Bukan saya tidak mau mengajari (Artikel written by owner)

Artikel written by owner sudah lama tidak pernah exis. Tidak berani nulis. Bukan saya tidak mau mengajari atau berbagi pengalaman2 saya yang biasanya sudah saya lakukan. Tapi banyak hal yang berubah drastic dalam beberapa tahun terakhir ini. Tidak pe de lagi.

Teori bisnis yang sudah ada, di rasa sudah tidak dapat menjawab banyak pertanyaaan, meski saya pribadi tetap memakainya karena bagi saya itu sebuah fondasi. Teori baru yang baru di develop dengan menganalisa hal yang sudah terjadi, begitu di launching sudah ketinggalan jaman dengan adanya perkembangan teknologi yang terbaru atau hal2 lain.

Dulu kita mengenal istilah baby boomers. Lalu generasi X, lalu generasi milenial, lalu ada generasi z. Sekarang ada yang di namakan generasi Alfa bagi bayi yang lahir 2010 ke atas. Anda bisa google sendiri mengenai generasi2 tersebut dan karakternya. Bahkan pada jaman generasi alfa di perkirakan dunia bakal jadi semakin piramida, di mana semua mengerucut seperti hanya ada satu bahasa di seluruh dunia dan hilangnya bahasa daerah, dll. Bagi saya, mengenal tiap tipe generasi membantu kita dalam implementasi strategy bisnis kita secara keseluruhan.

Misal saja dulu 10 tahun lalu branding barang baru, tetapi setelah semua orang melakukan branding, mana yang efektif. Dulu sosmed dan online sempat di dewakan menggantikan metode konvensional, tetapi buktinya alibaba juga masuk ke dunia fisik, lalu teori mana yang benar ? Dulu orang buat bisnis untuk anak cucu, sekarang bisnis di bangun untuk di jual, yang penting dapat uangnya. Jadi banyak hal yang sudah berubah dengan adanya pergantian pola pikir, perilaku tiap generasi.

Menurut saya, setiap orang ada kasusnya bisnisnya sendiri2, dan ANDA yang paling tahu mana yang paling benar buat anda. Efektif buat saya belum tentu cocok buat anda. Jadi bukan tidak mau berbagi. Trial dan error dan menemukan mana yang pas buat anda itu lebih baik. Sering2 lah bertemu dengan banyak orang dan belajarlah dari mereka. Sayang saya pas pas an, teori hermawan kertajaya yang saya bisa nangkap Cuma Colaborasi saja dari sekian banyak C yang dia ajarkan di bukunya.

Dulu orang bisa punya banyak bisnis, tetapi dengan semakin cepatnya perubahan, saya lebih suka mempunyai sebuah bisnis tapi focus dan bisa menyingkapi perubahan tersebut dengan cepat. Cuma itu saja kesimpulan saya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *