BAYI BERJERAWAT, NORMALKAH

Banyak orang yang mengira bahwa jerawat itu hanya bisa  terjadi pada orang dewasa, padahal bayi juga bisa berjerawat. Jerawat adalah gangguan dari folikel rambut dan kelenjar sebasea. Bayi berjerawat adalah masalah yang sangat umum apalagi pada bayi yang baru lahir. Jerawat pada bayi sebenarnya  tidak benar-benar menyebabkan masalah karena jerawat  pada bayi biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu. Bayi Anda mungkin memiliki saat berjerawat sampai dia berusia sekitar enam bulan, tapi biasanya tidak memerlukan pengobatan apapun.  Pada bayi yang baru lahir biasanya  mereka mengalami jerawat yang dikenal sebagai Millia.

Millia  merupakan sedikit benjolan putih kecil yang muncul pada bayi yang baru lahir terutama pada pipi, dahi, hidung atau dagu. Beberapa bayi dilahirkan dengan Millia dan Anda  tidak perlu khawatir tentang hal itu karena Millia biasanya hilang dengan sendirinya dalam tiga atau empat minggu setelah kelahiran. Bayi jerawat terlihat mirip dengan orang dewasa. Jika bayi Anda memiliki jerawat kecil yang hal ini bisa terlihat seperti sedikit jerawat merah atau berdaging pada kulit bayi Anda. Jadi, jerawat pada bayi memang hal yang normal, namun Anda juga harus mengetahui apa penyebabnya, gejalanya dan juga cara mengatasi jerawat  tersebut.

Penyebab jerawat  pada bayi

Kelenjar sebaceous memproduksi minyak  yang biasanya dikeluarkan melalui folikel rambut pada permukaan kulit. Namun, sel-sel kulit kadang menghalangi folikel, menghalangi minyak yang berasal dari kelenjar sebaceous. Ketika folikel menjadi tersumbat, bakteri kulit  atau P. acnes mulai tumbuh di dalam folikel, sehingga menyebabkan peradangan. Akhirnya timbul minyak berlebih pada sel kulit dan bakteri ke permukaan kulit. Pada gilirannya, kulit menjadi iritasi dan jerawat atau lesi mulai berkembang. Dasa dari lesi jerawat disebut komedo.

Jerawat bisa menjadi papula dangkal atau pustula atau nodul dan  kista ketika jerawat meradang menekan ke dalam kulit,  hal ini menyebabkan kista berisi nanah yang pecah dan mengakibatkan abses yang lebih besar. Jerawat pada bayi  bisa  berupa ruam merah kasar yang umumnya tidak beracun dan biasanya muncul di pipi, hidung, punggung dan bahkan perut. Hal ini pada dasarnya tidak sakit, meskipun kondisi  tertentu dapat memperburuk jika bayi berjerawat tidak segera diatasi. Ada beberapa alasan yang dikaitkan dengan terjadinya jerawat  pada bayi diantaranya adalah  penyebab hormonal, kondisi cuaca yang tidak cocok, air liur di wajah bayi, kuman dan lainnya.

Gejala jerawat pada bayi

Jerawat dapat terjadi di manapun pada tubuh baik orang dewasa, anak-anak maupun bayi.  Namun, jerawat yang paling sering muncul di daerah-daerah di mana ada konsentrasi tinggi kelenjar sebaceous,  diantaranya pada  wajah, dada, punggung atas, bahu  dan leher.

Setiap bayi mungkin mengalami gejala yang berbeda saat berjerawat, gejala  jerawat  tersebut diantaranya mungkin termasuk:

  • Komedo
  • Kulit kemerahan dan ada benjolan kecil
  • Lesi berisi nanah yang mungkin menyakitkan
  • Nodul  yang padat dan membentuk benjolan

Selain gejala di atas, gejala jerawat dapat menyerupai kondisi kulit lainnya.

Pengobatan jerawat

Tujuan dari pengobatan jerawat adalah untuk meminimalkan jaringan parut dan memperbaiki penampilan. Pengobatan untuk jerawat biasanya meliputi  terapi obat topikal atau sistemik. Banyak obat topikal yang efektif  dan tersedia di pasaran yang bisa Anda beli.  Selain itu  ada beberapa perawatan dan pengobatan yang tepat untuk bayi yang berjerawat, perawatan tersebut diantaranya adalah:

ü  Pilih sabun yang tepat untuk bayi

Selalu gunakan sabun bayi  yang ringan pada jerawat  bayi dan jangan menggosok kulit  yang berjerawat, pastikan tangan Anda sendiri cukup bersih sebelum Anda memperlakukan wajah bayi Anda dan gunakan handuk bersih untuk menepuk kering agar komplikasi berkurang pada kulit  bayi.

ü  Jangan menggunakan lotion atau krim di tempat bayi berjerawat, hal ini akan memperburuk kondisi kulit bayi.

ü  Hindari bayi terkena paparan sinar matahari langsung

Jangan pernah membawa bayi Anda  terkena sinar matahari langsung karena akan merugikan bayi dan dapat menyebabkan kulit berminyak  dan berjerawat lebih parah.

ü  Jaga   kebersihan kulit bayi

Secara keseluruhan kebersihan sangat penting untuk kesehatan bayi Anda. Kondisi kotor  padabayi dan  pakaian bayi yang tidak higienis akan membuat  jerawat pada bayi bertambah parah, karena itu jaga tubuh bayi Anda bersih dan bebas kuman.  Selain itu jangan lupa untuk menyeka wajah bayi Anda dengan tisu atau kapas bersih setiap beberapa jam. Berikan  obat resep  dari dokter  secara rutin ke daerah-daerah  yang  terkena jerawat untuk menyembuhkan jerawat sesegera mungkin.

ü   Tetap berikan ASI pada bayi

Salah satu perawatan terbaik untuk bayi jerawat adalah tetap memberikan bayi ASI,  selain  ASI sangat baik untuk menjaga  kesehatan bayi,  ASI juga snagat efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada bayi  diantaranya adalah jerawat  dan juga masalah kulit lainnya yang sering dialami oleh bayi.

ü   Pilih deterjen yang tepat

Gunakan deterjen ringan tanpa parfum untuk mencuci pakaian bayi agar tidak mengiritasi kulit bayi.  Ada cukup banyak deterjen yang  bisa Anda  gunakan khusus untuk bayi,  hal ini cukup membantu  Anda untuk melindungi kulit bayi yang  sebagian besar memang sangat sensitif. Deterjen yang tepat akan melindungi baju bayi dari kuman, kotoran dan  bakteri yang bisa menimbulkan jerawat.

ü   Pilihlah  bahan  pakaian bayi yang mudah menyerap keringat

Jika Anda berada di daerah panas,  pastikan Anda memilih pakaian bayi yang terbuah dari bahan mudah menyerap keringat seperti halnya katun. Katun adalah bahan  pakaian yang baik untuk menyerap keringat, apalagi  digunakan untuk bayi.  Bahan pakaian ini bisa membantu Anda melindungi si kecil dari biang keringat dan juga jerawat.

ü   Konsumsilah makanan yang sehat

Bila Anda menyusui bayi, maka Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat.  Makanan sehat akan membantu bayi Anda tumbuh dengan sempurna, selain itu  zat dan gizi pada makanan sehat juga sangat efektif untuk mengatasi  masalah  pada bayi baik penyakit maupun masalah kulit seperti halnya jerawat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, bayi Anda juga akan mendapatkan ASI yang  baik untuk mencegah berbagai penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Anda akan mendapatkan bayi yang sehat dan jerawat bayi  akan menghilang dengan mudah.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang