CORAT CORET JILID 2

  1. Banyak orang takut membuka toko retail, persaingan ketat, apalagi banyak raksasa di bidang retail dengan promo2 yang menakutkan. Yang kecil2 pun cabe rawit dengan jaringan yang mengerikan. Lalu harus bagaimana ? Ini ada beberapa hal yang mudah2an bisa menghibur:
  • TIDAK SEMUA barang di promo. Lalu kalau di promo gimana? Ya tiarap. Jangan  jual barang itu. Toh misal yang di promo misal minyak 2 liiter, ya anda jual yang lain yang 1 liter.
  • TIDAK SEMUA vendor ikut promo. Gak kuat. Margin vendor yang ikut promo itu pasti tergerus. Itu raksasa retail Cuma sedia tempat. Yang nanggung promo nya vendor. Jadi gak mungkin mereka semua mau ikut promo. Bahkan ada yang policy nya hanya main di tradisional market.
  • Dari sudut pandang supplier, mensupply toko kecil lebih enak. Margin lebih besar, lebih gak bisa menuntut, dan bayarnya kadang harus kontan (pengertian kontan itu tergantung barangnya, tapi kalau barang supermarket itu biasanya ya paling lama 1 minggu). Cuma ya anda harus ikut minimum quantity saja. Soalnya mereka pasti juga punya syarat untuk kirim
  • Anda hidup dari remah2. Anda jadi toko pojok jaman dulu. Jalanan macet. Memang anda jangan terlalu berharap mereka belanja bulanan di toko pojok, tapi untuk sehari2 mereka mending ke tempat anda. Mereka cari yang dekat2 untuk 1 2 item yang mereka kehabisan atau lupa beli. Kalau yang belanja utama ya anda harus relakan ke yang besar2. Itu jatah makan mereka. Tapi ya setiap orang ada rejekinya sendiri2.
  • Retail is detail. Meski banyak retail raksasa ada spg nya, tapi ya namanya aja toko retail pojokan, ya anda sendiri yang mesti nguasai produk. Byk sales yang gol setelah anda memberikan penjelasan yang memuaskan. (baca: materi pelatihan spg, 3 hal yang perlu dikuasai, produk knowledge, communication skill dan character consumen) https://www.maureenbabymart.com/materi-pelatihan-spg-maureen-baby-mart-short-version/
  1. Mengenai 4p: (produk, price, place, promotion)
  • Tidak usah melihat harga tetangga. Anda kerja harusi untung. Tentukan harga jual anda sendiri. Pertama untuk survive. Kedua untuk anda punya kelangsungan hidup. Tidak usah lihat harga tetangga. Ikut banting2an yang rugi anda sendiri. Gak untung malah buntung. Yang penting harga anda fair.
  • Fair price itu orang gak suka biasanya tapinya. Anda gak bisa cepat kaya. Tapi aman. Anda Cuma kalah kalau raksasa2 itu promo. Ya apa boleh buat. Tiarap aja. Tapi aman. Begitu gak promo, ya anda normal. Namanya aja anda hidup dari remah2 dan kebaikan langganan anda yang masih setia berbelanja di tempat anda.  He he he. Toh gak tiap hari mereka promo.
  • Produk untuk retail 11 12. Alias mirip2. Itu garis besarnya. Garis kecilnya ya anda punya toko harus punya karakter. Misal mini market. Meski jual segalanya, tapi ada yang spesialis masing2. Space kita terbatas. Main di bidang yang anda pasti menang aja dalam harga. Kenapa harga. Percayalah. Sebagai bapak rumah tangga mungkin anda gak teliti soal harga, tapi dengan situasi skarang, ibu2 teliti sekali harga.
  • Sosmed skrg bisa menggantikan media konvensional. Katanya lbh murah. Tapi untuk menghidupkan sosmed anda, itu ya gak murah, ya gak gampang, saingan di google atau sosmed sangat ketat. Tapi tetep lebih murah dari pada promosi di media konvensional tentunya. So be patient
  • Kalau toko kecil, korbankan aja display. Ga mungkin display kayak toko besar. Yang penting yang di toko telaten melayani customer anda. Mencarikan apa yang di perlukan. So placement di toko kecil tidak terlalu significant. Layani yang masuk ke toko dengan baik. Mau suruh orang masuk ke toko pojok dengan space yang terbatas itu tidak mudah. Itu kesulitan toko yang baru buka. Hargai mereka yang sudah masuk.
  1. Hal2 yang tidak menghibur pun harus saya utarakan, biar ada persiapan:
  • Anda kalah harga pasti sama pemain lama (mereka menang jaringan), anda juga kalah sama pemain besar (mereka menang harga), repotnya kalau anda bertetangga dengan pemain lama dan besar, itu mengerikan. Ya sekali lagi anda hidup dari kebaikan customer anda yang dengan setia berbelanja di tempat anda. Layani mereka dengan baik.
  • Harga anda harus sama dengan pemain lama. Kenapa harus sama? Kok gak di bawahnya? Itu anda gak selamet kalau harga di bawahnya. Mereka untung lebih besar karena pengambilan mereka lebih besar, anda sudah kalah harga beli. Secara fresh, barang mereka lebih fresh, karena customer mereka lebih banyak, jadi ya gimana ya, ya lebih baru, anda ambil kecil kemungkinan bisa nyamain mereka, jadi ya be patient.
  1. Plus minus buka pake brand anda sendiri:
  • Bebas biaya fraincais dan anda punya kontrol lebih besar. Gagang pisau di tangan anda.
  • Tapi ya itu, lihat no 1 2 dan 3 yang saya tulis di atas tadi, harus siap
  • Tapi kalau berhasil, anda akan tersenyum
  • Kalau gagal ? ya gak apa apa, masi muda, balek kantor lagi mudah2an masih bisa.
  1. Working with passion means working hard. Itu lah yang saya ketahui. Anda jika memang itu kesukaan anda, anda tidak keberatan kerja 12 jam sehari. Itu karena anda tidak sanggup bayar karyawan di awal buka toko. Jadi working with passion itu perlu, but karena itu passion anda, anda tidak keberatan working hard. Gak terasa. Kerja with passion berarti bukan kerja yang anda sukai lalu santai kerjanya.

Tulisan ini bertujuan untuk menyemangati saya juga. Tulisan ini juga di tulis karena yang corat coret jilid 1 banyak yang mengappresiasi. Sayang saya gak punya s2. Mudah2an suatu saat bisa dapat s2 dan bisa memberikan materi kepada orang yang membutuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang punya mimpi dan tidak ada bayangan apa yang di hadapi. Semoga terwujud mimpinya. Amin

(Semua berawal dari mimpi) (kalau butuh motivasi baca tulisan saya dari beras menjadi nasi goreng) https://www.maureenbabymart.com/dari-beras-menjadi-nasi-goreng/

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang