DARI DISTRIBUTOR MENJADI MAKELAR, WHY NOT ?

Dari distributor menjadi makelar, Why not ?

Dari distributor menjadi makelar merupakan tulisan saya yang menyingkapi perubahan di sistim distribusi. Distributor itu perantara antara pabrik dan toko baik retail maupun grosir. Sedangkan trend nya adalah memperpendek rantai distribusi. Meski tidak mati, distributor sudah kehilangan masa keemasannya.

Tidak mudah menjadi seorang distributor. Selain kekuatan modal untuk bank garansi, stok barang, dan uang perputaran, seorang distributor harus mempunyai kekuatan jaringan. Dan ini yang tidak semua orang miliki. Jaringan adalah asset terbesar seorang distributor. (Data outlet)

Pada jaman sekarang ini, dimana bagi merek2 yang sudah jalan, goodwill dari pabrik semakin diragukan di mana mereka ingin membuka jaringan distribusi sendiri. Itulah menurut sudut pendapat saya, merek baru sekarang susah jalan kalau tidak di dukung dengan dana kampanye yang besar. Karena distributor biasanya di depak kalau merek sudah jalan, jadi biasanya distributor papan atas sudah enggan menjalankan merek lagi. Bahkan policy mereka sekarang malah merebut merek yang sudah jalan. Biar tidak repot2.

Seperti yang saya sebutkan di atas, kekuatan seorang distributor terletak pada jaringannya, bukan pada pabrik. Dari distributor menjadi makelar merupakan kenyataan yang harus di terima distributor, sebesar apapun dia. Sebenarnya lebih enak jadi makelar, tidak perlu bank garansi, tidak pusing di target yang tiap tahun tumbuh 30%, tidak perlu pusing menjalankan semua item di daerahnya, tidak pusing mengatur sales dll. Cuma kelemahannnya, ya seorang makelar harus di tangani sendiri, jadi bisnisnya mengandalkan kekuatan individu, bukan system.

Makelar adalah trading company. Dan kalau sudah memiliki jaringan dari hulu ke hilir yang kuat,modal yang kuat, dan informasi yang up to date, kita bisa menjadi makelar. Kita beli dengan harga promo, kuantitas besar, tekan harga, kemudian kita “ngecer” atau jual dalam kuantitas lebih kecil.

Tidak menutup kemungkinan bagi seorang salesman yang berpengalaman, asal mau kerja keras, dan keberanian, menjadi seorang makelar (jadi pengusaha). Modal yang harus di siapkan ya mobil box buat mengirim , rumah yang ada garasinya buat menaruh barang, dan modal untuk setidaknya 3 transaksi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menumbuhkan pengusaha2 baru.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang