CARA TEPAT MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SI KECIL

Apakah  anak  Anda pemalu, apakah dia sangat takut dan  malas jika diajak bertemu dengan orang lain? Membantu anak-anak pemalu  agar mereka bsia mendapatkan  kepercayaan diri memang bukan hal yang mudah. Hal ini bisa sulit dan perlu ditangani dengan hati-hati, terutama jika anak Anda mengalami kecemasan sosial. Rasa malu merupakan karakteristik yang sangat normal anak usia dini. Bagi beberapa orang, rasa malu akan ditumpahkan saat mereka tumbuh dewasa dan mendapatkan kepercayaan diri. Bagi orang lain itu akan tetap menjadi sifat selamanya yang melekat sekalipun saat mereka dewasa. Rasa malu dapat disebabkan oleh kombinasi  berbagain faktor, tetapi umumnya akan  diturunkan kepada anak oleh orang tua mereka. Tidak ada yang bisa memastikan apakah  rasa malu dan tidak percaya diri itu genetik. Mungkin Anda juga  bertanya-tanya mengapa anak Anda lebih cemas, atau marah, atau mudah tersinggung dan merasa malu.

Seperti lari maraton, otak  buah hati Anda berusaha dengan sekuat tenaga untuk menyelesaikan  rasa kurang percaya diri mereka, tetapi mungkin tidak memiliki  cara yang tepat  untuk  hal ini. Otak dan perilaku si kecil tidak akan secara ajaib berubah dan  faktor lingkungan memainkan peran besar bagaimana anak Anda merasa. Kadang-kadang rasa malu dan tidak percaya diri yang menyebabkan seorang anak untuk berpikir kembali  dan mungkin ingin memastikan tentang orang-orang baru, tempat dan situasi dan perlu sedikit waktu untuk menyesuaikan diri pada tempat  baru tersebut.

Seorang anak yang merasa malu atau tidak percaya diri, hal ini bisa diketahi dengan beberapa hal diantaranya adalah:

ü  Lebih mudah marah atau gampang tersinggung

Jika anak Anda  lebih mudah marah dan gampang tersinggung,  bisa jadi dia memiliki kepercayaan diri yang  kurang.  Saat dia bertemu dengan banyak orang, kadang dengan perkataan yang  biasa menurut orang lain, hal ini bisa menjadikan  buah hati Anda marah dan tersinggung.

ü  Sakit perut atau mual

Seseorang yang ingin  bertemu dengan orang lain atau  tampil pada suatu acara,  jika mereka tidak memiliki kepercayaan diri, hal yang sering terjadi adalah   dia merasa mulas  atau sakit perut  atau mual. Bila  anak Anda merasa seperti hal tersebut,  dia memiliki rasa percaua diri yang kurang sehingga saat akan  atau sedang bertemu dengan orang lain  ada reaksi  yang seperti itu.

ü  Malas diajak bertemu orang lain

Jangan remehkan jika buah hati Anda malas untuk diajak  bertemu atau berkumpul dengan  teman sebayanya ataupun dengan orang lain yang lebih tua dari dirinya. Anak yang cenderung malu dan juga malas jika diajak bertemu dengan orang lain atau bahkan dengan anggota keluarganya, hal ini  adalah tanda-tanda  dia  tidak percaya diri.

ü  Merasa bodoh dan sering menyebut dirinya bodoh

Anak yang pemalu dan tidak percaya diri, kadang dia juga menyebut dirinya bodoh dan  merasa sangat bodoh dihadapan temannya, hal  ini menunjukkan dia  kurang percaya diri.

Anda dapat melakukan banyak hal-hal  yang mudah untuk membantu mendorong  anak pemalu menjadi lebih  percaya diri. Anda bisa membantu anak  merasa percaya diri sejak dini secara bertahap. Hal ini bisa  dimulai dengan mengundang salah satu teman buah hati Anda di rumah, kemudian lebih banyak teman, lebih banyak waktu dan kemudian bantu si kecil bermain di luar rumah. Semua  orang tua memiliki harapan untuk anak-anak mereka tidak pemalu dan bisa beradaptasi dengan  lingkungan sekitar dengan mudah tanpa rasa minder. Kadang jika salah satu atau kedua orang tua pemalu, sedikit cemas atau kurang percaya diri, mereka juga akan memiliki anak yang memiliki sifat pemalu dan tidak percaya diri. Anda perlu menunjukkan kepercayaan sosial untuk anak-anak  jika  Anda ingin mereka menjadi percaya diri secara sosial. Jika Anda selalu hidup dengan rasa malu, maka  buah hati Anda juga demikian.

Kelompok bermain, pesta dan  acara tertentu memberikan kesempatan yang baik bagi anak-anak untuk membuat langkah ke dalam dunia sosial, tetapi mereka akan membutuhkan dukungan dari Anda pada awalnya, yang berarti Anda akan harus bertemu orang-orang dan pergi ke berbagai tempat dengan mereka. Jadi, membantu anak Anda untuk keluar dari  rasa malu dan menumbuhkan rasa percaya diri mereka adalah  hal yang penting bagi Anda sebagai orang tua. Lebih baik untuk membantu anak-anak pemalu menghadapi masalah mereka, bukan untuk bersembunyi dari kekurangan  buah hati. Jangan sengaja menjauhkan mereka dari situasi sosial atau mencoba untuk melindungi mereka dari dunia Anak-anak pemalu dan kurang percaya diri biasanya lebih bahagia di wilayah rumah, jadi itu adalah ide yang baik untuk awalnya mengundang satu atau sebagian kecil teman-temannya  di tempat Anda agar si kecil bisa bersosialisasi dengan mereka.

Memiliki anak  yang kurang percaya diri atau pemalu bukanlah  masalah yang sulit untuk mnegubahnya. Beri mereka waktu dan ruang untuk didengarkan, terutama jika ada banyak suara yang terjadi di rumah Anda.  Anda harus bersabar dan empati terhadap apa yang diungkapkan oleh si kecil yang penalu tersebut.  Jika  si kecil benar-benar takut  bertemu dengan orang lain bahkan dengan  keluarganya sendiri, cobalah untuk mendampingi dia terlebih dulu saat bertemu dengan orang lain. Jangan putus asa saat si kecil menangis, marah atau bahkan mengurung  diri beberapa  saat setelah bertemu dengan orang lain. Anda bisa terus  mengenalkan orang lain kepada si kecil dengan cara yang halus  agar  dia lebih nyaman berada di lingkungan baru. Sebenarnya bukan hanya orang tua saja yang merasa malu atau tidak percaya diri. Namun  balita pun juga mengalami hal yang sama ketika mereka  bertemu dengan orang yang belum dikenalnya.

Kesabaran  Anda untuk membantu si kecil menjadi pribadi yang percaya diri bisa  Anda lakukan  sejak dini. Sekalipun si kecil masih berusia 1 tahun, namun  bantulah dia untuk menjadi pribadi yang percaya diri, hal ini sangat  penting untuk masa depan dia sendiri. Semakin dewasa maka semakin banyak tantangan yang dihadapi si kecil. Anda bisa membentuk kepercayaan diri pada  anak sejak  mereka masih belia agar nantinya mereka  percaya diri dimanapun dia berada.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang