BERJUALAN TAS PERCA DI RUMAH

Bagi Anda yang sulit mendapatkan pekerjaan, atau Anda ingin mendapatkan pekerjaan namun tidak ingin meninggalkan   anak-anak di rumah, ada cukup banyak jenis pekerjaan yang bisa Anda jalankan.  Berbisnis di rumah atau yang sering disebut dengan bisnis rumahan, hal ini jauh lebih menyenangkan dibadingkan dengan  jika  Anda  bekerja di kantor. Salah satu bisnis yang banyak diminati  dan cocok untuk ibu rumah tangga adalah bisnis  membuat  tas dari kain perca. Memanfaatkan kain perca yang sudah tidak digunakan lagi  membutuhkan kreativitas   yang tinggi. Ada cukup banyak  pebisnis yang sukses hanya dengan menjual tas dari kain perca dan  kebanyakan mereka adalah ibu rumah tangga.

Kain perca yang  sudah tidak digunakan lagi  bisa menjadi ladang  bisnis yang menggiurkan.  Pemanfaatan kain  tersebut  sebenarnya sudah  sejak lama dilakukan namun  hanya beberapa  orang saja yang memanfaatkannya. Jika  Anda  bingung memilih usaha di rumah  dengan modal yang  terbatas, Anda bisa memilih bisnis  membuat tas dari kain perca. Prospek bisnis satu ini cukup bagus, bahkan dengan kreativitas yang Anda  buat,  hal ini akan menghasilka tas yang  jauh lebih bagus dan lebih unik.   Semakin unik tas yang Anda buat maka semakin  banyak orang yang tertarik dengan  produk Anda.

Berikut beberapa langkah untuk memulai bisnis rumahan dengan membuat tas dari kain perca.

  1. Menyiapkan   tempat bisnis

Untuk  menjalankan bisnis membuat tas dari kain perca, Anda tidak perlu  repot-repot mencari tempat bisnis.   Di rumah  Anda sendiri bisa digunakan untuk membuat tas dari kain perca tersebut.  Anda bisa menggunakan salah satu tempat  di rumah yang tidak digunakan untuk  menempatkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk membuat tas.   Anda  membutuhkan  mesin jahit,  almari untuk meletakkan tas dan juga meja dan kursi. Beberapa  alat tersebut   bisa ditempatkan pada  salah satu ruangan yang  ada di rumah Anda.

  1. Dimana mendapatkan bahannya?

Sebelum memulai bisnis ini, pastikan Anda telah  mendapatkan  tempat untuk membeli bahan yang akan dijadikan produk. Jika Anda membuat tas dai kain perca maka  Anda harus mencari tempat yang bisa memasok kain perca yang Anda butuhkan tersebut.  Bahan baku  utama untuk pembuatan tas adalah kain perca sehingga Anda   harus menyediakan kain tersebut untuk jangka waktu yang lebih lama. Jika permintaan pasar nantinya cukup banyak dan bahan baku   tidak ada maka hal ini akan merugikan  pasar Anda. Karena itu sebelum menjalankan bisnis ini,pastikan Anda telah memiliki klien yang bisa   menyediakan bahan baku  kain perca.

Kain perca yang Anda pilih pun juga harus  berkualitas, jangan  memilih kain perca sembarangan. Ada cukup banyak kain perca yang bisa Anda gunakan untuk  membuat tas berkualitas.   Anda bisa memilih kain perca yang memiliki motif   bagus dan bahan yang  berkualitas. Jangan memilih kain perca yang  bahannya  kurang baik, hal ini  akan membuat tas  tidak awet dan mudah  rusak saat dicuci.  Jika Anda ingin praktis,  Anda bisa memesan kain perca berkualitas dari beberapa penjahit di kota Anda .  Kain-kain perca tersebut tidak boleh langsung dibuat tas,  Anda harus memilihnya dan mencuci kain tersebut sebelum digunakan untuk pembuatan tas.

  1. Desain tas yang  unik

Saat ini ada cukup banyak  bisnis tas yang   terbuat dari kain perca,  jika Anda ingin bersaing dengan mereka maka  Anda harus  membuat desain tas  yang  unik  dan berbeda dari desain  tas lainnya. Keunikan tersebut akan membuat  tas yang Anda buat  memiliki daya tarik tersendiri. Untuk mebuat desain tas  yang berbeda, Anda bisa mencari  berbagai desain tas yang ada di internet,   carilah desain tas yang  unik dan  inovasikan tas tersebut.  Membuat  inovasi memang butuh ketrampilan,    namun Anda bisa belajar  sedikit demi sedikit untuk membuat inovasi  produk.

Keunikan desain  tas yang Anda buat bukan hanya dari bentuk saja namun juga dari bahannya yang beda dari  lainnya.  Pilihlah bahan kain perca yang  memiliki motif  cukup unik,   jika produk tas kain perca lainnya hanya menggunakan   motif bunga  atau motif biasa-biasa saja, Anda bisa menggunakan motif lainnya untuk membuat tas yang berbeda.   Agar desain Anda unik,  pastikan sebelum membuat tas Anda telah  survey langsung di pasar  untuk melihat berbagai macam desain tas yang  dijual disana. Cara ini  akan memberikan Anda banyak inspirasi untuk mendapatkan ide desain tas yang lebih  baik dari  desain tas yang sudah ada dipasaran.

  1. Menyiapkan peralatan dan perlengkapan

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat  tas dari kain perca diantara adalah mesin jahit. Untuk peralatan lainnya bisa disesuaikan dengan  desain tas yang Anda  gunakan, Anda  bisa membeli peralatan  dan perlengkapan untuk membuat  tas kain perca  dengan harga  terjangkau. Namun, jangan  abaikan kualitasnya,  agar tas yang Anda  hasilkan   berkualitas maka peralatan dan  perlengkapannya pun juga harus berkualitas.

  1. Karyawan

Untuk menjalankan bisnis  tas dari kain perca ini,  Anda   harus bisa menjahit, pastinya tas yang Anda buat tersebut  harus dijahit karena itu  jika Anda  lebih bisa menjahit, Anda bisa menggunakan   beberapa karyawan untuk membantu pembuatan  tas tersebut.  Untuk memulai usaha baru tersebut maka Anda tidak  perlu mempekerjakan banyak karyawan.  Cukup satu atau dua orang saja   namun setelah bisnis Anda berhasil  dan berkembang, Anda bisa menambah  jumlah karyawan lebih banyak lagi.

  1. Promosi

Hal penting dalam menjalanan bisnis adalah bagaimana Anda bisa melakukan promosi dengan tepat. Untuk mempromosikan tas  kain perca Anda, ada banyak  cara  diantaranya adalah dengan  menggunakan  promosi online dan juga promosi offline. Promosi online bisa menggunakan media seperti facebook, twitter atau website.  Keuntungan promosi online  adalah Anda bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak dan juga biaya promosi yang lebih terjangkau. Untuk promosi offline, Anda bisa  memanfaatkan beberapa  acara seperti  pameran atau acara lainnya   agar  produk tas Anda dikenal oleh banyak orang. Anda bisa membuka  counter tas kecil di depan rumah atau  di tempat lain yang terpisah untuk memajang beberapa tas  produksi Anda. Dengan promosi maka  Anda bisa berkesempatan untuk mendapatkan  lebih  banyak konsumen.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang