BAGAIMANA MEMAHAMI DUNIA EMOSIONAL PADA BALITA

Perasaan merupakan bagian alami, tapi bagaimana  balita Anda belajar tentang emosi? Bagaimana mereka belajar untuk memahami kesedihan atau sukacita mereka? Apa perilaku yang sesuai ketika perasaan marah atau  senang muncul? Apa yang bisa  Anda lakukan  saat si kecil marah atau dalam ketakutan? Anda bisa mempelajari dunia emosional anak-anak agar Anda bisa membantu mereka lebih baik lagi. Namun apakah Anda tau berapa  pentingnya anak Anda membuat hubungan emosional dan sosial dengan Anda dan dengan anak-anak lain atau dengan orang dewasa?  Bahkan, sukacita bermain bersama mengajarkan anak-anak bahwa mereka dicintai, penting dan menyenangkan berada di sekitar. Saat Anda melihat si kecil menikmati bermain  di rumah  bersama Anda,  dalam hal ini Anda menawarkan anak Anda rasa percaya diri dia akan perlu untuk membangun hubungan yang kuat dan penuh kasih sepanjang hidupnya.

Ketika bayi menjadi balita, ia masih akan merasa menjadi bagian dari Anda dan bergantung pada Anda untuk melindungi dan mendorong dia di dunia. Tapi dia juga akan mulai menyadari bahwa Anda dan dia adalah orang-orang yang terpisah.  Balita memang lucu, mereka membuat suara lucu atau wajah konyol, tertawa bersama-sama dan menciptakan ikatan sosial dan pelampiasan emosional yang sehat. Dunia emosional balita memang kadang menguras tenaga Anda. Perilakunya dapat membingungkan dan membuat Anda merasa tidak pasti tentang cara terbaik untuk menyenangkan mereka  Memang sulit untuk mengatasi perasaan yang bertentangan balita Anda. Di satu sisi, dia ingin menjadi dirinya sendiri, namun ia masih merasa lebih aman mengandalkan Anda. Ketika ia masih bayi, itu adalah tugas Anda untuk mencegah dia jatuh atau melempar. Tapi sekarang tugas Anda adalah untuk joging memori yang dengan menerbitkan pengingat tak berujung.

Hal  diatas juga akan membantu jika Anda pad langkah atau menghapus mangkuk sedikit lebih awal sampai ia belajar apa yang harus ia lakukan. Balita Anda belum bisa mempertimbangkan perasaan orang lain, karena ia belum mengerti  dirinya sendiri. Jika dia menggigit Anda dan Anda menggigitnya kembali  untuk menunjukkan kepadanya bagaimana rasa sakit saat digigit,  dia akan berteriak dan menangis atau bahkan marah. Dia tidak berpikir  antara apa yang dia lakukan  pada Anda dan apa yang Anda lakukan kepadanya. Cobalah untuk tidak menempatkan harapan emosional realistis pada balita Anda. Pada usia ini, anak Anda hanya dapat melihat dunia dari sudut pandangnya. Jika Anda memperlakukan dia sebagai bayi, Anda akan menahan emosionalnya. Si kecil membutuhkan Anda untuk membantunya memahami dirinya sendiri dan dunia di sekelilingnya.

Pada usia  balita,  anak Anda mungkin ingat orang, tempat, lagu, dan bau serta apa yang Anda lakukan. Namun, ingatannya untuk beberapa  hal lain secara  detail masih sangat pendek, Anda mungkin memperhatikan bahwa anak Anda berjuang untuk mengingat hal-hal yang tampak jelas bagi Anda. Anak-anak memiliki emosional yang  kadang memang susah dikendalikan. Meskipun ia bisa mengatakan bahwa Anda akan bekerja ketika Anda muncul dalam pakaian kerja,  namun dia tidak bisa mengatakan apa konsekuensi apa yang dia katakan tersebut. Demikian juga,  si kecil mungkin dapat memanjat tangga di rumah, namun dia tidak akan mampu berpikir ke depan bagaimana dia akan turun lagi. Hal ini karena anak Anda tidak bisa berpikir ke depan, sama halnya ketika anak Anda  kesulitan untuk menyadari emosinya. Jika Anda  memiliki kesalahan pada si kecil, Anda tidak bisa memberikan atau membawakan apa yang dia minta, dia akan marah dan mengamuk, bagaimana Anda harus mengendalikannya?

Berikut beberapa langkah  mudah memahami emosional balita Anda:

  1. Pahami emosi buah hati

Pelatihan emosi  si kecil, hal ini merupakan teknik pengasuhan yang membantu anak-anak memahami perasaan mereka. Anda harus mengetahui bagaimana emosi bekerja dan bagaimana untuk  si kecil bereaksi terhadap perasaan dengan cara yang sehat. Memahami  perasaan di kecil  bisa dilakukan dengan membantu si kecil  untuk melatih emosi dengan mengenali perasaannya. Banyak orang tua dapat melihat emosi positif anak, tetapi  mereka menggambar hal ini dengan seorang anak yang sedang marah atau sedih. Memang dibutuhkan upaya untuk mengajarkan si kecil tentang perasaan dan perilaku yang tepat. Dengan cara ini maka hubungan Anda dengan balita Anda akan menjadi lebih kuat dan dia  akan lebih siap untuk menghadapi tantangan.

Sebelumnya perhatikan emosi Anda sendiri, dari kebahagiaan kesedihan kemarahan. Pahami bahwa emosi adalah bagian alami dan berharga dalam hidup. Perhatikan, dengarkan, dan belajar bagaimana anak Anda mengekspresikan emosi yang berbeda. Perhatikan perubahan ekspresi wajah, bahasa tubuh, postur, dan nada suara pada si kecil.  Dengan memahami emosi buah hati maka Anda bisa  memahami   juga dunia emosional yang dia miliki. Tanpa memahami emosi si kecil maka Anda tidak akan mengetahui  apa sebenarnya  dunia emosional mereka.

  1. Hubungkan emosional  si kecil dengan  perhatian Anda

Gunakan saat-saat emosional sebagai kesempatan untuk menghubungkan perhatian Anda kepada mereka. Mungkin  memang sangat susah   membuat si kecil  menjadi tidak marah atau tidak mengamuk, namun  berikan perhatian pada mereka agar Anda bisa meluluhkan hati si kecil. Beri perhatikan dekat dengan emosi anak,  cobalah untuk tidak mengabaikan atau menghindari  kemarahan atau amukan mereka. Simak saat-saat emosional sebagai kesempatan untuk mengajar dan kenali perasaan dan mendorong anak Anda untuk berbicara tentang emosi-nya.

  1. Dengarkan anak Anda

 Hormati perasaan anak Anda dengan mengambil waktu untuk mendengarkan dengan seksama apa yang dia inginkan. Ambil emosi anak Anda  dengan serius, hal ini menunjukkan anak Anda bahwa Anda memahami apa yang ia rasakan dan hindari menilai atau mengkritik emosi anak Anda.

  1. Bantu  balita Anda mengetahui  nama emosi yang sedang dilakukannya

Mengidentifikasi emosi anak Anda adalah hal terbaik bukannya mengatakan anak Anda bagaimana dia harus merasakan emosi tersebut.  Bantu  si kecil untuk mengetahui nama emosi  yang sedang di alaminya, hal ini membantu menenangkan dia dengan mudah.  Anda bisa menetapkan contoh yang baik dengan penamaan emosi sendiri dan berbicara tentang mereka. Bantulah  anak Anda membangun kosakata untuk perasaan yang berbeda  dengan  cara ini Anda bisa mudah untuk  mengetahui  dunia emosional si kecil.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang