CACAR AIR PADA ANAK DAN CARA MENGATASINYA

Apakah anak anda pernah mengalami cacar air, bagaimana cara tepat bagi anda untuk  mengatasinya?  Cacar air merupakan penyakit yang mudah menular dengan cepat  dan anak-anak lebih banyak memiliki resiko untuk tertular  penyakit ini. Sekalipun demikian cacar air  kerap dipandang sebagai  masalah yang sebelah mata. Ternyata sampai saat ini   masih  banyak  persepsi orang yang  meyakini  bahwa cacar air  adalah penyakit yang  wajar dialami  oleh anak-anak.  Penyakit ini  banyak dialami oleh anak dan secara  cepat penyebarannya   bisa langsung ke orang lain yang   sehat. Penyakit ini menimbulkan masalah yang  tidak nyaman bagi  penderita, rasa gatal dan perih mungkin akan dialami oleh penderita.

Cacar air bukanlah penyakit yang wajib  yang harus dilalui  oleh setiap manusia  sekali seumur hidupnya.  Penyakit cacar ini bisa dicegah   dan setiap anak berhak untuk hidup sehat sehingga  mereka tidak harus mengalami penyakit tersebut.  Penyakit cacar air  atau yang disebut dengan nama ilmiah  varisela biasanya ditandai dengan  keluhan tubuh   yang lemas. Selain itu bagi penderita  yang terkena cacar air maka dia akan mengalami gejala tidak mau makan,  gatal-gatal yang diikuti oleh demam.  Cacar air sendiri disebabkan oleh  virus  yang dinamakan varicella-zoster. Virus tersebut  akan ditularkan oleh  percikan ludah  atau  melalui cairan   dari  lepuhan  kulit pasien  cacar air lainnya.

Gejala cacar air

Karena gejala penyakit ini  sering kali khas , khususnya pada  fase awal  sebelum muncul kelainan pada kulit.  Namun dari  fase ini banyak orang yang justru tertipu  dengan gejala ini dan menganggap gejala ini   seperti penyakit lainnya.  Gejala penyakit ini juga sering   dianggap sebagai gejala sakit influenza karena sangat mirip ketika anda mengalami gejala  influenza.  Setelah  muncul   kelainan pada kulit  gejala khas dari cacar air   ini kemudian mulai muncul. Pada gejala berikutnya kemudian  cacar air akan menimbulkan kerusakan  pada kulit atau erupsi.Bentuk dari cacar ini mulai dari bentuk yang  melentung dan jika digaruk akan  menimbulkan bekas luka yang lama hilangnya. Namun bila anak-anak tidak menggaruknya, hal ini tidak akan menimbulkan bekas luka  pada anak tersebut.

Cacar air ketika digaruk memang  akan pecah dan  menimbulkan luka, garukan ini  dikarenakan saat anak menderita cacar air maka rasa yang ditimbulkan sangat gatal.   Garukan cacar air tersebut  menimbulkan kulit yang tidak  lagi memiliki perlindungan  ketika dimasuki oleh bakteri.  Bila anak yang terkena cacar air tersebut mandi dan kulitnya terluka maka akan mudah bagi kuman dan bakteri untuk masuk pada kulit jika mereka tidak mandi dengan bersih.  Penyakit virus cacar air ini kemudian dimasukkan   pada  penyakit bakteri kulit.  Ketika menjadi penyakit bakteri kulit maka penyembuhannya pun tidak lagi  primer dan biasanya akan mengakibatkan  terbentuknya jaringan ikat.  Jaringan ikat yang terbentuk dari  penyakit  bakteri  kulit tersebut akan menimbulkan bekas luka. Hal inilah yang menjadi sebab bagi orang tua untuk melarang anaknya mandi saat mereka terkena cacar air.

Perawatan anak yang terkena cacar air

Bagi anda yang bingung bagaimana merawat anak yang mengalami cacar air, ada beberapa langkah mudah bagi anda untuk  memberikan pertolongan pertama bagi mereka. Cacar air yang mudah menular ini memang harus anda  obati ketika melanda si kecil.  Berikut beberapa cara untuk merawat anak yang  terkena cacar air:

  • Hindari anak terkena angin

Apabila anak terkena cacar air maka hindarkan mereka dari  angina tau anda bisa menyarankan anak untuk tidak keluar rumah.  Hindari bepergian keluar rumah saat anak terkena cacar air, hal ini untuk mencegah penyebaran virus  tersebut,  karena penyebarannya anak mudah ketika anak terkena angin.

  • Hindari kontak langsung dengan penderita  cacar lainnya

Saat anak mengalami cacar air, jangan biarkan mereka untuk melakukan kontak langsung dengan orang lain yang juga terkena cacar air. Anda pun juga harus menghindarkan anak yang terkena cacar air tersebut dengan orang yang tidak terkena cacar,  hal ini juga untuk  mencegah penularan cacar air yang begitu cepat.

  • Istirahat cukup

Usahakan anak yang terkena cacar air tersebut bisa beristirahat dengan cukup,hal ini untuk memudahkan mereka pada masa pemulihan. Dengan beristirahat maka akan mudah bagi anda untuk perawatan si kecil dan fase penyembuhannya pun akan lebih cepat.

  • Gunting kuku anak

Agar anak tidak menggaruk cacar air yang timbul maka anda bisa memotong kuku mereka. Memotong kuku ini juga untuk mencegah luka yang ditimbulkan oleh  garukan tersebut.

  • Periksa ke dokter

Untuk penanganan  cacar air yang cepat dan tepat, anda bisa berkonsultasi  pada dokter guna penyembuhan  cacar air si kecil.  Dokter akan melakukan tindakan medis yang lebih aman dan akan membantu penyembuhan anak dengan cepat.  Untuk mengurangi  rasa gatal maka anda bisa  menjaga suhu ruangan agar tetap normal.

Jika anak anda belum  terserang  cacar air dan anda   tidak ingin mereka terkena cacar air tersebt maka anda bisa meberikan mereka  vaksin.  Pemberian vaksin pada anak-anak  akan melindungi mereka seumur hidup dari cacar air.  Vaksin cacar air di negara lain terutama di Amerika Serikat sudah menjadi  vaksin yang wajib diberikan  bagi bayi setelah usia mereka 1 tahun.  Vaksin cacar air  memberikan perlindungan hingga 97% dari virus penyebab cacar air tersebut selama seumur hidup. Mereka akan mengalami resiko cacar air yang sangat kecil dibandingkan dengan anak yang tidak pernah mendapatkan vaksin cacar air tersebut.

Sekalipun cacar air lebih banyak menyerang  pada anak-anak namun penyakit ini juga bisa menyerang siapa saja.  Baik remaja, dewasa, anak-anak,ibu hamil pun mereka  bisa terkena cacar air. Jika  virus cacar air ini menyerang pada orang dewasa atau ibu hamil maka  dampaknya akan lebih parah dibandingkan dampak cacar air bagi anak-anak.  Karena itulah pemberian   vaksin tidak dibatasi hanya untuk anak-anak saja namun untuk semua orang  tanpa mengenal usia.  Ada baiknya bila anda  ingin mencegah penyebaran virus cacar air, konsultasikan pada dokter agar semua keluarga terhindar dari penyakit ini.   Pemberian vaksin cacar air yang tepat adalah sebanyak 2 kali dalam kurun waktu 6 bulan agar benar-benar bisa memberikan  perlindungan yang  terbaik bagi  semua anggota keluarga anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang