BAGAIMANA TERJADI KEHAMILAN IDENTIK DAN NON-IDENTIK

Apakah Anda memilliki bayi kembar, atau Anda ingin memiliki  buah hati kembar, baik kembar identik maupun kembar non-identik? Kelahiran kembar adalah salah satu kelahiran yang  unik,  bahkan ada banyak  kasus kelahiran kembar  lebih dari dua. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan besar dalam jumlah kembar dilahirkan. Hal ini disebabkan usia lanjut ibu, teknologi reproduksi yang dibantu, serta penggunaan obat kesuburan. Yang penting, perawatan neonatal yang lebih baik sehingga bagi kelahiran kembar prematur memiliki kesempatan hidup yang lebih baik daripada sebelumnya. Kehamilan kembar jauh lebih umum daripada yang kita menyadari – mungkin sebanyak 5% dari seluruh kehamilan di 12 minggu melibatkan kembar. Meskipun tidak semua akan terus berkembang karena mereka perlu untuk membentuk dua bayi.

Bagaimana kembar identik dan non identik terjadi?

Kembar identik terbentuk ketika satu telur telah dibuahi oleh satu sperma dan zigot terbagi menjadi dua. Kembar identik juga dapat terjadi ketika salah satu wanita telah mengalami bantuan kesuburan dan telah memiliki satu telur dibuahi kembali ke rahimnya. Jika telur ini kemudian terbagi menjadi dua, kehamilan kembar identik dapat  terjadi. Kembar identik tidak tergantung pada ras, negara atau etnis. Kemungkinan memiliki kembar identik yang sama untuk setiap pasangan, di setiap kehamilan, di mana pun mereka hidup di dunia. Kembar identik bisa terjadi untuk setiap pasangan dengan kehamilan apapun. Kembar non-identik dipengaruhi oleh genetika, wanita yang ibunya atau nenek memiliki kembar non-identik yang memiliki lebih banyak kesempatan untuk memiliki anak kembar non-identik sendiri. Beberapa keluarga yang tampaknya memiliki garis keturunan kembar identik memiliki kesempatan  lebih tinggi untuk hal sama.

Kembar non-identik adalah individu unik yang terpisah yang hanya terjadi pada waktu yang sama dan tempat satu sama lain. Kembar non-identik terbentuk dari dua telur benar-benar terpisah yang dibuahi oleh dua sperma  yang terpisah. Kembar fraternal ini  tidak lebih mirip daripada saudara lainnya dalam keluarga dengan ibu kandung dan ayah yang sama. Sedangkan pada kembar identik berbagi gen yang sama, mereka  memiliki jenis kelamin yang sama. Tapi kembar non-identik mungkin jenis kelamin yang sama atau  memiliki jenis kelamin yang berbeda karena mereka hanya berbagi 50% dari kode genetik yang sama. Beberapa orang masih percaya bahwa kejadian memiliki kembar karena keturunan tetapi hal ini sebenarnya  tidak benar. Masih  banyak hal yang bisa menyebabkan kembar identik maupun non-identik yang tidak disebabkan oleh keturunan.

Perkiraan untuk kembar identik  sekitar satu dari setiap tiga set identik. Mereka terbentuk dari satu telur yang dibuahi oleh satu sperma dan karena ini masing-masing kembar persis materi genetik yang sama. Mereka terlihat sama dan bisa sangat sulit untuk dibedakan. Proses ini tidak dipahami dengan baik dan meskipun banyak teori telah diajukan, tidak ada penjelasan mutlak mengapa kembar identik terjadi. Kembar identik memang sangat sulit dibedakan, bahkan bagi orang terdekatnya pun kadang sangat sulit membedakannya. Berbeda dengan kembar non-identik yang  masih bisa dibedakan  jika  bayi tersebut tumbuh  dikemudian hari.

Mengapa terjadi kembar non-identik?

Wanita yang berusia 30-an dan 40-an memiliki kesempatan lebih tinggi untuk hamil anak kembar. Wanita yang lebih muda, terutama mereka yang berusia di 20-an, tidak memiliki banyak kesempatan untuk memiliki anak kembar. Selain itu, jika ibu  mengkonsumsi obat yang meningkatkan ovulasimaka hal ini bisa menimbulkan kembar tersebut. Semakin banyak kehamilan seorang wanita, semakin tinggi kemungkinan untuk hamil dengan kembar non-identik. Kebanyakan wanita berusia 30 tahun ke atas yang memiliki  riwayat melahirkan bayi kembar, hal ini akan memicu kelahiran bayi kembar non-identik lagi.

Meskipun semua kembar identik terbentuk awal kehamilan, ada beberapa variasi bagaimana awal telur yang telah dibuahi membelah menjadi dua. Hal ini dapat terjadi pada tahap dua sel pada hari ke-2, tahap blastokista awal pada hari 4, atau dalam tahap blastokista akhir pada hari 6. Tahap di mana perpecahan telur juga akan menentukan apakah bayi memiliki membran ketuban sendiri dan plasenta atau bayi tersebut akan berbagi. Pada dasarnya, sebelumnya perpecahan telur, yang lebih independen masing-masing kembar akan dengan memiliki amnion mereka sendiri, chorion dan plasenta.

Kembar identik berbagi DNA yang sama dan kode genetik, mereka adalah  individu yang unik. Perbedaan kecil yang memisahkan mereka dan meskipun saat lahir mereka dapat muncul seperti klon kecil satu sama lain.. Kembar identik atau monozigot terbentuk ketika satu sel telur dibuahi oleh satu sperma.  Kembar fraternal atau dizigotik terjadi ketika dua telur dilepaskan dari ovarium dan mereka dibuahi oleh dua sperma. Dalam hal kesamaan, kembar fraternal tidak berbagi karakteristik lebih dari saudara dengan orang tua biologis yang sama. Kemungkinan kembar menjadi anak laki-laki atau perempuan cenderung cukup sama, dengan sekitar 50% baik jenis kelamin yang dikandung. Hal ini sesuai dengan kehamilan tunggal (satu bayi) konsepsi.

Bagaimana  cara mendeteksi jika Anda  memiliki anak kembar?

Anda mungkin menduga Anda memiliki anak kembar jauh sebelum dokter mendiagnosis positif. Rasa mual bisa menjadi salah satu gejala pertama dan  juga saat Anda tidak mampu menelan makanan apapun. Anda benar-benar lelah dan payudara Anda mungkin tampaknya telah berubah total, hal ini karena hormon kehamilan, hCG sedang diproduksi dalam jumlah besar  dan dampaknya pada tubuh Anda terlihat sangat jelas. Selain itu  tanda kehamilan kembar adalah banyak gerakan  dan merasa lebih awal dari biasanya. Kehamilan kembar  biasanya ditandai dengan gerakan-gerakan pertama kecil  yang bisa  terlihat sangat jelas.

Anda juga dapat mengetahui apakah bayi Anda kembar atau tidak dari  USG dan melihat dua bayi di layar. Terkadang ibu hamil tidak tahu mereka memiliki anak kembar sampai 18 minggu skrining USG.  Sayangnya, kembar identik berada pada risiko lebih tinggi mengalami kelainan bawaan dan komplikasi.. Kehamilan kembar fraternal umumnya hanya membutuhkan perawatan antenatal yang normal namun masih perlu pemantauan hati-hati terutama ketika ibu menjadi sangat besar dan risiko meningkat pengiriman awal. Cara lain untuk mendeteksi kehamilan kembar adalah melalui Doppler, ketika dua detak jantung yang terpisah didengar.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang