CARA MENDIDIK ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN

Pendidikan kepada anak harus dimulai sejak dalam usia kandungan, hal ini dilakukan agar proses pembelajaran anak ketika ia sudah terlahir ke dunia bisa lebih cepat. Anak-anak yang mengalami proses pendidikan usia kandungan biasanya sedikit lebih cerdas dibandingkan dengan yang tidak. Karena pada kondisi yang sangat dini, mereka telah mendapatkan pendidikan sesuai dengan kemampuan mereka menerimanya di dalam kandungan. Apapun yang kita inginkan dari anak kita setelah mereka dewasa bisa kita mulai dari usia kandungan. Misalnya orang tua yang ingin anaknya menjadi seorang penghafal Al Quran maka biasanya sejak dalam kandungan ia telah diperdengarkan ayat-ayat Al Quran, dan ketika sudah lahir kita akan melihat betapa mereka sudah akrab dan sedang dengan bacaan ayat-ayat Al Quran. Apapun profesinya bisa dimulai dari usia kandungan. Tergantung bagaimana kemampuan orang tua untuk memberikan pendidikan sejak usia kandungan tersebut.

Bagaimana cara memberikan pendidikan untuk anak dalam usia kandungan, beberapa hal yang biasa dilakukan oleh para orang tua yang menjalankan hal ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjelaskan kepada anak mengenai perbuatan baik yang dilakukan ibu, misalnya seorang ibu yang sedang berkunjung ke rumah orang tuanya, maka segera katakana ke perut Anda sambil mengetuk perut agak pelan, “Nak, kita sedang berada di rumah nenek untuk silahturahim” dan seterusnya. Atau ketika ibu sedang membaca, maka jangan lupa ajak ia berbicara dan katakan apa yang menjadi aktivitas ibu, “Nak, ibu sedang membaca untuk menambah ilmu” dan seterusnya. Ingat, jangan lupa mengajak anak berkomunikasi ketika sedang melakukan hal-hal baik. Ya, seorang ibu ketika sedang hamil hendaknya tidak melakukan hal-hal buruk karena ini juga akan berpengaruh pada bayi. Kerjakan segala aktivitas kebaikan yang memiliki nilai manfaat sehingga bayi dalam kandungan pun akan merasa senang.
  2. Menjelaskan soal bunyi-bunyian kepada anak, misalnya terdengar suara adzan ketika datang waktu untuk menunaikan ibadah shalat, maka jangan ragu untuk mengatakan kepada bayi dalam kandungan Anda, “Nak, itu suara adzan, tanda waktu shalat tiba, ayo kita menunaikan shalat.” Dan seterusnya. Jika ada suara bunyi yang aneh seperti suara pesawat misalnya, jelaskn kepada bayi Anda dengan lebih dulu menyapa dan mengetuknya pelan-pelan dari permukaan perut.
  3. Mengajarkan huruf dan angka atau apa saja yang ingin Anda ajarkan kepada anak Anda. Ajarkan suara huruf dan angka hingga kata-kata kepada anak Anda pada usia kandungan. Misalnya Anda ingin mengajarkan mengucap angka, maka ketuk lebih dulu perut Anda dan bacakan angka-angka tersebut secara berulang-ulang, ajak ia berkomunikasi seperti Anda sedang bicara dengan seorang anak pada umumnya. Cara ini biasanya dilakukan oleh para orang tua dalam mendidik anaknya menjadi seorang penghafal Al Quran. Jadi tetapkan waktu-waktu khusus untuk bayi Anda bersekolah. Misalnya di pagi hari jadwal belajar angka, sore jadwal belajar huruf dan malam jadwal untuk mendengarkan kalimat atau hal lain yang ingin Anda sampaikan.
  4. Kondisikan lingkungan Anda ketika hamil dengan hal-hal yang baik dan hindarkan dari hal-hal yang buruk, misalnya jauhkan ibu hamil dari kondisi pertengkaran rumah tangga, suara-suara music keras yang menghentak-hentak dan seterusnya karena itu akan memberikan pengaruh pada perkembangan bayi Anda secara mental. Bersikaplah lembut dan baik, dan secara emosional diharapkan seorang ibu hamil lebih mampu menjaga emosinya untuk kebaikan bayi yang ia kandung.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan kita melakukan pendidikan sejak dari usia kandungan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Proses pembelajaran setelah lahir menjadi lebih cepat
  2. Anak akan lebih siap menerima pembelajaran saat ia telah lahir
  3. Anak-anak akan lebih cepat memahami sesuatu lebih cepat dari usianya yang seharusnya.
  4. Anak-anak akan lebih cepat dewasa terhadap suatu masalah yang dihadapinya.

Begitu pentingnya pendidikan usia kandungan bagi anak. Namun sayangnya tidak semua orang tua paham akan hal ini. Terutama bagi mereka yang menikah tanpa persiapan yang kuat. Biasanya masa kehamilan jangankan untuk melakukan pendidikan usia kandungan, menjalaninya saja sudah terasa berat dan banyak keluhan. Siapa dan akan jadi apa anak kita sudah dimulai sejak ia berada dalam kandungan.

Seorang ibu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pendidikan usia kandungan kepada anak. Kecerdasan anak biasanya akan diwariskan dari apa yang ada pada ibunya. Oleh karena itu jika menginginkan anak-anak yang cerdas secara intelektual maka harus dikuatkan dalam hal pendidikan usia kandungan tersebut. Terkadang karena berbagai masalah fisik yang dihadapi seorang ibu hamil menyebabkana ia lupa atau memang tidak paham dengan bagaimana caranya memberikan pendidikan untuk usia kandungan tersebut.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang