CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

Tulisan ini lebih di tujukanbagi para pemilik usaha.  Apa arti CSR dapat anda lihat di Wikipedia atau search di google.

Secara singkat, csr itu merupakan suatu bentuk keperdulian suatu badan usaha akan lingkungan di sekitarnya. Model bisnisnya sudah tidak memikirkan diri nya sendiri, tetapi merupakan suatu bentuk win win solution bagi dirinya, bagi orang lain dan juga bagi lingkungan di sekitarnya.

Tujuan sebuah bisnis tidaklah melulu membuat keuntungan. But socially responsible.  Itulah inti dari CSR. Socially responsible dapat dilakukan dalam berbagai wujud dari yang paling kecil sampai paling besar. Misal saja yang bisa kita lakukan adalah penggunaan email sebagai ganti kertas, lampu hemat energy dll. (go green)

Tentu saja banyak perwujudan CSR yang lain seperti donasi kepada badan amal, atau yayasan tertentu misal aja seperti pembinaan atlet2 seperti yang di lakukan sebuah pabrik rokok di Indonesia. (Padahal bisnisnya bisnis rokok, sesuatu yang merusak kesehatan) Atau mungkin perlindungan hewan dan tumbuhan. Banyak keperdulian social yang dapat kita lakukan sebagai bagian dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat dan negara ini tentunya. Masih banyak orang di Indonesia dan di dunia ini yang membutuhkan uluran tangan kita. Jadi ladangnya amalnya masih sangat banyak, meski pemainnya sedikit.

Tidak melanggar hokum pun itu merupakan bentuk keperdulian kita, misal saja mendapatkan gelar taat pajak.

Jika pajak dipercaya dapat mengentaskan kemiskinan, jika entrepreneurship di percaya bisa memberikan pekerjaan bagi banyak orang sehingga mengentaskan kemiskinan, saya percaya bahwa CSR dapat melakukan lebih dari itu karena scope nya yang sangat luas

Tentu saja bisnis anda bukan bisnis yang aneh2 seperti bisnis perjudian, pelacuran dan narkoba. Karena bisnis tersebut selain memberikan dampak negatif,  CSR merupakan sesuatu yang bertolak belakang dari nature bisnis tersebut.

Semoga artikel ini menggugah banyak pemilik usaha untuk mulai memasukkan CSR sebagai bagian dari bisnis mereka dan merasakaan manfaatnya meski tidak langsung.

Semoga nasehat rohaniawan dimana kekayaan seseorang tidak di tentukan dari seberapa banyak yang dia miliki, tetapi seberapa banyak yang dia berikan kepada sesamanya juga menjadi spirit dari CSR ini sehingga CSR tidak menyimpang dari tujuan aslinya, dan bukan sekedar menjadi window dressing.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang