BERTAHAN DI MASA YANG TIDAK MENENTU

Bisnis itu ibarat ombak. Kadang bisa ramai, kadang bisa sepi. Tidak selamanya sepi, dan juga tidak selamanya ramai terus. Bisnis itu mengandung resiko, tetapi di balik resiko ituterdapat reward bagi orang yang bisa melihat peluang di balik resiko itu dan berani mengambil resiko .Jangan gembira ketika ramai, karena mungkin saya optimism yang ada berubah, dan jangan sedih ketika sepi karena situasi bisa berubah menjadi lebih baik bagi orang yang bisa melihat kesempatan. Visi dan pengalaman di perlukan dalam hal ini

Di masa yang tidak menentu, di mana kadang bisa ramai sekali, kadang bisa sepi sekali, menurut pendapat saya, bermain konservatif saja. Mungkin anda mengecewakan satu dua orang, tetapi setidaknya anda tetap bertahan. Mungkin cadangan keuangan yang telah anda timbun selama masa panen dahulu habis untuk bertahan di masa yang tidak menentu. Di masa yang tidak menentu tentu setiap orang juga memiliki pertanyaan yang sama. Enaknya ngapain ?

Saya juga tidak tahu. Konsistensi. Bertahanlah di bidang yang anda geluti selama ini. Memang ada pendapat yang mengatakan kalau sudah tidak menguntungkan, mending di tutup saja. Tetapi saya tidak sependapat. Kecuali benar2 parah, bertahanlah. Konsistensi anda akan membuahkan hasil. Banyak pemain besar dulunya nyaris tutup ketika di masa sulit, tetapi karena PASSION mereka di bidang tersebut, FOKUS di bidang yang mereka geluti dan ketika mereka melewatinya, mereka berhasil. Orang akan melihat anda, dan semakin percaya kepada anda. Saya rasa kalimat ini bisa di pakai dalam banyak bidang usaha dan jasa apapun.

Serakah ketika orang lain takut. Mungkin ini sudah sering anda dengar bagi investor. Tapi pada kenyataanya pada saat orang takut, anda juga takut. Tahulah apa yang anda lakukan, dan percayalah dengan pendapat anda yang pertama. Seiring berjalannya waktu, anda denger kiri denger kanan, anda akan tidak konsisten dengan pendapat anda yang pertama, hasilnya kacau balau. Anda akan kehilangan segalanya. Yang penting anda tahu yang anda lakukan, yakinlah dengan diri anda sendiri. Percaya Tuhan dan percaya diri.
Selama anda memiliki income yang teratur, di masa tidak menentu kalau anda berani ACTION, alias tidak terlalu banyak pertimbangan sampai gak jalan2, anda akan memetik hasilnya di jangka panjang. Kelirumologi yang sekarang terjadi ya segala sesuatu yang namanya investasi itu cepat dan menghasilkan. Sesuatu iklan yang menurut saya menyesatkan konsumen.

Itulah pendapat saya mengenai “Enaknya ngapain” di masa yang tidak menentu.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang