BAHAYAKAH KEHAMILAN DI LUAR KANDUNGAN

Apakah anda saat ini merencanakan untuk memiliki anak, apakah anda mempertimbangkan berapa lama dan  kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak?  Banyak pasangan yang  telah menikah ingin cepat memiliki anak namun mereka belum mengetahui kapan waktu yang tepat bagi mereka untuk berhubungan  intim yang  bisa mempercepat mereka memiliki anak. Bagi seorang wanita mungkin pertanyaan berapa besar mereka bisa segera hamil adalah pertanyaan yang umum dilontarkan dan dipikirkan.  Bagi  pasangan yang ingin memiliki keturunan dan mencoba untuk hamil, kemungkinan hamil bagi seorang wanita tersebut berkisar  antara 15% hingga 25% tiap bulan.

Banyak pasangan yang mulai untuk memiliki keturunan dan menghabiskan waktu mereka untuk menghitung hari-hari ovulasi  istrinya. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kehamilan   yang telah ditunggu-tunggu tersebut.  Sedangkan bila menurut  medis, sperma  akan membuahi sel telur kesempatannya sangat kecil, kesempatan ini biasanya pada hari ke empat hingga ke lima menjelang sang istri mengalami ovulasi. Bila  anda dan suami ingin segera memiliki  keturunan  maka kesempatan yang tepat adalah sehari sebelum ovulasi  tersebut.  Kehamilan tersebut kemudian terjadi ketika sel sperma   memasuki dinding rahim  sang istri  untuk membuahi sel telur. Proses pembuahan  terjadi ketika bagian kepala sperma  yang telah menembus sel telur kemudian bersatu  dengan inti sel telur tersebut.

Setelah sel telur berhasil dibuahi maka sel telur akan mengalami pengerasan  pada bagian luarnya.   Karena itulah saat terjadi pembuahan, hanya satu sel telur saja yang bisa dibuahi oleh satu sperma.Dari proses tersebut maka seorang wanita bisa mengalami kehamilan yang normal,sayangnya sebagian wanita juga bisa mengalami kehamilan di luar kandungan. Kehamilan ini memang jarang terjadi namun  tetap bisa terjadi pada wanita.  Kehamilan normal akan dimulai saat sel telur  yang sudah dibuahi oleh  sperma menempel pada dinding rahim wanita, namun bila hal ini tidak terjadi pada dinding   rahim akan terjadi pembuahan di luar kandungan. Kehamilan di luar kandungan ini serng disebut sebagia kehamilan ektopik. Pada kehamilan ektopik  tersebut maka sel telur  yang dibuahi sperma tidak melekat pada dinding rahim tapi sel telur tersebut akan melekat pada  bagian tubuh yang lain.

Biasanya kehamilan  diluar kandungan  terjadi pada saluran telur , leher rahim maupun pada rongga perut ibu hamil. Selain itu kehamilan di luar kandungan juga bisa terjadi pada indung telur atau ovarium.  Kehamilan ini biasanya tidak  bisa berlangsung secara normal namun  jika diabaikan akan menimbulkan bahaya bagi ibu hamil tersebut.  Seorang wanita yang mengalami kehamilan di luar kandungan biasanya akan mengalami pertumbuhan sel telur yang bisa merusak beberapa struktur jaringan . Struktur jaringan yang sering rusak tersebut adalah   jaringan yang digunakan untuk melekatnya sel telur. Bila diabaikan sang ibu hamil akan mengalami pendarahan dan nyawanya bisa terancam.

Penyebab kehamilan di luar kandungan

Kehamilan di luar kandungan sering terjadi oleh beberapa faktor yang perlu anda ketahui. Sampai sekarang pun penyebab kehamilan tersebut  masih dipertanyakan dan  resiko kehamilan ini bisa terjadi pada setiap wanita.  Berikut beberapa faktor yang menyebabkan seorang wanita  bisa mengalami kehamilan di luar kandungan:

  • Usia ibu hamil

Wanita  yang hamil pada usia diatas 35 tahun, mereka memiliki kecenderungan untuk mengalami kehamilan ektopik. Karena itu bagi anda yang ingin mencegahnya, cobalah untuk merencanakan kehamilan dengan usai dibawah 35 tahun.

  • Pembedahan  pada tuba falopi

Bila seorang wanita yang dulu pernah melakukan pembedahan  pada daerah di sekitar tuba falopi, mereka bisa mengalami kehamilan di luar kandungan. Hal ini disebabkan oleh jaringan  perut yang  ditimbulkan setelah pembedahan  tersebut akan menghalangi  masuknya sel-sel telur ke rahim.

  • Pemakaian alat kontrasepsi  pada rahim

Waspadai  ketika  anda sering menggunakan alat kontrasepsi  dalam rahim karena hal ini bisa menimbulkan  kehamilan di luar kandungan atau kehamilan di luar rahim sang ibu.

  • Penyakit seksual

Kadang seseorang yang memiliki penyakit seksual, mereka bisa mengalami kehamilan yang tidak  normal. Kehamilan ini tentu bisa membahayakan bagi kondisi ibu hamil tersebut bila tidak ditangani secara serius.

Seorang wanita yang mengalami kehamilan di luar kandungan atau kehamilan ektopik ini maka dia akan mengalami beberapa gejala yang kadang diabaikan olehnya.  Kadang  kehamilan ini memang dianggap sebagai kehamilan normal karena gejala yang dialami  sedikit sama dengan kehamilan normal.  Gejala kehamilan di luar kandungan tersebut diantaranya adalah  adanya pendarahan   pada vagina. Selain pendarahan, gejala kehamilan ini adalah ditandai dengan menstruasi yang tidak  normal atau  wanita yang hamil tersebut mengalami menstruasi yang   terganggu. Gejala tersebut kemudian akan diikuti oleh rasa nyeri yang  luar biasa pada bagian abdomen.

Selanjutnya kehamilan di luar kandungan ini juga diikuti oleh gejala lain seperti  tekanan darah yang berada di atas normal. Nah, yang menjadi masalah adalah adanya gejala yang menyerupai gejala kehamilan  normal yaitu mual,  rasa nyeri pada pinggang dan muntah-muntah.  Ketika seseorang yang didiagnosa mengalami kehamilan di luar kandungan tersebut  maka yang bisa dilakukan adalah  dengan mengukur kadar hormon pada wanita tersebut terutama adalah hormon kehamilan  Human Chorionic Gonagotopin agar bisa dipastikan apakah  benar terjadi kehamilan di luar kandungan ataukah tidak.  Bila seorang wanita  yang didiagnosa mengalami kehamilan di luar kandungan tersebut maka yang bisa dilakukan adalah penanganan segera.

Karena kehamilan di luar kandungan tidak  akan berlangsung sampai si ibu hamil melahirkan maka  hal ini harus segera diatasi agar nyawa  ibu tersebut bisa diselamatkan. Cara yang dilakukan untuk penanganan adalah dengan melakukan  terapi yaitu terapi farmakologis  agar kehamilan tersebut bisa terhenti. Bila rahim telah robek maka  harus dilakukan operasi  agar komplikasi  bisa dicegah. Biasanya komplikasi  yang timbul karena kehamilan tersebut  akan menimbulkan kematian. Bila anda   saat ini hamil dan  mengalami pendarahan abnormal  yang berasal dari vagina  dan terasa sangat nyeri, sebaiknya anda segera memeriksakan diri pada dokter. Penanganan yang terbaik dari  dokter akan menghindarkan anda dari masalah serius akibat kehamilan di luar kandungan tersebut. Hamil memang sangat menyebangkan namun ketika anda difonis  hamil yang tidak normal, hal ini bukan berarti anda  tidak bisa hamil lagi.  Penanganan terbaik untuk kehamilan ektopik akan menyelamatkan nyawa anda dan mulailah untuk hidup sehat  agar anda bisa mengalami kehamilan normal yang diharapkan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang