BISNIS AKSESORI WANITA BAGI IBU RUMAH TANGGA

Berbagai bisnis yang ada saat ini bisa dimanfaatkan bagi iu rumah tangga untuk membantu suami.  Karena  semakin hari  kebutuhan    juga semakin meningkat maka   banyak ibu-ibu yang bingung mencari pekerjaan untuk  membantu suami.  Jika Anda  banyak pertimbangan, mana usaha yang tepat dan mna usaha yang bisa  dikerjakan di rumah, maka Anda bisa menjalankan usaha yang  tergolong ringan namun bisa menghasilkan omset yang cukup besar.  Coba  Anda perhatikan di  sekitar, apakah  banyak wanita yang menggunakan aksesori baik itu  anting,  gelang, cincin ataupun  bros? Pastinya hampir semua wnaita menggunakan aksesoris untuk menambah penampilan  mereka.

Aksesoris adalah bagian dari wanita dan dengan hal ini Anda bisa menarik kesimpulan  untuk menjalankan bisnis menjual aksesoris wanita. Bisnis aksesoris  kelihatannya memang bisnis yang kecil dan biasa-biasa saja,  namun  dengan bisnis yang tergolong  modal kecil ini  Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.  Aksesoris wanita yang  sangat simple dan nyaman digunakan bisa membuat penampilan  mereka jauh lebih cantik dan anggun.  Untuk memulai bisnis ini  Anda harus membuat  rencana bisnis yang tepat, bukan hanya  menyiapkan modalnya saja.

Berikut beberapa langkah untuk   membuka bisnis aksesoris wanita hingga sukses:

  1. Membuat business plan

Business plan atau rencana bisnis  sangat penting saat Anda akan memulai usaha, usaha apapun pasti membutuhkan perencanaan yang tepat. Sekalipun usaha Anda membutuhkan mdoal kecil namun  dengan perencanaan yang matang pastinya jauh lebih bagus hasilnya  dibandingkan tanpa  perencanaan sama sekali. Untuk  itu, sebelum Anda  membuka bisnis aksesoris wanita, pastikan Anda telah melakukan perencanaan yang matang, mulai dari  modal,   produk yang akan dijual hingga pemasarannya.

Perencanaan bisnis aksesoris wanita  akan membantu Anda untuk langkah selanjutnya. Karena bisnis yang akan dijalankan memiliki  peluang cukup besar untuk  lebih maju maka  dengan perencanaan bisnis  yang  matang. Jika Anda memiliki modal yang terbatas, Anda bisa memanfaatkan  modal yang terbatas  itu untuk membeli aksesoris atau bahan aksesoris yang  nantinya akan digunakan untuk pembuatan aksesoris wanita. Anda harus menentukan, apakah  dalam bisnis ini Anda   membuat aksesoris sendiri atau langsung membeli aksesoris dari supplier lain dan menjualnya kembali.  Jika Anda memiliki  ketrampilan   sangat  baik bila Anda membaut sendiri aksesoris tersebut, dengan inovasi dan kreatifitas Anda  maka  aksesoris yang Anda buat jauh lebih   menarik konsumen.

  1. Menentukan besarnya modal

Untuk menjalankan bisnis aksesoris  wanita, modal   yang dibutuhkan  tergantung dari skala bisnis yang Anda kelola nantinya. Jika Anda ingin membuka   bisnis aksesoris wanita  kecil-kecilan saja, maka Anda bisa  menggunakan modal kecil, namun jika skala  bisnis yang Anda inginkan tersebut lebih besar, Anda bisa menggunakan modal yang besar.  Jika Anda membuat sendiri aksesoris tersebut maka modal yang Anda  keluarkan   bisa lebih kecil karena  Anda hanya membeli bahan-bahan pembuatan  bros  kemudian Anda membuat atau mendesainnya sendiri.

  1. Menentukan lokasi bisnis

Pertimbangkan lokasi bisnis yang sesuai untuk menjalankan bisnis aksesoris   wanita ini.   Untuk proses pembuatan  aksesoris, Anda bisa memanfaatkan  tempat di rumah yang tidak digunakan. Sedangkan jika Anda ingin membuka toko aksesoris, Anda bisa  memilih tempat  yang lebih strategis. Anda bisa memilih lokasi bisnis di dekat  jalan raya, dekat  tempat perbelanjaan, dekat apsar atau di ruko-ruko yang  ada di pinggir  jalan. Memilih  lokasi bisnis yang tepat akan memudahkan  Anda untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Jika rumah Anda  berada di dekat jalan  raya, tentunya Anda bisa memanfaatkan rumah untuk  membuka toko  aksesoris.

  1. Menentukan desain  aksesoris

Desain aksesoris yang beda atau unik dan tidak  dimiliki oleh  penjual  aksesoris lainnya  pasti akan mengundang  simpati banyak orang. Anda  harus membuat desain aksesoris yang   beda dan   sesuai dengan trend yang ada saat ini. Terutama untuk  bros, Anda harus membuat bros yang   banyak diminati   konsumen dipasaran.   Untuk membuat desain aksesoris yang bagus, Anda bisa mencari bahan-bahannya di internet atau  langsung survey  pada beberapa tempat yang  menjual  aksesoris wanita. Survey langsung  pada tempat yang menjual aksesoris wanita  sangat dibutuhkan agar Anda   mengetahui sejauh mana mereka  menjual aksesorisnya dan bagaimana model aksesoris yang  banyak peminatnya.

Jika desain aksesoris yang Anda  buat sama dengan aksesoris di tempat lain, hal  ini akan menyulitkan Anda untuk  mendapatkan  konsumen. Mereka akan selektif untuk memilih aksesoris yang  diinginkan pada beberapa tempat yang menjual aksesoris yang sama dengan aksesoris Anda. Karena itu, untuk menghadapi persaingan bisnis aksesoris, Anda bisa memilih  desain aksesoris yang unik  namun tetap modis.  Gunakan aplikas  komputer untuk membuat desain  aksesoris yang bagus  atau Anda bisa berkreasi dari beberapa desain aksesoris yang telah ada untuk dikembangkan menjaid lebih baik lagi.

  1. Menetukan harga

Harga yang lebih terjangkau pastinya banyak orang yang akan memilihnya, demikian juga saat Anda memilih bisnis  aksesoris. Bisnis aksesoris ini bisa memberikan omset yan sat bagi siapa saja pelaku bisnisnya. Untuk soal harga agar  bisnis baru Anda   ini bisa  dikenal banyak orang, Anda bisa menggunakan  pertimbangan harga.   Beirkan harga yang lebih terjangkau  untuk aksesoris yang Anda jual. Jangan  memberikan harga  yang cukup mahal bahkan  paling mahal diantara toko-toko aksesoris lainnya.

  1. Pemasaran

Setelah beberapa hal diatas, kini  Anda harus bisa melakukan pemasaran yang  tepat. Pemasaran yang tepat akan membantu Anda  untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.  Media  pemasaran yang bisa Anda pilih  dan paling mudah  adalah facebook. Dengan  banyaknya pengguna facebook saat ini, Anda bisa mendapatkan  kemudahan saat berpromosi. Jalinlah pertemanan yang lebih banyak di facebook. Namun,pilihlah  pertemanan yang   memiliki potensi lebih tinggi untuk membeli produk Anda.

Semakin banyak pertemanan Anda di facebook maka semakin besar kesempatan Anda untuk menjual  aksesoris.   Selain facebook, Anda bisa membuat toko online yang menyediakan   aksesoris yang Anda jual tersebut.  Dengan toko online berbayar maka Anda   lebih mudah untuk memasarkan aksesoris sekaligus untuk menghemat biaya.  Namun,  sekalipun Anda telah melakukan pemasaran online,  pastikan Anda juga gencar melakukan pemasaran offline. Jika kedua pemasraan tersebut bisa dijalankan dengan   tepat  maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang