   ringan maupun berat dan semua itu bisa anda hindari dengan mudah. Salah satu masalah yang sering dihadapi ibu  diantaranya adalah  biang keringat pada si kecil. Sebenarnya masalah ini  bukanlah masalah yang  anda alami sendiri namun   hampir semua bayi   pernah mengalami biang keringat. Ini adalah masalah yang kecil namun efeknya tentu berbahaya bagi  kesehatan bayi bila tidak segera diatasi dengan  cepat. Biang keringat  sering disebut dengan keringet buntet bagi orang jawa.

Masalah biang keringat ini  memang kerap terjadi pada bayi terutama saat bayi berusia dibawah 6 bulan.  Biang keringan bukanlah penyakit yang  membahayakan dan menular namun sekalipun demikian anda perlu mengatasi dan mencegah masalah kulit ini demi si kecil. Tentu sebagai ibu  anda tak ingin mereka merasa tidak nyaman dan terganggu akibat biang keringat.  Biang keringat biasanya disebabkan oleh  cuaca yang panas  sehingga  mempengaruhi kulit bayi yang cenderung masih sangat tipis tersebut. Biang keringat ini  biasanya terjadi pada lipatan leher,  wajah dan lipatan kulit bayi lainnya.  Karena admosfir panas tersebut maka  akan menimbulkan biang keringat yang sering ditandai dengan bintik-bintik merah  atau bercak merah yang menonjol  yang menyerupai jerawat.

Biang keringat seperti jerawat kecil yang    dialami oleh remaja namun biang keringat ini terasa gatal sehingga anda perlu mengobatinya, dikhawatirkan hal  ini akan menimbulkan luka ketika bayi menggaruk bagian kulit yang  ada bercak biang keringat tersebut.  Biang keringat sebenarnya bukan hanya terjadi pada anak-anak atau bayi,  orang dewasa pun sebenarnya juga bisa mengalami  masalah kulit ini.  Penyebab utama masalah ini adalah cuaca yang  cenderung panas. Secara naluri mungkin anda sebagai ibu  ingin melindungi buah hati dari apapun agar mereka merasa nyaman.  Bukan hanya melindungi si kecil dari udara dingin namun anda juga harus melindungi mereka dari udara panas.

Saat bayi anda lahir mungkin anda akan  membungkus buah hati  rapat-rapat  atau yang dikenal dengan nama ‘dibedong’. Cara yang anda lakukan ini adalah untuk melindungi anak dari  udara dingin sehingga  mereka akan terasa lebih hangat, namun saat cuaca  panas, bagaimana dengan si kecil? Disinilah letak permasalahan yang harus anda ketahui,  bila secara umum pori-pori yang digunakan untuk  sistem bekerjanya  suatu kelenjar  keringat pada bayi belum sempurna sehingga bila bayi kepanasan oleh  udara sekitar maka  hal ini akan menimbulkan reaksi  tubuh. Salah satu reaksi tersebut adalah biang keringat dan biang keringat inilah yang menjadi salah satu cara badan untuk mengatasi hawa panas  di lingkungannya.

Munculnya biang keringat tersebut merupakan reaksi  alamiah tubuh untuk  melakukan pendinginan terhadap lingkungan yang panas oleh bayi.   Kulit bayi yang cenderung masih sensitive tersebut  tertama terhadap cuaca panas  sehingga biang keringat   bisa sering dialami  mereka. Bagi para ibu mungkin anda sering melihat biang keringat apda bayi terutama di sekitar  wajah bayi saat musim panas.  Hal ini adalah masalah klasik yang  terjadi apda bayi  yang baru lahir. Secara medis   biang keringat tersebut  dinamakan dengan miliaria dan akan terjadi pada bayi saat minggu-minggu awal sejak kelahirannya.

Efek yang paling dirasakakan bila bayi mengalami biang keringat adalah  perasaan yang tidak nyaman.  Apalagi bila biang  keringan tersebut menyerang bagian wajah  bayi tentu sangat menggangu mereka. Bagian tubuh bayi yang sering mengalami biang keringat diantaranya adalah dahi,  leher, selangkangan maupun  bagian lipatan-lipatan tubuh lainnya. Jika anda mengabaikan hal ini maka kulit bayi akan lecet  dan terasa pedih.  Bila luka  tersebut tetap  anda biarkan maka bisa menimbulkan infeksi pada kulit bayi,  bukankah lebih kasihan lagi bila bayi mengalami hal demikian. Langkah  selanjutnya ketika anda mengalami hal tersebut adalah  memeriksakan  bayi pada dokter  untuk penyembuhan si kecil.

Bila anda risau dengan biang keringat si kecil, sebenarnya hal ini akan sembuh dalam waktu 2 hingga 3 hari saja asalkan anda memilih penanganan yang tepat yaitu dengan bantuan dokter ahli.  Biang keringat  pada bayi akan sembuh dengan sendirinya asalkan faktor yang menyebabkan masalah ini bisa anda jauhi. Karena faktor yang menyebabkan biang keringat tersebut adalah udara panas maka anda sebaiknya menghindari bayi dari cuaca yang panas tersebut, selain itu     pakaiakan bayi dengan pakaian yang mudah menyerap keringat.   Untuk menghilangkan  biang  keringat tersebut dan membuat bayi merasa nyaman, anda bisa menggunakan lotion  atau bedan dingin khusus untuk bayi.  Sebelum memberikan lotion atau bedak dingin anda bisa  berkonsultasi pada dokter terlebih dulu.

Pencegahan dari biang keringat tersebut adalah cara yang paling tepat  dibandingkan   ketika anda harus memberikan pertolongan  pada bayi yang mengalami biang keringat. Untuk mencegah biang keringat pada bayi, berikut cara yang  bisa anda coba:

  • Hindari  bayi pada ruangan yang  terlalu panas

Sebisa mungkin anda harus menghindari  bayi dalam ruangan yang terlalu panas, tentu saja hal ini agar biang keringat tidak menyerang  mereka.  Bila ingin membendong bayi,sesuaikan bendongan dengan kondisi cuaca , bila cuaca panas maka jangan membendong bayi terlalu rapat.

  • Gunakan  pakaian bayi yang menyerap keringat

Untuk mencegah biang keringat anda bisa memakaikan bayi pakaian yang mudah menyerap keringat. Selain bisa mencegah biang keringat, bayi pun juga bisa  lebih nyaman dalam kondisi cuaca yang panas tersebut.

  • Mandikan bayi secara teratur

Sangat penting bagi anda untuk memandikan  bayi secara teratur  2 kali sehari untuk mencegah  biang keringat dan membuat kulit bayi  lebih sehat dan bersih. Kulit bayi akan menjadi lebih segar  dan usahakan air yang digunakan tidak  terlalu hangat  atau  tidak terlalu panas.

  • Pilih sabun khusus bayi

Untuk menjaga kesehatan kulit bayi dan kesegarannya, anda bisa memandikan bayi dengan sabun khusus bayi yang alami.  Kulit bayi  yang sangat sensistif tersebut   sering mengalami alergi terhadap produk  tertentu sehingga anda harus memilih krim perawatan  kulit berupa sabun bayi yang aman untuk  buah hati.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang