CARA MENGHASILKAN UANG DARI BLOG

Sudah saatnya kini Anda menjadikan blog Anda sebagai sumber penghasilan. Tahukah Anda, para blogger pun bisa menjadi miliader dunia, ada banyak data blogger dunia yang sukses dengan omset ratusan juta rupiah serupa para pemilik usaha bisnis di dunia nyata. Siapapun bisa sukses dengan blog jika mereka tau bagaimana caranya mengoptimalkan fungsi ekonomis dari blog. Kebanyakan orang menggunakan blog hanya sebatas fungsi hiburan dan informasi, padahal jika mereka sedikit kreatif, blog mereka tersebut bisa menjadi mesin atm yang mengalirkan uang selama 24 jam untuk Anda. Memang tidak mudah, sebab ini adalah bisnis jangka panjang. Namun jika Anda memulainya dari sekarang, tidak ada yang mustahil. Pengguna internet dunia terus meningkat tiap tahunnya, sehingga memang prospek berpenghasilan melalui blog pun semakin menjanjikan.
Ingin tahu bagaimana caranya menghasilkan uang dari blog? Tunggu dulu, Anda harus mempersiapkan dulu blog yang siap untuk dijadikan sebagai mesin uang, seperti apakah blog tersebut? Berikut ini beberapa syaratnya:
1. Rapikan blog Anda, ya jangan mendesain blog sesuka hati Anda saja, tapi pikirkan juga para pengunjung blog. Jangan terlalu banyak menggunakan widget yang tidak berguna, buang music, sederhanakan tamplate yang lebih elegan. Pastikan memang blog Anda tersebut terkelola dengan rapi ukuran widget, tamplate, galeri-galerinya dan sebagainya memang harus dikondisikan sedemikian rupa untuk kenyamanan pengunjung.

2. Ganti domain blog Anda dengan domain berbayar, ya domain berbayar bisa dimodifikasi dari tamplate blog Anda saja, ini lebih mudah dan murah. Domain tidak lah mahal, bandingkan jika Anda menyewa bangunan di dunia nyata. Anda bisa memilih jenis domain sesuai selera Anda. Domain berbayar selain kapasitasnya lebih besar juga lebih memiliki nilai jual dibanding domain yang gratisan.

3. Tingkatkan optimasi pengunjung blog Anda di mesin pencari dengan menggunakan konten SEO seperti artikel. Terserah Anda ingin fokus pada bidang apa, sajikan artikel atau konten lain secara konsisten setiap hari. Semakin banyak jumlahnya maka peluang untuk lebih cepat mendapatkan keuntungan akan jauh lebih besar.

Setelah blog Anda siap maka ada beberapa cara yang bisa Anda pilih sebagai cara menghasilkan uang dari blog. Cara ini banyak dilakukan para blogger yang kini meraup banyak keuntungan dari bisnis online. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengonline kan usaha bisnis, jadi mungkin Anda memiliki produk tertentu, Anda bisa memanfaatkan blog Anda untuk memasarkannya. Memang sekarang ada website toko online yang didesain khusus. Anda bisa menggunakan pilihan ini. Namun tak ada salahnya Anda mengonline kan bisnis Anda tersebut di blog yang Anda miliki. Tak hanya produk, Anda juga bisa memasarkan jasa.

2. Menggunakan system google adsense atau google adword. Ini merupakan layanan iklan yang disediakan oleh google, Anda akan mendapatkan bayaran jika memasang banner google adsense tersebut, sebaliknya jika Anda memasukkan iklan di google adsense untuk dipasang di blog para blogger lain, maka Anda akan dikenakan bayaran. Systemnya cukup beragam, biasanya Anda akan dibayar per hitungan klik. Jadi memang bagaimana Anda bisa mendatangkan pengunjung sebanyak-banyak nya , maka disitu lah peluang keuntungan Anda akan lebih besar. Tingkatkan rating pengunjung blog Anda, karena pengunjung adalah uang. Itulah yang penting diketahui dalam bisnis online.

3. Menggunakan banner iklan seperti media cetak. Jadi jumlah pengunjung blog Anda menjadi poin penting bagi pihak yang ingin beriklan di blog Anda. Anda bisa menawarkannya ke perusahaan-perusahaan besar bisnis online yang bersedia beriklan, atau usaha bisnis besar yang ada di dunia nyata. Kreatifitas Anda dalam menawarkan iklan sangat penting, disamping itu Anda juga harus menjaga rangking peringkat blog Anda di mesin pencari. Karena itulah hal yang akan menjadi pertimbangan para pemasang iklan.

4. Bisnis afiliasi dengan pihak lain, saat ini ada system bisnis yang lebih mudah, yakni Anda menjadi fasilitas orang untuk menjual barangnya. Jadi ibarat sebuah mall, Anda mengumpulkan para supplier untuk berjualan di blog Anda. Untuk model bisnis seperti ini pastikan memang kapasitas domain yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Masih banyak lagi cara-cara kreatif menghasilkan uang dari blog. Intinya Anda harus mencoba salah satunya lebih dulu. Setelah itu barulah Anda bisa memikirkan cara lain dengan modal pengalaman yang sudah ada. Blog Anda siapa memberikan keuntungan untuk Anda, terlebih lagi jika Anda membuat puluhan hingga ratusan blog untuk usaha bisnis online. Dari situlah mimpi Anda menjadi miliader bisa terwujud. Semua itu bisa Anda lakukan jika memiliki kemauan yang kuat. Membangun jaringan di bisnis online merupakan salah satu modal awal untuk bisa sukses di bidang bisnis yang satu ini.