BISNIS LAUNDRY KILOAN UNTUK IBU DI RUMAH

Berbagai bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga saay ini memang cukup banyak, ada bisnis yang  dijalankan dengan modal ada juga bisnis  yang dijalankan tampa modal sama sekali. Anda yang ingin menjalankan bisnis di rumah tanpa  modal ada juga sebagian bisnis yang dijalankan dengan modal sekalipun modal tersebut kecil. Bagi Anda yang ingin berbisnis di rumah, salah satu bisnis  yang saat ini banyak diminati dan memiliki prospek cukup bagus adalah bisnis laundry.  Semakin banyak orang yang sibuk bekerja  bahkan bagi  wanita yang seharusnya dia mencuci pakaian anak-anak dan suami,  dengan adanya  jasa laundry mereka banyak yang memilih jasa  tersebut untuk membantu   membersihkan pakaian.

Bisnis laundry memang tidak akan mati,sekalipun saat ini banyak mesin cuci yang dimilliki  oleh beberapa orang. Menggunakan jasa laundry jauh lebih praktis dan hasilnya lebih bagus. Anda yang ingin mendapatkan pakainnya bersih,  harum dan rapi, cukup  datang ke jasa  laundry dan  dalam hitungan  satu atau dua hari baju akan diantar  di tempat Anda  dalam keadaan bersih.   Di perkotaan  semakin banyak orang yang memilih  untuk bekerja maka mereka tidak memiliki cukup  banyak waktu untuk mencuci pakaiannya, menyetrika apalagi membuat pakaian mereka lebih harum. Sebagai solusinya, mereka menggunakan jasa laundry  untuk mencuci pakaian.

Jika semakin hari semakin banyak orang yang memilih jasa laundry, apakah  Anda juga ingin menggunakan jasa tersebut ataukah  Anda ingin menjalankan bisnis laundry?  Bisnis laundry  banyak diminati oleh ibu rumah  tangga, bisnis ini bisa dijalankan  di rumah tanpa harus meninggalkan  keluarga. Anda  bisa memilih bisnis laundry untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bila bisnis ini benar-benar ditekuni dengan baik, hasilnya  tentu jauh lebih baik dibandingkan dengan bisnis lainnya.  Bagi ibu rumah   tangga yang menganggur dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda bisa memilih  bisnis satu ini. Selain  mudah dikerjakan, bisnis laundry tidak akan pernah  punah, semakin hari semakin banyak orang yang menggunakan jasa laundry.

Sekalipun ada cukup banyak  orang yang  menjalankan bisnis laundry, namun  peluang  untuk  sukses  mebuka  bisnis ini tetap terbuka lebar.  Yang harus Anda lakukan adalah keinginan kuat dan kegigihan Anda dalam nenjalankan bisnis ini tampa harus meninggalkan keluarga. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan modal, waktu dan cara berpromosi yang  tepat sehingga bisnis tersebut bisa dengan cepat berkembang.

Berapa besar modal yang dibutuhkan?

Modal memang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, namun  jika modal Anda minim   hal ini tidak akan menyulitkan Anda untuk membuka bisnis.  Untuk menjalankan bisnis  laundry, Anda membutuhkan modal tergantung  sejauh mana  bisnis yang akan Anda kembangkan tersebut. Misalnya saja  jika Anda ingin bisnis tersebut bisa melayani lebih banyak orang, maka Anda juga membutuhkan peralatan yang lebih banyak, peralatan utama dalam hal ini adalah mesin cuci.  Bila Anda masih pemula dan memiliki modal yang kecil, Anda bisa   memilih ruang yang kecil dan satu atau dua mesin cuci  dulu.  Dengan modal yang  kecil tersebut Anda sudah bisa menerima   pakaian kotor untuk dibersihkan.

Jika Anda masih pemula dalam  menjalankan bisnis laundry,  memang   lebih baik Ada menggunakan modal yang kecil, setelah   bisnis tersebut berkembang maka Anda bisa menambah modal agar bisnis menjadi lebih berkembang.   Modal yang Anda miliki untuk membangun bisnis laundry tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli mesin cuci,  membeli detergen, hanger,  plastik, pewangi pakaian,  timbangan dan juga untuk membeli perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk usaha laundry.

Membeli  peralatan laundry

Peralatan laundry yang utama adalah mesin cuci,  untuk membeli mesin cuci  Anda bisa mempertimbangkan uang yang Anda miliki.  Ada cukup banyak mesin  cuci yang dijual dengan harga terjangkau, namun pertimbangkan kualitas   mesin cuci tersebut. Karena akan digunakan dalam waktu yang lama dan berkali-kali,  Anda bisa memilih mesin cuci yang tahan lama dan menghasilkan cucian yang sempurna.  Sekalipun  dana kecil, namun jangan memilih mesin cuci murahan dan kualitasnya diragukan, hal ini bisa berpengaruh pada  bisnis Anda nantinya.

Selain mesin cuci, Anda juga membutuhkan meja, etalase  atau almari untuk menyimpan  pakaian  konsumen yang telah bersih.  Karena  masih tahap awal,    gunakan saja meja,  alamari ataupun etalase yang telah Anda miliki. Hal ini  jauh lebih menghemat biaya dibandingkan jika Anda harus membeli  peralatan tersebut. Yang berikutnya adalah  setrika,  setrika juga penting   karena bisa membantu  membuat  pakaian klien menjadi rapi.  Anda bisa memilih setrika yang  berkualitas, tidak membuat pakaian  rusak.

Perlengkapan  laundry

Untuk perlengkapan laundry yang harus Anda   siapkan adalah  hanger,   detergen, pelembut pakaian, pengharum pakaian,   kwitansi dan perlengkapan lainnya. Detergen  yang digunakan untuk mencuci pakaian  konsumen harus  bagus dan  tidak terlalu mahal.  Anda bisa  memilih  detergen yang  digunakan untuk mencuci pakaian di tempat laundry. Pertimbangkan  harga detergen tersebut demikian juga dengan pelembut pakaian  dan pengharum pakaian.  Anda bisa memilih   kebutuhan untuk mencuci pakaian  dengan harga yang tidak terlalu mahal  namun dengan kualitas yang  bagus.

Bagaimana membuat pakaian bersih,harum dan tidak merusak pakaian tersebut

Kelihatannya membuka jasa laundry bagi ibu rumah tangga memang mudah, hal ini karena mereka sering mencuci, menyetrika , namun bukan berarti mereka bisa menjalankan bisnis laundry ini dengan mudah.  Sebelum Anda membuka bisnis laundry, pahami dulu bagaimana  cara menjalankan bisnis laundry termasuk bagaimana membuat pakaian konsumen Anda bersih, harum, rap dan tidak  rusak. Kerusakan pakaian  konsumen Anda akan membuat kecewa mereka dan pada akhirnya  Anda yang akan rugi. Pahami bagaimana mencuci  pakaian yang tepat dan bagaimana  agar pakain konsumen tidak luntur atau rusak.

Bagaimana memasarkan bisnis laundry Anda?

Pemasaran sangat dibutuhkan untuk semua macam bisnis, bahkan untuk bisnis  rumahan pemasaran tetap dibutuhkan. Untuk memasarkan bisnis laundry Anda,  cara  yang mudah adalah promosi dari mulut ke mulut, membuat brosur dan mempromosikannya di  facebook. Jika Anda masih pemula dalam bisnis ini,  Anda bisa berpromosi dengan membuat banner besar dan ditempatkan di depan lokasi bisnis ataupun di  dekat jalan raya yang banyak dilalui orang.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang