IBU HAMIL, NUTRISI APA SAJA YANG DI BUTUHKAN ?

Anda menunggu masa kehamilan, atau  Anda sedang hamil saat ini? Pastinya   menunggu si buah hati adalah hal yang sangat menyenangkan,  tapi juga cuup mengkahwatirkan buat  calon ibu.  Saat hamil memang bisa dikatakan adalah waktu yang  sangat penting untuk menjaga  dan  membuat  pertumbuhan  janin    lebih baik. Konsumsi makanan  bukan hanya untuk diri Anda sendiri,  namun  calon bayi juga butuh nutrisi.  Konsumsi  Anda akan  bertambah karena pertumbuhan janin yang semakin besar.   Saat kehamilan itulah Anda perlu memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan bagi diri Anda sendiri  maupun  bagi  janin. Asupan makanan yang kurang pada ibu hamil akan berpengaruh pada kondisi janin juga.

Anda harus ingat bahwa saat hamil bukan  hanya Anda yang butuh asupan nutrisi, ada  janin yang harus mendapatkan asupan makanan yang cukup  sehingga  kebutuhan nutrisi pun juga harus dipenuhi.   Bagi ibu hamil yang mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan makanan yang sehat dan seimbang, dia akan  terhindar dari risiko  kesehatan  bagi dia sendiri maupun bagi janinnya.  Ada cukup banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Beragam nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan  sangat tepat jika Anda mengolahnya sendiri di rumah. Makanan yang diolah sendiri  jauh lebih sehat dan   tidak mengandung bahan pengawet atau bahakn kimia lainnya seperti halnya makanan cepat saji.

Saat trimester pertama memang kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil tidak sebanyak pada trimester berikutnya. Namun,  jika kebutuhan nutrisi tersebut tidak  dipenuhi,  hal ini akan beresiko terhadap   kelahiran bayi prematur bahkan bisa menimbulkan kematian pada bayi.  Kebanyakan yang dialami oleh ibu hamil saat  kehamilan tersebut adalah kekurangan zat besi sehingga sering  mengalami anemia. Anemia ini bisa terjadi jika asupan asam folat  kurang, jika hal ini dibiarkan maka bisa menimbulkan  keguguran. Sebenarnya  semua masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah  jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang  bisa didapatkan dalam bentuk sayuran dan  sumber makanan lainnya.

Berikut  beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh itu hamil.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat sangat dibutuhkan  oleh ibu  hamil  untuk  menambah  tenaga atau sebagai sumber kalori  yang utama.  Karbohidrat juga  berpengaruh  bagi pertumbuhan janin, mencega  terjadinya   sulit buang air besar dan juga  wasir.  Untuk mendapatkan  karbohidrat yang cukup saat hamil, Anda bisa mengkonsumsi  nasi, roti,  pasta dan juga serealia. Namun,  waspadai juga konsumsi karbohidrat yang berlebih, hal ini  akan berakibat tidak baik  bagi kesehatan Anda dan janin, cukup konsumsi karbohidrat sesuai  yang dianjurkan saat  Anda hamil.

  1. Protein

Sama halnya dengan  kebutuhan karbohidrat, mencukupi kebutuhan  protein   juga penting bagi ibu hamil.  Saat hamil Anda butuh protein untuk   membantu pembentukan  jaringan  baru,  pembentukan plasenta dan juga untuk mendukung  pertumbuhan  janin.  Kebutuhan  protein tersebut bsia Anda penuhi dengan mengkonsumsi   susu,  ikan  dari tuna, teri,  putih telur dan juga  sayuran.

  1. Asam folat

Semasa hamil kebutuhan akan asam folat sangat penting bagi  Anda, asal folat ini  disebut juga dengan   vitamin B9. Dengan mengkonsumsi vitamin B9 yang cukup  maka  sel darah merah akan diproduksi dengan normal selain itu  vitamin ini juga membantu untuk   memperbaiki DNA.  Anda bisa mengkonsumsi  asam  folat tersebut pada  saat trimester pertama  untuk mencegah bayi lahir cacat. Saat trimester pertama maka sumsum tulang belakang mulai terbentuk dan membutuhkan  asam folat yang cukup.  Kecacatan  pada  bayi  sering disebabkan pada tahap awal kehamilan, karena itu cukupi kebutuhan asam folat  saat kehamilan Anda.

  1. Magnesium dan kalsium

Kalsium dibutuhkan saat hamil untuk membantu   mengurangi risiko preeklamsia dan juga untuk menjaga tekanan darah  agar tetap normal.  Sedangkan  Anda juga harus memenuhi kebutuhan magnesium selama hamil  untuk menjaga fungsi  jantung dan juga mengurangi jantung yang mudah berdebar.

  1. Lemak

Lemak   dibutuhkan saat kehamilan Anda untuk  membantu pertumbuhan dan juga perkembangan janin.  Dengan mengkonsumsi lemak yang dibutuhkan saat kehamilan maka  tenaga ibu hamil menjadi stabil  atau tidak mudah capek.   Saat  kehamilan Anda mencapai  akhir trisemester  ketiga maka  Ada akan menyimpan lemak untuk persiapa menyusui  setelah Anda melahirkan.

  1. Zat besi

Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil berikutnya adalah zat besi,  zat ini  diproduksi oleh tubuh sekitar  50%  lebih selama kehamilan  Anda untuk  membantu pertumbuhan janin maupun plasenta.  Secara alami Anda membutuhkan  asupan zat besi saat hamil tersebut dan zat ini  digunakan untuk produksi kolagen dan mencegah terjadinya anemia. Jika  ibu hamil mengalami anemia maka akan menyebabkan  tingkat kelahiran yang  sangat rendah dan juga bisa menyebabkan  bayi prematur.

  1. Vitamin B6

Bila  Anda takut  dengan gejala morning sickness, maka Anda bisa mengkonsumsi  vitamin B6  saat kehamilan.  Vitamin B6 sangat efektif untuk mengurangi  gejala  tersebut, selain itu vitamin ini jua membantu tubuh  lebih mudah untuk  menetabolisme  protein, lemak maupun karbohidrat.  Saat pertumbuhan bayi pun, keberadaan vitamin B6 ini juga sangat penting diantaranya untuk membantu  perkembangan pada sistem saraf bayi, membantu dalam pembentukan sel darah merah yang baru dan juga digunakan sebagai antibodi dan  neurotransmiter.  Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, daging yang tanpa lemak dan juga konsumsi ikan.

  1. Vitamin D

Konsumsi vitamin D saat kehamilan dalam jumlah yang tepat akan membantu Anda untuk   penyerapan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dan juga janin.  Konsumsi vitamin D akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh .  Vitamin ini  membantu mencegah  jain  mengalami  berat badan yang  rendah dan juga  kelainan dalam  pertumbuhan tulang.  Jika Anda konsumsi vitamin D ini secara teratur maka  hal ini akan membantu Anda untuk  menurunkan kemungkinan   terjadinya proses kelahiran  menggunakan C-section.

  1. Vitamin B12

Untuk membantu  ibu hamil  mencegah  anemia,   maka vitamin B12 ini sangat dibutuhkan.  Vitamin B12  merupakan vitamin yang  larut dalam air  dan bermanfaat untuk  menjaga   sel-sel darah dalam tubuh agar proses pembuatan DNA berjalan dengan baik. Vitamin ini  juga mampu mencegah terjadinya cacat  tabung saraf.  Dengan konsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin  B12 tersebut maka  Anda bisa  terhindar dari rasa lelah dan lemas.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang