BAYI 0-24 BULAN PERLU MAKANAN INI

Bunda, bagaimana dengan kesehatan si kecil, pastinya bunda telah memberikan yang terbaik bagi anak-anak terutama sola makanan. Tapi, bagaimana dengan makanan yang dibutuhkan  si kecil saat usia mereka baru lahir hingga 24 bulan, apakah bunda benar-benar sudah memberikan yang terbaik bagi mereka? Makanan yang bunda berikan saat usia tersebut sangat penting  untuk membantu  tumbuh kembang  buah hati nantinya. Kemampuan  bayi untuk menerima jumlah dan jenis asupan makanan dari waktu ke waktu sangatlah beda,  hal ini membaut bunda harus mengetahui jenis makanan dan takaran makanan untuk si kecil    di setiap  jenjang umurnya.  Kesehatan bayi sangat bergantung dari gizi yang  bunda berikan untuk mereka.

Saat usia  0 hingga 24 bulan, bayi memiliki 4 tahapan   jenis makanan yang berbeda-beda. Tentunya semakin bertambah usia bayi maka semakin bertambah juga jumlah asupan makanan yang dibutuhkan mereka.   Sebagai ibu tentunya  Anda yang harus lebih aktif dibandingkan dengan suami sekalipun memang  membesarkan anak dan juga memberikan yang terbaik bagi anak adalah tanggung jawab kedua orang tua. Bunda bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati sekalipun itu tidak dengan biaya mahal.

Bayi usia 0-6 bulan

Bayi yang berusia 0 atau bayi bau lahir hingga mereka berusia 6 bulan sejak kelahirannya tersebut maka mereka membutuhkan banyak ASI. ASI  adalah makanan terbaik bagi bayi  usia tersebut dan ASI adalah makanan bayi yang sangat menakjubkan. Ada banyak keunggulan ASI  yang bisa dilihat dari berbagai aspek terutama aspek gizi, aspek psikologis, aspek kecerdasan dan neurologis.

Beberapa  kandungan ASI yang sangat penting untuk bayi usia 0-6 bulan diantaranya:

  • Kolostrum

Dalam ASI terdapat kolostrum yang bermanfaat untuk  meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Dengan  adanya kolostrum tersebut maka si kecil tidak mudah sakit terutama untuk menghindari diare.  Selain itu dalam kolostrum pun juga terdapat  protein, vitamin A, karbohidrat dan lemak.  Dengan beberapa kandungan tersebut  sehingga kolostrum benar-benar bisa menjadi makanan terbaik  untuk memenuhi gizi  bayi usia tersebut.

  • Taurin, DHA dan AA

Taurin  berfungsi untuk proses maturasi sel otak, sedangkan DHA dan AA pada ASI yang merupakan asam lemak tak jenuh ini  berfungsi untuk  membentuk sel-sel otak   agar  lebih optimal. AA dan DHA  sangat baik untuk  membentuk kecerdasan pada  bayi dan juga untuk meningkatkan pertumbuhan  bayi.

  • Immunoglobulin A

Dalam  ASI terdapat zat anti infeksi yang bernama Immunoglobulin A yang berfungsi untuk  membasmi bakteri  patogen  E  Coli  dan juga virus pada saluran cerna.

Beberapa kandungan  dalam ASI tersebutlah yang menyebabkan bayi 0-6 bulan  wajib mendapatkan ASI. Selain itu dengan pemberian ASI bayi juga bisa  berinteraksi dengan ibu,  meningkatkan  perkembangan sistem syaraf dan juga  bunda  bisa menghemat biaya  pembelian susu formula.

Asupan Makanan bayi 6-9 bulan

Untuk bayi yang berusia 6-9 bulan maka  makanan yang dikonsumsinya beda dengan bayi 0-6 bulan, tentu saja mereka sudah tumbuh lebih besar. Beberapa makanan yang dikonsumsi oleh bayi berusia 6-9 bulan adalah:

  • Tetap berikan bayi ASI

ASI tetap diberikan untuk bayi usia 6-9 bulan, hal ini agar bagi tetap mendapatkan kandungan gizi pada ASI yang memang dibutuhkan olehnya.

  • Berikan makanan pendamping ASI

Makanan pendamping ASI boleh diberikan saat bayi berusia 6 bulan ke atas,  bunda bisa memberikan bayi dengan nasi tim. Nasi tim tersebut  berfungsi untuk menambahkan gizi pada bayi, sertakan juga  sedikit  zat lemak  seperti margarin atau santan kelapa.  Saat bayi berumur 6 bulan, makanan pendamping tersebut cukup diberikan 6 sendok  tiap kali makan. Sedangkan umur 7 bulan 7 sendok tiap kali makan, 8 bulan 8 sendok tiap kali makan dan 9 bulan berikan 9 sendok untuk tiap kali makan.  Namun hal ini bukanlah takaran yang mutlak karena kadang bayi juga  tidak makan sesuai porsi dan juga bayi minta tambah porsi yang lebih.  Selain nasi tim, bunda juga bisa memberikan bayi bubur susu, biskuit dan juga susu formula sesuai usia bayi.

Asupan makanan bayi 9-12 bulan

  • Tetaplah berikan ASI  pada bayi
  • Berikan makanan selingan  cukup 1 kali dalam sehari, bunda bisa memilih  makanan yang mengandung gizi  tinggi seperti buah-buahan,  bubur kacang hijau,  nasi tim,  biskuit dan snack yang sehat.
  • Bayi juga bisa diberikan  lauk pauk dan sayuran  selang-seling  agar lebih bervariasi.  Pada usia 9 -12 bulan tersebut bunda bisa memberikan bayi  makanan yang bunda buat sendiri di rumah. Bunda bisa membaut   makanan dari sayur-sayuran  dengan kandungan vitamin, mineral dan zat gizi yang dibutuhkan bayi. Sekalin itu berikan sedikit lauk pauk secara perlahan, ini adalah tahap  pengenalan bayi dengan makanan  yang lebh beragam.

Asupan makanan  anak umur 12-24 bulan

  • ASI tetap  harus bunda berikan

Sekalipun anak sudah berusia  lebh dari  12 bulan namun tetaplah memberikan ASI, dengan pemberikan ASI maka anak akan tumbuh lebih optimal dan  tidak mudah sakit.  Namun, pemberian ASI bisa bunda kurangi sehingga tidak sama dari usia 0-6 bulan ataupun usia 6-12 bulan.

  • Berikan makanan pengganti ASI yang beragam

Berikan makanan pengganti ASI 3 kali sehari dan makanan selingan 2 kali sehari. Beberapa  bahan makanan yang bisa divariasikan pada  anak usia 12 bulan hingga 24 bulan  ini diantaranya adalah kangkung,  tomat, wortel,  kacang hijau, biskuit, bubur sumsum, mie, roti, bihun dan beberapa  bahan makanan sehat yang mudah Anda olah di rumah.  Pada usia ini bunda juga bisa memberikan susu formula karena pemberian  ASI sudah mulai berkurang. Untuk memilih susu formula bunda bisa menyesuaikan dengan usia  anak dan  pastikan susu formula tersebut telah direkomendasikan  dokter anak atau ahli gizi anak.

Memberikan yang terbaik bagi  bayi saat mereka baru lahir hingga mereka berusia 2 tahun memang harus selektif. Bunda bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati namun   pastikan semua itu harus sesuai dengan  takarannya.  Memberikan  makanan yang berlebih bagi anak bukanlah sesuatu yang baik, namun pastikan anak mendapatkan asupan makanan seimbang dengan  kecukupan gizi yang mereka butuhkan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang