BAGAIMANA MENJAGA SI KECIL SAAT MUSIM HUJAN

Apakah anda selalu khawatir dengan si kecil saat musim hujan, takut mereka akan sakit atau takut mereka  tidak bisa beraktivitas dengan lancar? Musim hujan memang menbawa banyak masalah, bukan hanya banjir yang sering terjadi saat ini namun saat musim hujan banyak orang yang terserang penyakit demikian juga dengan anak-anak. Anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh  rendah, mereka  akan mudah terserang penyakit namun bila mereka memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sekalipun musim hujan, mereka tidak mudah terserang penyakit  apapun.Kelihatannya bila anak anda sering sakt saat musim hujan,  ini terjadi karena mereka  memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan anda belum maksimal untuk menjaga kesehatan mereka.

Saat musim hujan siapa saja bisa terserang penyakit  yang disebabkan oleh kuman dan virus  dan yang umum terjadi adalah influenza. Flu sering   dialami oleh anak-anak dan dewasa saat musim hujan. Halini sangat menggangu mereka  dan bila  anda sebagai orang tua membiarkannya tentu saja anak-anak akan mengalami masalah serius. Jangan sepelekan  hanya masalah kesehatan yang anda anggap sangat kecil, hal ini pun  bisa menjadi masalah besar jika anda tidak mencegah dan mengatasinya dengan cepat. Sebagai orang tua anda harus aktif menjaga  anak-anak terutama  kesehatan mereka. Nah, dimusim hujan ini sebelum anak-anak mengalami masalah kesehatan, ada baiknya anda  mulai saat ini menjaga  kesehatan  buah hati.

Jika anak-anak sangat rentan terhadap  penyakit,anda pun perlu memberikan perhatian lebih terhadap hal ini.  Flu dan demam yang sering dialami anak-anak saat musim hujan, penyakit ini sering menular dan mereka sering tertular oleh teman sebayanya di sekolah atau saat di luar rumah ketika mereka bermain. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan anak-anak saat musim hujan:

  • Perhatikan asupan makanan anak

Makanan yang sehat dan seimbang gizi maupun nutrisinya tentu membuat tubuh anak menjadi sehat. Jika anak mendapatkan  gizi, nutrisi dan kalori  yang dibutuhkan maka hal ini juga akan berpengaruh terhadap daya tahan tubuhnya. Karena begitu penting daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit sehingga bagi   orang tua, mereka  harus bisa memberikan makanan terbaik untuk anaknya. Efeknya saat musim hujan anak-anak tidak akan terserang berbagai penyakit .

 

Bagi orang tua yang jarang atau tidak pernah memperhatikan asupan makanan anak, hal ini akan membuat kekebalan tubuh anak menurun. Sekalipun anda telah memberikan anak-anak makanan mahal dan terkenal, hal ini tidak menjamin mereka mendapatkan nutrisi  dan gizi yang seimbang untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Jadi,  ada baiknya anda memberikan makanan olahan sendiri dari sayuran dan buah-buahan serta daging yang anda masak tanpa bahan  kimia.

  • Pakaian anak-anak

Saat musim hujan, sudahkah anda memberikan  mereka pakaian yang tepat, apakah sudah bersih dan bisa melindungi mereka? Pakaian   mahal dan   terkenal mereknya, ini tidak menjamin bahwa anak  anda akan terlindungi dari cuaca saat musim hujan.   Anda sebaiknya memperhatikan  pakaian yang digunakan anak, apakah pakaian tersebut sudah benar- benar bersih dan   bisa melindungi buah hati anda ataukah belum. Anda bisa memakaikan anak-anak  baju, sarung  tangan, kaos kaki dan topi serta sepatu agar mereka lebih hangat saat berada di luar rumah. Karena musim hujan  tentu udara  sangat dingin, hal ini  bisa anda atasi dengan memberikan anak-anak pakaian yang berlapis. Saat anak tidur berikan mereka selimut yang tebal untuk melindungi dari udara yang dingin.

  • Istirahat yang cukup

Bagi anda, sekalipun banyak aktivitas yang anda lakukan di luar rumah dan  tidak selalu mengawasi anak,   anda tetap harus memperhatikan jam tidur anak. Istirahat yang cukup membuat anak tidak mudah terserang penyakit demikian juga saat musim hujan.  Biasakan anak-anak untuk tidur lebih awal, jangan membiarkan mereka tidur terlalu malam. Usahakan jam 9 malam adalah batas maksimum mereka untuk segera tidur dan usahakan mereka tidur cukup setidaknya 7 hingga 8 jam perhari. Untuk siang hari,  setelah mereka pulang sekolah biarkan anak tidur sejenak  agar mereka bisa mengistirahatkan  tubuh dan pikiran.

  • Berikan batasan anak untuk bermain di  luar

Musim hujan  sering menimbulkan penyakit, saat itulah anda harus memberikan batasan waktu bermain untuk anak di luar ruangan.  Jangan membiarkan anak-anak bermain saat hujan tiba diluar rumah. Hal ini   bisa memicu anak  terserang penyakit baik flu maupun demam jika daya tahan tubuhnya rendah. Tentu saja air hujan tidak baik bagi kesehatan baik dewasa maupun anak-anak.  Karena itu, hindarkan anak bermain di luar saat hujan dan batasi waktu bermain mereka setiap hari.

  • Gunakan  jas hujan atau payung

Saat  hujan  usahakan anak menggunakan payung atau jas hujan ketika berada di luar rumah.  Bisa juga saat anak pergi kesekolah atau  les tambahan, anda mengantar mereka dengan mobil.

  • Sediakan obat-obatan dirumah

Jangan lupa saat musim hujan  anda menyediakan obat-obatan yang   dibutuhkan anak dan anda. Jika  kondisi tubuh anak   terasa kurang sehat  segeralah memberikan pertolongan pertama dengan obat tersebut.   Ada banyak obat yang bisa anda pilih untuk menjaga kesehatan anak diantaranya  minyak kayu putih, minyak telon,balsam maupun obat-obatan dari apotek.

  • Mandikan anak dengan air hangat

Ketika musim hujan  bila perlu anda bisa memberikan air hangat pada  anak saat  mereka mandi.  Jika anak merasa kedinginan  atau mereka baru saja kehujanan,  ada baiknya mereka menggunakan air hangat untuk mandi.  Cara ini akan menghangatkan tubuh mereka dan menghindarkan  mereka dari masuk angin dan demam.

  • Multivitamin

Kadang memang diperlukan multivitamin bagi anak-anak untuk menjaga kesehatan mereka, namun sebagian ibu hanya  memberikan  mereka susu formula  tertentu untuk buah hati. Multivitamin sebenarnya diperlukan untuk anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh rendah, bagi anak yang memiliki daya tahan tubuh kuat mereka tidak memerlukannya.Bagi anda yang ingin mencegah anak-anak terhadap berbagai penyakit saat musim hujan, cobalah untuk memberikan multivitamin yang cocok untuk usia anak anda. Sangat  tepat juga bila anda  berkonsultasi pada dokter untuk hal ini.

Beberapa cara diatas   cukup membantu anda untuk menjaga  kesehatan anak saat musim hujan. Bila anak mengalami masalah kesehatan, segera periksakan mereka pada dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang