BALITA ANDA BELUM BISA BICARA, SIMAK INFORMASI BERIKUT INI

Belajar untuk berbicara adalah proses yang lambat, dan dapat memakan waktu yang lama untuk membangun kosakata yang cukup besar untuk percakapan yang berarti. Kebanyakan anak mengucapkan kata-kata pertama mereka antara 11 dan 14 bulan. Populer kata-kata pertama mencakup ‘mama’ dan ‘papa’, tapi bisa setiap kata dia telah mendengar cukup sering.

Ada beberapa pengalaman pertama yang Anda tidak mau ketinggalan dalam kehidupan bayi Anda; senyum pertama bergetah, suara indah dari tawa bersinar pertamanya, langkah pertamanya menuju kemerdekaan, dan, tentu saja, saat ia mengucapkan kata dia pertamanya. Anda mungkin telah kerinduan untuk bayi Anda untuk berbicara sejak malam pertama di rumah sakit, ketika dia menangis tapi tidak bisa memberitahu Anda apa yang salah.

Seperti panik Anda mencoba untuk memberinya makan, batu dan mengganti popok nya secara bersamaan, Anda mungkin berharap dia bisa bicara. Bayi  Anda telah berkomunikasi dengan Anda sejak Anda pertama kali melihat pada dirinya. Dia telah menangis ketika bahagia, tertawa dengan tawa dan menunjuk ke hal-hal yang dia ingin untuk sementara waktu sekarang, tetapi Anda mungkin tertarik untuk dia untuk mendapatkan ke tingkat berikutnya.

Kapan  balita  Anda mulai bicara?

Saat  bayi Anda mulai  bicara  mungkin mulai terdengar lebih seperti kata-kata nyata, misalnya dia mungkin mengatakan mama dan  papa.  Namun, jangan terlalu bergembira, meskipun demikian karena  itu hanya beberapa dari banyak suara dia mengoceh terus-menerus.  Pada saat bayi Anda berusia 12 bulan ia mungkin akan menggunakan kata-kata  mama dan papa.  Antara 12 dan 18 bulan bayi Anda akan mengambil lebih  dalam  dari kata-kata yang didengarnya. Dia akan memiliki kosakata antara enam dan 20 kata, meskipun dia akan mengerti lebih banyak. Pada saat anak Anda berusia  3 tahun  dia akan menjadi yang lebih  pandai dalam berbicara. Kata-katanya akan lebih mudah untuk dipahami dan dia akan dapat melakukan percakapan lebih lama dengan Anda.

Kenapa   bayi sulit bicara

Saat bayi Anda lahir, mereka secara rutin diberikan screening yang menguji pendengaran mereka Belum karena beberapa dari mereka mulai tumbuh, mereka mungkin mengalami gangguan pendengaran yang progresif. Ini hanyalah salah satu alasan banyak yang dapat menyebabkan kesulitan balita berbicara.  Anda bisa  membantu balita Anda  sesuai dengan  apa yang dibutuhkan, misalnya untuk masalah  berbicara, mereka perlu tahu apa masalah kesulitan bicara. Masalah  bicara biasanya berkaitan dengan koordinasi dan atau kekuatan otot-otot  bibir, lidah, rahang, langit-langit lunak, dan pipi. Bahasa adalah sesuatu yang meliputi kosakata dan tata bahasa, dan masalah tersebut berakar pada otak itu sendiri.

Beberapa masalah keterlambatan bicara pada anak diantaranya gagap, regresi berbicara. Dan ada banyak alasan untuk keterlambatan bicara di luar yang melibatkan otot-otot wajah dan lidah. Beberapa alasan antara lain sumbing, kecelakaan, keterbelakangan mental, dan kekurangan psikososial. Metode pengobatan bervariasi tergantung pada apa masalahnya.

Beberapa keterlambatan bicara lebih umum dan kekhawatiran dapat disebabkan oleh hal-hal seperti:

  • Gangguan pendengaran

Sekalipun anak Anda  sudah  melewati pemeriksaan  saat baru lahir,  namun sangat penting untuk menguji lagi agar bisa mencegah gangguan pendengaran.

  • Gagap

Sekitar 60 persen dari penderita gagap memiliki anggota keluarga yang gagap, hal ini menunjukkan  adanya hubungan genetik.

  • Amandel

Memiliki amandel  yang besar dapat menyebabkan keterlambatan dalam bicara  karena lidah didorong ke depan, sehingga sulit untuk membuat suara.

  • Alergi

Masalah alergi sering menjadi masalah dalam keterlambatan bicara. Jika seorang anak sering sesak, pendengaran dapat terpengaruh, mulut  terbuka, lidah terletak maju dan bisa menjadi sangat lambat berbicara.

  • Cedera

Ada banyak masalah  kesulitan bicara yang dapat disebabkan oleh cedera. Cedera  pada otak  dapat mengakibatkan kesulitan berbicara. Beberapa cedera ini dapat disebabkan oleh kecelakaan mobil dan insiden lainnya.

Cara mengatasi balita susah bicara

Setelah berbulan-bulan mendengarkan celoteh bayi Anda, itu adalah saat yang mendebarkan ketika dia akhirnya mengatakan kata  pertamanya entah itu papa, mama atau  kata lainnya. Proses ini merupakan bagian alami dari pertumbuhan balita, berbicara dengan bayi Anda sejak lahir tidak hanya membantu dia belajar berbicara sebelumnya, tetapi juga memungkinkan dia untuk menguasai kosakata yang lebih besar. Kapasitas seorang anak untuk memproses kata-kata adalah seperti keterampilan ketika dia mendapat dan  mendengar kata-kata dan mencernanya.

Mengajak anak Anda berbicara  adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memberinya pelajaran dalam hidup. Berbicara dengan bayi yang baru lahir mungkin tampak sia-sia, tapi telinga bayi Anda dan bagian dari otaknya yang merespon suara yang berkembang dengan baik oleh kelahiran.

Ada banyak cara untuk membantu  balita  Anda  berbicara, jika dia menatap lampu atau meraih  makanan  di piring Anda,  Anda bisa memberinya informasi lebih lanjut. Anda mungkin menggunakan istilah sederhana untuk menggambarkan  tentang apa yang akan di raih balita  Anda baik tentang   nama objek,  ukuran, warna, dan rasa. Anda juga dapat  berbincang tentang apa yang Anda lakukan.

Pada bulan-bulan awal saat balita  Anda mulai bicara,  Anda bisa  menggunakan cara lain untuk membantu bicara anak. Membaca  adalah salah satu cara terbaik  untuk membantu anak  agar lebih  aktif berbicara. Ketika Anda memeluk dan mengajak balita Anda mebaca  bersama,  ajaklah  si kecil berbicara tentang gambar dengan  cara apapun yang Anda suka

Dengan beberapa cara demikian maka balita Anda akan lebih aktif dan  dia mulai  menunjukkan tanda-tanda  yang positif. Lama kelamaan balita Anda akan  berbicara dan  pastinya ini yang  Anda inginkan. Namun, sangat besar  pengaruh Anda  kepada buah hati agar mereka lebih aktif berbicara, secara langsung Anda akan mempengaruhi  si kecil  karena Anda lah yang paling dekat dengan  dia. Si kecil akan mudah meniru apa yang dilihatnya. Semakin aktif dan  kreatif Anda mengajak si kecil bicara maka semakin cepat  si kecil merespon  Anda,  semakin mudah bagi Anda untuk membantunya agar bisa bicara dengan baik.  Tentunya  banyak cara  yang bisa Anda pilih bukan hanya dengan mengajak  si kecil berbincang. Manfaatkan beberapa  benda kesukaan si kecil untuk memulai  percakapan dan  pancing si kecil agar aktif berbicara.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang