BISNIS BIMBINGAN BELAJAR

Banyak  orang tua yang menginginkan anaknya  menjadi lebih pintar dan bisa mendapatkan juara di kelas. Namun, mereka tidak hanya  bisa belajar di sekolah agar bisa meraih sukses, kebanyakan saat ini banyak anak yang  belajar melalui bimbingan belajar. Ada cukup banyak  bimbingan belajar yang didirikan, namun hanya beberapa  bimbingan belajar saja yang benar-benar bisa membantu siswanya menjadi lebih pintar. Anda bisa  memulai bisnis satu ini,sekalipun Anda seorang ibu rumah tangga  namun bisnis  membuka  bimbingan belajar tetap bisa Anda jalankan. Apalagi jika Anda   sudah berpengalaman  untuk mengajar murid, pastinya menjadi hal yang mudah jika  hanya membuka jasa bimbingan belajar di rumah.

Bagaimana  jika Anda  tidak pernah  menjadi guru, apakah bisa menjalankan  bisnis ini?

Membuka bisnis bimbingan belajar tidak harus menuntut Anda untuk mahir  mengajar,  Anda bisa mencari tenaga pengajar  jika modal yang Anda miliki cukup. Namun  jika Anda  belum memiliki modal yang cukup, Anda  bisa mengajar beberapa mata  pelajaran yang bisa Anda ajarkan.  Saat ini mulai dari anak  usia SD hingga  SMU bahkan perguruan tinggi, mereka membutuhkan  bimbingan belajar agar mereka bisa  lebih pandai di sekolah.  Karena di sekolah mereka tidak  mungkin untuk bertanya secara detail tentang mata pelajaran yang diajarkan masing-masing guru, maka dengan belajar  pada bimbingan belajar,  mereka  bisa lebih mudah untuk memahami  berbagai mata pelajaran yang diajarkan disekolah.

Kesulitan anak-anak dalam menerima pelajaran di sekolah bisa disebabkan karena guru  mengajarkan  poin-poin penting  dan anak-anak takut untuk bertanya jika mereka kurang paham. Berbagai kendala belajar  disekolah oleh anak-anak tersebut bisa menjadi salah satu   celah yang cukup baik bagi Anda untuk berbisnis. Memulai bisnis  bimbingan belajar  tidak harus  langsung  dari SD hingga SMU, namun secara bertahap, misalnya saja saat ini Anda bisa membuka  bimbingan belajar di rumah  untuk siswa SD, sedangkan  jika nanti bimbingan belajar ini  ramai, Anda bisa menambahkan kelas yang lebih  banyak  hingga di perguruan tinggi.

Berikut  beberapa cara  memulai bisnis bimbingan belajar di rumah:

  1. Siapa target Anda?

Target untuk bisnis bimbingan  belajar  adalah  siswa yang akan Anda didik,   ada cukup banyak target mulai dari anak usia SD hingga perguruan tinggi.  Anda bisa memilih  mana yang   bisa dijadikan   target bisnis yang paling potensial  dan   bisa digunakan untuk  bisnis masa depan.  Jika Anda  masih pemula dan lulusan SMU, maka Anda bisa  memilih target  siswa SD hingga SMP.  Pelajaran anak-anak SD dan SMP pastinya tidak sesulit pelajaran anak-anak SMU ataupun perguruan tinggi. Mengajari anak SD dan SMP akan jauh lebih mudah dibandingkan bila Anda mengajari  anak  usia seolah yang lebih tinggi tingkatannya dari SMP.

Jika Anda adalah lulusan sarjana baik S1 maupun S2, Anda bisa  memilih   target  seperti siswa dari  SD hingga S1.  Semakin banyak  target  Anda maka semakin banyak  keuntungan yang Anda dapatkan nantinya.   Untuk mendapatkan target yang cukup banyak, Anda  harus  bisa melakukan promosi  yang tepat.  Sealipun bimbingan belajar namun promosi  harus tetap dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dari bisnis ini.

  1. Dimana tempatnya?

Bisnis  bimbingan belajar bisa dilakukan di rumah Anda,  bagi ibu rumah tangga untuk menjalankan bisnis ini  memang  tepat jika dilakukan di rumah sendiri. Untuk ruangan, Anda bisa menyediakan ruangan sendiri atau menggunakan ruangan khusus yang digunakan untuk  siswa Anda nantinya.   Jika Anda memiliki cukup banyak modal, Anda bisa menyewa tempat khusus di  tempat yang strategis untuk  bisnis ini.   Pilihlah tempat yang dekat dengan akses jalan utama, hal ini  membantu Anda untuk melakukan promosi yang tepat.  Jika  tempat bimbingan belajar Anda  terpencil atau jauh dari keramaian maka  Anda harus melakukan promosi yang jauh lebih  banyak dibandingkan jika tempat  bimbingan belajar tersebut berada di  tempat yang mudah dilalui oleh banyak orang.

  1. Bagaimana metode pembelajarannya?

Sebelum Anda memberikan materi pengajaran pada siswa yang mendaftar pada  bimbingan belajar Anda, ada baiknya Anda harus mengetahui kurikulum  saat ini. Jadi, saat Anda memberikan materi  pada siswa,  materi tersebut  sama dengan materi yang diajarkan oleh  gurunya disekolah. Tugas  Anda adalah membantu mereka, jadi jangan mempersulit  mereka dengan  soal-soal yang lebih  sulit. Kebanyakan anak-anak akan  menanyakan beberapa materi yang   dirasa sulit disekolahnya. Anda bisa membantu mereka untuk menyelesaikan semua soal yang diberikan gurunya, atau beberapa hal yang dirasa sulit oleh anak-anak di sekolah.

Metode pembelajaran yang Anda berikan juga harus   bisa membuat   siswa menjadi lebih nyaman. Buatlah   siswa menjadi lebih nyaman saat belajar bersama Anda dan  bantulah mereka dengan sabar. Kesabaran Anda  dan ketekunan Anda untuk membantu mereka akan menjadikan mereka betah   belajar di  tempat Anda. Metode belajar yang  tepat dan  menyenangkan membuat  siswa jauh lebih  senang belajar dibandingkan mereka saat di sekolah.  Bimbingan belajar yang memiliki banyak siswa, mereka bisa memberikan pembelajaran yang efektf, nyaman dan juga lebih berkualitas.

  1. Bagaimana dengan  tarifnya?

Karena Anda  masih pertama kali membuka  bimbingan belajar ini,  Anda bisa memberikan tarif bimbingan belajar yang lebih terjangkau dari tempat lainnya. Jika tempat  lainnya  tarif satu bulan adalah Rp. 100.000,-, Anda bisa memberikan tarif yang lebih murah  misalnya saja sekitar Rp. 60.000,- hingga  Rp.80.000,-.   Dengan tarif yang lebih terjangkau tersebut maka  siswa banyak yang tertarik  dengan  bimbingan belajar Anda.

  1. Bagaimana promosinya?

Promosi  bimbingan belajar  yang tepat akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak siswa, hal ini akan  memberikan keuntungan  pendapatan bagi Anda. Untuk mendapatkan  siswa yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan promosi  dari mulut ke mulut,  promosi  dengan  menggunakan kartu nama atau  selebaran, Jika Anda menggunakan  kartu nama, Anda bisa menyebarkan kartu nama tersebut  pada beberapa sekolah  misalnya pada SD, SMP atau SMU.  Semakin banyak orang yang  tau tentang bimbingan belajar Anda maka  semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak  siswa. Lakukan promosi  secara  teratur sekalipun   bisnis bimbingan belajar Anda telah sukses. Untuk mendapatkan kesuksesan dibutuhkan  pemasaran yang baik  demikian juga untuk  bisnis bimbingan belajar.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang