BAGAIMANA MENINGKATKAN SALES

Bagaimana meningkatkan sales merupakan tulisan terakhir saya di Maureen babymart, karena banyak yang bilang ini baby shop, bukan artikel bisnis, jadi lebih baik, punya website tersendiri untuk menyalurkan hobby nulis saya, maka sekalian saya ingin memperkenalkan website baru saya, yang tidak untuk tujuan komersial (makanya juga gak iklan di google adwords), www.sukianto.com

Terus terang, saya juga tidak terlalu tahu bagaimana meningkatkan sales secara instan. Tapi kalau anda mau kerja keras, masih bisa. Saya sendiri juga mengalami stagnansi sales selama 9 bulan, sampai saya sumpek dan pergi ke konsultan untuk konsultasi. Suatu pengeluaran yang amat besar untuk di tanggung toko sekecil saya.

Tidak ada cara instant. Tapi hal yang paling bisa saya sharingkan adalah pentingnya database customer. Sesuatu yang toko retail kebanyakan tidak mau melakukan.

Adapun guna dari database customer antara lain mengenal siapa customer anda. Misal, kalau anda makan di restoran tertentu, diskon sesuai umur anda dengan menggunakan kartu kredit tertentu, anda di minta ktp, tentu ktp itu akan di fotokopi untuk lampiran. Tetapi manfaat lain dari ktp tersebut, ktp tersebut mengandung banyak informasi, mulai dari umur, jenis kelamin, agama, dan yang terpenting alamat.

Bagi kebanyakan orang ini tidak penting, tapi kalau anda mau besar, dan rencana buka cabang, penting sekali hal ini. Dari alamat anda tahu dimana konsentrasi mayoritas customer anda, sehingga dari alamat2 yang terkumpul, anda bisa tahu dimana sebaiknya anda membuka cabang anda.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah mencatat semua orderan masuk yang tidak terhandle. Maksudnya jika seseorang mencari barang , kebetulan barang itu tidak ada ditoko anda, anda punya buku khusus untuk mencatat semua orderan tersebut, dan jika barang itu datang, anda berjanji untuk menelepon mereka.

Sesuatu yang orang malas untukmelakukan juga biasanya.

Dan cara lain adalah penjiwaan akan pekerjaan anda. Lain spg toko yang menjiwai pekerjaannya dan yang tidak. Misal saja, ada toko bahan kue. Kebanyakan di toko lama, spg hanya sebagai tukang ambil barang, tapi di toko baru yang biasanya owner turun tangan,  mereka bisa menjelaskan bedanya tepung a dan tepung b apa. Misal aja, mau bikin anda mau bikin donut, dia bisa menyarankan tepung apa yang oke dan minyak goreng apa yang oke, sehingga hasilnya kayak donut yang di jual di mall.

Dari pelayanan demikian, orang akan puas dan kembali lagi.

Harga seorang customer amatlah mahal, betapa banyak orang beriklan demi mendatangkan seorang customer saja. Oleh karena itu rawatkan customer anda sebaik mungkin, perhatikan sebaik mungkin, dengan itu repeat sales akan terjadi.  Itulah cara meningkatkan sales bagi saya

Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang