HATI HATI INFEKSI JAMUR PADA BAYI BISA MENULAR

Infeksi jamur, apakah bisa menular pada bayi Anda? Infeksi  jamur  bisa terbentuk pada puting susu atau payudara Anda karena berkembang pada susu. Bentuk infeksi  ini terjadi dari pertumbuhan berlebih oleh organisme candida. Candida biasanya ada dalam tubuh Anda dan disimpan pada tingkat yang sehat dengan bakteri alami dalam tubuh. Ketika keseimbangan alami dari bakteri mengalami masalah,  candida bisa tumbuh dengan cepat dan menyebabkan infeksi. Tanda utama dari infeksi jamur pada puting susu atau payudara adalah jika Anda merasakan puting  yang sakit yang berlangsung lebih dari beberapa hari. Infeksi ini bisa   menular pada bayi Anda ketika Anda menyusui bayi. Beberapa tanda-tanda lain dari infeksi jamur  biasanya   berwarna merah muda, bersisik, mengkilap dan  gatal.

Infeksi jamur  yang terjadi pada bayi bisa disebabkan karena berbagai alasan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan infeksi jamur  pada bayi antara lain karena  Anda memiliki lingkungan yang terlalu lembab. Infeksi juga dapat terbentuk dalam mulut bayi Anda saat  bayi melakukan kontak dengan puting Anda. Infeksi jamur pada bayi muncul sebagai bintik-bintik putih kecil di bagian dalam pipi, gusi, atau lidah. Infeksi jamur pada bayi juga dapat muncul sebagai ruam popok yang terlihat seperti titik-titik merah kecil di sekitar ruam. Ruam ini tidak akan hilang dengan menggunakan salep ruam popok biasa.

Penyebab Infeksi jamur

Mengetahui  beberapa jenis  infeksi jamur  pada bayi Anda dapat membantu mengobati infeksi tersebut secara efektif. Infeksi jamur yang menandakan adanya lebih dari satu jamur dan  dapat ditemukan di berbagai bagian tubuh termasuk rambut, kulit, kuku, selangkangan, dan kaki. Infeksi jamur kulit yang disebabkan oleh beberapa jenis jamur, atau pertumbuhan berlebihan dari jenis yang biasanya tidak berbahaya. Infeksi  jamur pada kulit bayi  biasanya mempengaruhi kulit beberapa bagian tubuh.

Kebanyakan infeksi jamur dapat diobati secara efektif. Kulit lembab mendorong infeksi jamur kulit lebih parah dan infeksi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius pada bayi Anda. Infeksi jamur kulit dapat menyebar dari orang ke orang  demikian juga  pada bayi. Kontak dengan seprai atau handuk dan barang-barang pribadi seperti sisir juga dapat menyebarkan infeksi jamur. Jika Anda mengalami infeksi jamur pada kulit dan sering bersentuhan dengan si kecil, hal ini juga bisa menjadi penyebab utama  bayi Anda mengalami  infeksi jamur.

Gejala infeksi  jamur pada bayi

Infeksi jamur bervariasi tingkat keparahannya pada  masing-masing bayi. Beberapa tanda-tanda yang paling sering terlihat diantaranya adalah kulit yang mengupas, kulit bersisik, kemerahan, melepuh, dan gatal-gatal, kulit terbakar atau keduanya. Beberapa gejala yang sering terjadi pada  hampir semua bayi adalah gatal, lecet atau  kulit yang terbakar pada lipatan paha  hingga kulitnya mengelupas. Infeksi jamur dapat terjadi di daerah tubuh yang berbeda, beberapa tanda-tanda infeksi pada  lipatan kulit termasuk ruam, benjolan berjerawat, gatal, dan pembakaran pada kulit.  Infeksi jamur  bayi yang terjadi di kuku bisa menimbulkan rasa sakit, nanah, kuku putih atau kuning yang bisa mengarah pada  pembengkakan. Tanda-tanda infeksi jamur lainnya pada bayi termasuk bercak putih di dalam pipi dan lidah serta  rasa nyeri.

Pengobatan untuk Infeksi jamur

Ada beberapa krim yang berbeda dan lotion yang dijual dipasaran untuk mengobati infeksi jamur pada bayi Anda. Perawatan  terbaik berupa  resep dapat direkomendasikan setelah kunjungan ke dokter.  Selain itu jangan lupa untuk memandikan bayi secara teratur dan mengganti pakaian  bayi yang kotor, hal ini dapat membantu meringankan gejala dan mencegah infeksi jamur agar tidak menyebar. Infeksi jamur dapat bertahan  beberapa minggu saat penyembuhan sehingga sangat penting untuk mencegahnya agar tidak menyebar. Anda juga bisa memberikan pengobatan antijamur topikal langsung ke kulit  bayi Anda di area yang terinfeksi.

Ada berbagai perawatan yang tersedia dalam bentuk krim, lotion, bedak  maupun obat. Beberapa perawatan yang tersedia di apotek bisa Anda beli untuk si kecil,  tapi sebelum memberikannya pada bayi,  perhatikan petunjuk penggunaan  atau bertanya langsung pada apoteker tertang dosis produk yang Anda beli tersebut. Jika infeksi mencakup daerah yang cukup besar  pada kulit Anda, atau mempengaruhi kuku atau kulit kepala, dokter dapat memberikan resep untuk  penanganan yang lebih baik dari infeksi ini. Perawatan ini biasanya efektif, namun kadang resep dari dokter dapat menyebabkan efek samping yang mungkin termasuk iritasi kulit untuk perawatan topikal atau sakit perut untuk obat-obatan oral.

Anda biasanya akan disarankan untuk tetap menggunakan pengobatan topikal selama dua minggu setelah gejala hilang. Jika Anda membeli obat  antijamur di apotik, Anda perlu memastikan bahwa  si kecil benar-benar memiliki infeksi jamur. Kadang-kadang ruam baru mungkin terlihat seperti infeksi jamur  yang didiagnosis sebelumnya. Tetapi jika ada keraguan tentang diagnosis Anda, atau jika produk perawatan yang Anda beli di apotik tidak bekerja, hubungi dokter  untuk mengatasi  infeksi jamur  pada bayi Anda. Selain mengobati, langkah yang  tepat adalah melakukan pencegahan terhadap jerawat yang  terjadi pada  buah hati Anda.

Beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi infeksi  jamur pada bayi diantaranya:

  • Kenakan bra bersih setiap hari
  • Cuci tangan Anda sesering mungkin dan cuci tangan bayi Anda terutama jika ia mengisap jari-jarinya.
  • Rebus  dot botol  bayi atau mainan bayi yang sering ditempatkan dalam mulutnya sekali sehari selama 20 menit untuk membunuh  jamur penyebab infeksi.
  • Rebus setiap hari selama 20 menit pompa payudara yang menyentuh susu Anda
  • Pastikan anggota keluarga lainnya bebas dari infeksi jamur  agar tidak menular pada bayi Anda
  • Keringkan kulit  bayi Anda dengan hati-hati setelah mandi
  • Kenakan  bayi pakaian longgar dan celana  longgar
  • Pakaikan bayi  kaus kaki katun dan celana serat alami untuk memungkinkan kulit  bayi Anda untuk bernapas
  • Hindari  berbagi handuk, sikat rambut, dan sisir  pada bayi Anda
  • Cucilah sprei dan pakaian bayi sesering  mungkin untuk menyingkirkan spora jamur

Dengan cara-cara di atas maka Anda bisa memastikan si kecil akan baik-baik saja dari infeksi jamur. Infeksi jamur sangat mudah  menular,  jika  Anda tidak waspada maka si kecil akan mudah sekali terkena infeksi tersebut. Langkah terbaik adalah mencegah  jamur berkembang dengan cara-cara di atas.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang