BERBURU IDE SEGAR

Innovasi. Kreatif. Itu yang sering di dengungkan oleh para guru bisnis. Bahwa di jaman sekarang ini, orang harus semakin kreatif. Tapi bagaimana caranya kreatif, seolah2 itu merupakan bakat alami,kalau kreatifitas itu hanyalah milik orang2 yang nyeni.

Saya pribadi antara setuju dan tidak setuju. Setuju karena memang orang seni, itu biasanya memang kreatif, seperti arsitek, interior design, musisi, atau pelukis. Tetapi bagi seseorang yang mengambil jurusan ekonomi, bagaimana di tuntut kreatif dan innovative ?

Yang biasa saya lakukan antara lain:

  1. Bergaul dengan berbagai jenis orang, dari latar belakang yang berbeda, dari usia yang berbeda. Hal ini penting untuk menambah wawasan anda. Misal saja anda usia 35 tahun, tidak ada salahnya bergaul dengan fresh graduate. Mereka memang kalah pengalaman, tapi mereka keluar dengan membawa teori terbaru yang ada di dunia akademi. Tidak ada salahnya bergaul dengan orang yang jauh lebih tua, apalagi kalau orangnya suka cerita masa lalu yang membuatnya sukses. Kadang ide2 usang bisa di kemas dalam kemasan baru yang sesuai dengan perkembangan jaman. Bergaul dengan berbagai latar belakang juga penting. Misal saja anda jurusan ekonomi, tidak ada salahnya bergaul dengan orang interior, arsitek, ilmuwan mungkin, guru, dll. Banyak hal2 menarik yang anda dapat temukan asalkan anda punya passion untuk mendengarkan dan  dari situ timbul banyak pertanyaan yang membuat pembicaraan tidak ada habisnya. Ketertarikan dengan orang lain itu merupakan modal utama anda dalam hal ini
  2. Meski sekarang jarang, sering2 lah berpelesir, kalau sanggup keluar negeri mungkin bermanfaat. Banyak hal yang bisa di pelajari, mungkin bisa di tiru, atau di bawa ke Indonesia. Misal saja, jumlah lulusan anak Indonesia dari luar negeri semakin banyak, tentu membawa banyak perubahan,  baik pola pikir maupun pola hidup. Dan bagi yang bisa menyingkapi perubahan dan mengikutinya, dan bisa memanfaatkannya, it means bisnis. Jaman berubah, cara cari uang pun berubah.
  3. Penjiwaan terhadap bisnis yang anda geluti. Misal saja, meski pemain baru dalam bidang perlengkapan bayi dan anak, ide membuat youtube video stroller merupakan ide saya yang paling saya banggakan.  Terlepas efektif meningkatkan sales atau tidak, setidaknya rasanya tidak banyak online babyshop yang punya youtube demo produk. Dan ini dari sudut pandang customer terutama ibu baru, tentu setidaknya sedikit membantu. Banyak ide segar yang anda dapatkan, hal2 yang tidak terpikirkan, ketika anda menguasai bidang anda.
  4. Bergabunglah dengan komunitas, atau asosiasi kalau ada. Anda akan mendapat banyak teman “senasib sepenanggungan”, dimana anda bisa bertukan pikiran. Banyak bisnis besar yang berasal dari sini, dari sering kumpul2.
  5. Internet mengubah segala pakem bisnis yang dulu. Kalau dulu lokasi no 1. Sekarang tidak lagi meski tetap penting. Sering2 lah browsing, apapun topiknya. Kalau jaman dulu orang harus landlord baru bisa kaya, kalau jaman industry orang harus punya modal baru kaya, di jaman sekarang orang yang pandai yang punya ilmu dan informasilah yang bisa kaya. Itu lah sebabnya pendidikan penting.
  6. Kalau semuanya udah anda lakukan dan buntu, ya carilah konsultan. Ini sudah cara terakhir. Dan pasti biaya besar. Tapi banyak pertanyaan yang ada di benak anda, bisa terpecahkan dengan brainstorming dengan konsultan tersebut.

Semoga artikel singkat ni bermanfaat.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang