BAGAIMANA MEMULAI BISNIS ONLINE

Gaji sebulan habis sehari, keluh saya. Numpang lewat aja gaji dari toko.

Berbahagialah, kata teman saya, saya malah tidak ada penghasilan tetap.

Ya. Biaya hidup naik, gaji juga pas-pas an. Sekarang ini juga banyak PHK. Banyak yang merasa bingung karena menjadi dampak pemadatan. Saya juga tidak bisa apa2. Yang saya bisa lakukan hanyalah menulis, semoga bisa menjadi salah satu pembekalan bagi yang membacanya. (tulisan yang di cetak miring harap anda mencari tau lebih jauh melalui mbah google)

Tulisan memulai bisnis online ini lahir dari pertanyaan seorang teman gereja, mulai bisnis online itu bagaimana ? Ini step by step yang bisa saya anjurkan dan ini bisa di lakukan oleh ibu rumah tangga sekalipun. Stepnya:

  1. Minim anda harus punya smartphone, jadi setidaknya anda punya akun email di smartphone tersebut, media facebook, twitter, instagram atau mungkin bahkan linkedin atau youtube untuk berjualan.
  2. Jika tidak punya barang, anda bisa dropship, dimana anda comot foto orang lain, dan kemudian pajang di sosmed anda untuk berjualan. Tapi tulisan ini bukan membahas dropship, karena saya sendiri tidak biasa jualan dropship meski dulu pernah. Ini cara nyaris tanpa modal, Cuma ya pastikan anda kenal onlinenya, karena kadang customer sudah percaya dan mentransfer tapi toko onlinenya gak kirim. Anda yang kena. Anda cari di google aja.
  3. Jika punya barang, ini jauh lebih mudah. Anda bisa memfoto barang anda, lalu menaruhnya di sosmed anda untuk di jual. Perlukan fotonya keren dan bagus kayak editan fotoshop ? kalau punya software editornya silakan, tapi kalau gak punya ya ga apa apa. Pengalaman 5 tahun jadi online shop membuktikan bahwa end user seneng kalau kita foto ada tangan kita yang megang he he he.
  4. Bikin website anda bisa memakai yang gratisan dulu seperti blogspot atau wordpress jika anda dana terbatas tapinya. Tentu ada kelemahan dari pada anda punya web sendiri (tidak bisa di masukin plugins aneh2 yang sesuai dengan kebutuhan anda), tapi cukup lah, meski lebih banyak yang bisa anda lakukan dengan yang berbayar. Yang penting di salah satu kolom misal seperti bagaimana hubungi anda, ada foto rumah anda dan alamat jelasnya supaya orang lebih percaya. (tidak apa apa alamat rumah, foto rumah anda dari luar kalau anda tidak keberatan, karena bisnis online tidak selalu harus berada di komplex pertokoan).
  5. Jika punya dana lebih, lebih bersyukur lagi. Anda beli domain, bisa dot.com atau dot.co.id, masing2 ada plus mines nya. Google aja apa kelebihan dan kekurangan masing2. Tetapi sebagai gambaran, anda perlu keluar uang sekitar +- 10 dollar per bulan untuk membuat alamaat web anda (domain dan host kalau gak salah). Tapi bayarnya langsung setahun lo. Kalau bisa bikin sendiri syukuran, kalau gak bisa anda bisa kursus, kalau gak bisa tapi ada dana lebih bisa membayar orang untuk membuat website anda. (tergantung tingkat kerumitan, anda cek saja harganya di google). Jika anda di Surabaya, saya bisa mereferensikan guru les saya dulu, Stephanus Arief untuk memberikan kursus kepada anda (maxst3v3@gmail.com)  (dia menggunakan wordpress, soal harga les, email dia aja). Penting pengetahuan soal web ini, meski anda mampu membayar orang sekalipun untuk membuatnya, paling gak ada gambaran apa itu website. Nyaris kelupaan, kalau anda bikin website, mintalah nama dan nomer cpanel, atau kadang ada yang spanel, ya apapun namanya itu login ke alamat website anda. (login ke wordpress anda sama login ke web anda itu 2 login yang berbeda)
  6. Jangan lupa, sebagai toko baru, anda foto kumpulan nomer resi anda , bukti kalau anda sudah mengirimnya. Kelihatannya sepele, tapi membantu.

Itu lah tahap2 yang harus an anda lalui ketika membuat toko online.  Selamat berjualan. (anda dapat memulainya dari ring 1, yaitu teman2 dan keluarga anda, dan perlu +- 7 bulan lah sebelum orang luar mempercayai anda dan memberikan orderan yang cukup lumayan)

Tips seputar toko online

  1. SEO itu penting. (search engine optimization). Sekarang semua orang cari info lewat google kalau di Indonesia. Kalau keyword anda bukan yang kompetensinya tinggi, mudah2an keyword yang anda bidik bisa di halaman 1 google, dan di urutan 1 2 dan 3 untuk barang yang sama. (anda akan lebih di percaya).  Jika memang ada yang mau pake jasa SEO, George (graceonlyby@gmail.com), itu teman saya, yang saya minta tolong untuk men- seo web saya, atau anda cari di google aja, banyak yang menawarkan jasa seo. Karena SEO kalau gak kenal saya juga gak berani karena loginnya dia setara dengan owner dan yang buat web. Kalau mau belajar sendiri bisa google, atau cari video tutorial di
  2. SMO (social media optimization) itu juga perlu, tapi kalau anda ada waktu untuk berinteraksi saja, seperti facebook, atau forum2 yang terkenal seperti Saya pribadi tidak menggunakan forum, karena keterbatasan waktu, tapi SMO itu bayangannya seperti ini, lebih mudah berjualan kepada orang yang sudah anda kenal. Meski lewat sosmed.
  3. Iklan google adwords, itu alternatif. Plus minus iklan google dengan SEO anda bisa cari di google aja, bisa di atur mulai 10.000 sehari.
  4. Gunakan google analytics, atau kalau punya dana lebih bisa menggunakan alexa (alexa.com) untuk mendapat insight apa yang terjadi di website anda. Gunakan alexa check (berbayar) untuk mengetahui apakah website anda sudah sesuai dengan pakem2 website yang baik.
  5. Jgn melulu berjualan, ya boleh2 aja, tapi kalau bisa ada intermezzo, misal artikel (saya gak selalu nulis artikel, saya artikel yang tiap hari senin itu menggunakan jasa penulis luar, anda bisa mencari penulis di google, banyak yang menawarkan)
  6. Posting quality content, itu sudah pakem, gak bisa di tawar, misal anda berjualan,kecuali barang anda sudah umum, kalau gak umum misal baju fashion, detailkan semua ukuran dll. Misal elektronik jelaskan +- dll, semakin detail orang semakin senang.
  7. Video explainer. Yang buat website saya dulu, breadnbeyond, itu sebenarnya spesialis video explainer, ya, kalau usaha anda unik, dan perlu di komunikasikan dengan tepat, tidak ada salahnya memakai jasa pembuatan video explainer.

Tulisan ini lebih ke toko online. Tentu tidak cocok untuk kantoran yang lebih mengandalkan portal bisnis seperti alibaba, atau yang di indonesia seperti indonetwork atau indotrading. Atau kalau anda tanya bagaimana buat marketplace , saya juga tidak tahu, tapi semoga sekiranya tulisan ini bermanfaat. Meski anda kantor sekalipun, punya website rasanya di jaman sekarang ini uda keharusan, apalagi dengan era perdagangan bebas asean. Anda mungkin terkenal di lokalan, tapi ya orang luar mana tahu anda.

 (biasanya orang yang gak percaya toko online, beli melalui marketplace seperti tokopedia, elevania, bli2, matahari mall, zalora dll karena mereka takut tidak dikirim, banyak online shop yang buka cabang disana karena marketplace yang bertanggung jawab kalau barang tidak dikirim, sekali lagi +- nya tetap ada)

Jgn lupa pe er nya, yang di tulis miring itu di google, supaya bisa dapat belajar lebih dalam, saya sendiri juga masih belajar dan terus belajar. Gak berani nulis soal yang saya cetak miring itu.

Semoga artikel ini bermanfaat. Meski gak terlalu dalam sih tulisan kali ini.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang