GEJALA AWAL KEHAMILAN, APA SAJA

Apa yang anda rencanakan setelah menikah, bekerja ataukah ingin memiliki anak? Sebagian orang memang menggangap bahwa setelah pernikahan mereka harus memiliki anak, namun tidak  jarang wanita yang telah   menikah justru ingin berkarier dan menunda kehamilannya. Bagi    pasangan yang telah menikah memang merencanakan memiliki anak harus dilakukan dengan  matang, hal ini tentu berhubungan dengan  keuangan anda dan  masa depan calon buah hati.  Tentunya memiliki anak adalah dambaan setiap pasangan yang telah menikah namun menentukan yang terbaik untuk buah hati juga. Kehamilan bisa  ditunda namun kehamilan tersebut juga bisa direncanakan dengan indah pula.

Seorang wanita  yang  ingin cepat memiliki anak, mungkin dia  akan merencanakan kehamilannya beberapa saat setelah pernikahan. Kehamilan  memang waktunya tidak sama   antara satu wanita dengan wanita lainnya. Ada yang baru menikah dan dia bisa segera hamil namun ada juga yang   sudah lama menikah tapi belum juga dikarunia  anak. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang bisa segera hamil dan   tidak segera hamil. Waktu kehamilan tersebut  memang tidak sama  seperti halnya dengan gejala kehamilan pada wanita. Setiap wanita yang hamil memiliki  gejala yang berbeda  namun ada kalanya gejala tersebut juga memiliki kesamaan. Kehamilan merupakan suatu periode  ketika seorang wanita mengandung embrio pada rahimnya.

Embrio yang ada didalam kandungan wanita itulah yang sangat ditunggu-tunggu oleh  setiap pasangan yang telah menikah. Bagi sebagian wanita yang belum pernah hamil, mereka mungkin belum mengetahui apa dan bagaimana gejala   kehamilan tersebut?  Bila seorang wanita yang sudah menikah mengalami beberapa hal yang tidak seperti biasanya maka dia  bisa   memeriksakan diri pada dokter. Namun kadang banyak wanita yang mengetahui gejala kehamilan mereka dari siklus menstruasi yang dialaminya. Cara paling awal dari seorang wanita yang ingin mengetahui gejala kehamilan  biasanya dilakukan oleh tes urine  yang bisa dilakukan dengan beberapa alat untuk pengetesannya.

Selain itu tes darah pun juga dilakukan untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil atau tidak. Kehamilan tersebut ditandai dengan diproduksinya hormone  Human Chorionic Gonadotropin atau yang sering disebut   hormone Hcg. Pendeteksian  hormone   tersebut bisa dilakukan pada darah seorang wanita. Selain hal demikian, ada pula wanita yang mengetahui gejala kehamilannya dengan  melakukan  tes kehamilan. Tes kehamilan ini memang menajdi cara yang  paling umum bahkan hanya dengan melakukan  tes  kehamilan melalui alat tertentu saja yang bisa dibeli di  apotek maka seorang wanita bisa  mengatakan dan yakin bahwa dia bisa hamil. Gejala kehamilan  seperti mual atau muntah juga menjadi gejala   yang paling umum dari   kehamilan tersebut.

Rasa mual yang disebabkan oleh   peningkatan hormone tertentu seperti hormon HCG akan menyebabkan  rasa   yang  paling pedih  pada lapisan perut  sehingga akan timbul  rasa mual-mual.   Rasa mual   tersebut  akan diikuti oleh  susah buang air besar  dan juga susah buang air kecil yang   menimbulkan rasa tidak nyaman.  Gangguan  tersebut  disebabkan oleh  otot dinding usus yang mengalami  pengenduran sehingga menggangu proses pengeluaran  kotoran dan air seni.   Wanita yang mengalami kehamilan awal mereka juga akan  menjadi lebih sensitive  seperti kesensitifan pada hidungnya.  Rasa sakit kepala  dan sakit punggung pun sering dialami oleh wanita yang  mengalami gejala kehamilan. Wanita yang mengalami kehamilan, mereka juga mengalami perubahan fisik  yang mudah diketahui.  Payudara wanita yang mengalami kehamilan  akan menjadi lebih besar dan   pada bagian areola akan menghitam dengan sendirinya.

Sebagai awal kehamilan maka  pembuluh darah  juga akan mengalami  perubahan dengan  bertambah banyaknya  pembuluh darah  pada bagian dada. Inilah tanda saat awal kehamilan seorang wanita yang  bisa dideteksi dengan mudah. Pembesaran payudara pada wanita yang mengalami kehamilan ini   menyebabkan hormone dalam tubuh kadarnya menjadi semakin tinggi. Beberapa bagian tubuh selain payudara juga mengalami  pembesaran dan pembengkakan seperti halnya  pantat, perut maupun paha. Selama seorang wanita mengalami kehamilan   normal maka rahim akan tumbuh menjadi berlipat-lipat atau  bahkan ratusan kali lebih  banyak   dibandingkan sebelum mereka hamil. Beberapa wanita yang mengalami kehamilan,dia akan  mengalami peregangan pada ligament panggulnya  karena hal  ini akan berhubungan dengan ruang  pertumbuhan janin.

Seorang wanita yang sedang hamil, saat kehamilan pertama maka dia ingin  makan makanan tertentu.  Jika anda tiba-tiba merasa kelaparan dan ingin mengkonsumsi buah-buahan atau  anda ingin makan sayur-sayuran maka    inilah gejala kehamilan anda. Perkembangan janin kadang membutuhkan    vitamin tambahan seperti vitamin C, garam maupun zat besi. Dibarengi dengan keinginan makan  makanan tertentu tersebut, seseorang yang hamil juga  memiliki nafsu makan yang berlebih namun  ada juga wanita hamil yang justru mengalami nafsu makan yang menurun bahkan dia akan merasa malas untuk menyentuh makanan  tertentu.  Mungkin ini adalah gejala yang  paling banyak dialami wanita saat awal kehamilannya namun  gejala paling  umum dan banyak dialami oleh wanita adalah terlambat datang bulan.

Sayangnya bila sebagian besar wanita hanya mengira bahwa terlambat datang bulan tersebut adalah  gejala  kehamilan padahal  terlambat datang bulan tersebut  tidak semuanya karena gejala kehamilan.  Terlambat datang bulan kadang  dipengaruhi oleh   kondisi seseorang yang mengalami stress, gangguan hormone ataupun karena  masalah kesehatan lainnya. Seseorang yang mengalami hamil muda  akan menjadi lebih emosi  atau sangat sensitif.   Kadang tanpa  sebab apapun  wanita yang hamil akan mudah marah dan sangat sensitif. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hormone yang baru pada tubuh sehingga mempengaruhi hormone lainnya.

Gejala kehamilan  bisa anda ketahui    dengan mudah, bila anda   masih pertama kali mengalami kehamilan maka anda bisa mencari informasi  di internet atau pada rekan yang  pernah hamil dna melahirkan. Tanda-tanda kehamilan tersebut bisa menjadi awal bagi anda untuk menjaga kondisi janin. Bila   gejala kehamilan tersebut bisa diketahui dan dipastikan  maka anda bisa segera melakukan pemeriksaan pada janin.  Jika anda masih ragu   maka  anda bisa datang pada dokter  kandungan untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak.  Setelah anda benar-benar hamil maka  anda bisa melakukan langkah  selanjutnya  untuk menjaga janin dan memberikan yang terbaik kepada kandungannya. Kehamilan   menjadi hal yang sangat diharapkan oleh pasangan suami istri dan saat mengetahui gejalanya anda bisa  melakukan tindakan terbaik untuk calon buah hati anda.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang