Diet sesudah melahirkan

 

Kegelisahan yang timbul akibat kenaikan berat badan yang cukup significan pasca melahirkan adalah hal yang wajar bagi ibu yang baru melahirkan karena selain jauh dari bentuk tubuh ideal, juga timbul perasaan yang membuat ibu-ibu tidak nyaman.

Hal ini tidaklah mudah karena selain beradaptasi dengan situasi yang baru, ibu-ibu juga disibukkan dengan mengurus momongan yang baru.

Beberapa hal yang dapat dilakukan agar tubuh dapat kembali seperti semula adalah:

  1. Pola makan yang sehat. Hindari diet yang terlalu ketat, pilih jenis makanan yang bernutrisi tinggi, namun rendah kalori dan lemak disertai dengan susu yang kaya kalsium untuk memperkuat tulang anda. Minum air putih yang cukup juga membantu terutama menghindarkan anda dari kebiasaan ngemil.
  2. Menyusui. Amat baik untuk bayi anda karena memberikan gizi yang seimbang dan kekebalan tubuh, asi juga membat tubuh anda kembali ke kondisi semula karena menyusui membutuhkan energi yang cukup besar.
  3. Olah raga. Olah raga ringan  dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan menjaga kekuatan otot dan tulang. Hindari olah raga yang berat atau high impact.
  4. Istirahat yang cukup. Meski sulit, istirahat yang cukup di perlukan untuk memulihkan kondisi tubuh anda. Sulit karena bayi yang perlu lahir memerlukan perhatian extra seperti menyusui dan mengganti popok.
  5. Konsultasi dengan dokter untuk mendapat nasihat yang tepat akan berat badan ideal yang dapat anda turunkan secara bertahap dan nutrisi yang di perlukan dan tipe olah raga yang dapat anda lakukan.

Beberapa hal yang harus di ingat adalah kapan waktu yang tepat dan berapa lama waktu yang di butuhkan untuk menurunkan berat badan. Idealnya 2 – 3 bulan setelah melahirkan dimana tubuh dan rahim telah pulih dari proses melahirkan.  Dan jangan mengharapkan hasil instant. Diperlukan sekitar 9 – 12 bulan idealnya agar tubuh dapat kembali ke kondisi semula.

Hal-hal lain yang perlu di ingat adalah bagaimana proses kehamilan (normal atau operasi), berat badan sebelum dan sesudah melahirkan, serta memberi asi atau tidak. Ibu yang melahirkan secara normal, biasanya pemulihan kondisi tubuhnya lebih cepat. Ibu yang mengalami kenaikan badan sekitar 15 kg, di harapkan bisa menurunkan berat badan secara bertahap lebih cepat dari pada ibu yang mengalami kenaikan badan di atas 20 kg. Dan wanita yang memberikan asi di harapkan dapat lebih mudah menurunkan berat badan sesudah melahirkan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang