INFO PENTING BISNIS CATERING BAGI BUNDA

Dirumah saja apakah tidak membosankan bagi bunda? Apakah bunda tidak ingin membantu ayah untuk mencukupi  kebutuhan ekonomi  yang  saat ini semakin besar? Kasihan juga si ayah bila bunda hanyadiam saja dirumah setelah menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Padahal sebagian besar ibu memiliki waktu yang cukup untuk mendapatkan uang sekalipun dirumah. Nah, ini dia kesempatan bagi bunda untuk menunjukkan kebolehan memasak sekaligus mendapatkan uangyaitudenganberbisnis catering.Bisnis satu ini memang banyak dijumpai hampir di semua kota di Indonesia dan rata-rata pelaku bisnis ini adalah ibu rumah tangga. Kesempatan baik ini jangan bunda sia-siakan, karena dari hobi pun bunda bisa mendapatkan penghasilan besar di rumah.

Salah satu bisnis rumahan ini memang sangat menguntungkan dengan pertumbuhan yang tinggi dan ekspansi  yang lebih banyak. Bunda bisa melihat beberapa peluang  yang memanfaatkan bisnis catering ini diantaranya adalah pesta pernikahan, pesta ulang tahun,  acara makan malam,  catering di beberapa kantor dan masih banyak lagi. Sekalipun bisnis ini membutuhkan stamina yang ekstra namun bisnis satu ini bisa anda jalankan di rumah tanpa meninggalkan anak dan suami.  Berhasil tidaknya bisnis catering tergantung pada bunda, jika anda mau berusaha lebih keras maka anda pun juga akan mendapatkan keuntungan yang banyak.  Ada beberapa informasi penting yang bunda harus ketahui dan pelajari saat akan memutuskan usaha ini.

Berikut beberapa informasi penting seputar bisnis catering untuk bunda

  • Peluang dan permintaan catering

Apakah bunda yakin banyak orang yang membutuhkan usaha anda, berapa persen kemungkinan usaha anda laku di tempat tersebut? Ini yang harus anda pikirkan,  berapa besar kemungkinan bisnis anda laku  di lingkungan anda. Saat ini bunda bisa melihat semakin banyak jumlah keluarga yang memiliki penghasilan tinggi dan mereka cenderung untuk bekerja dibandingkan harus memasak, selain itu ada banyak perusahaan yang juga membutuhkan catering untuk karyawannya. Dari informasi ini bunda bisa mencari celah terbaik, misalnya saja pada beberapa perusahaan. Bunda bisa melayani makan siang dan beberapa acara pada perusahaan tersebut.

 

Selain perusahaan, masih banyak lagi peluang yang bunda bisa dapatkan seperti ketika ada acara pernikahan, ulang tahun atau acara lain di suatu tempat. Bisnis yang  bunda jalankan bisa menyebar dari mulut kemulut sekalipun bunda tidak mengiklankannya. Banyaknya ibu yang bekerja di luar rumah pun juga menjadi sasaran bagi bunda untuk berbisnis   catering karena mereka cenderung untuk memilih catering  untuk anak-anaknya atau saat acara tertentu. Konsep makan bersama pun sekarang sudah berubah menjadi konsep  catering.

  • Berapa besar dana yang dibutuhkan

Untuk memulai bisnis apapun tentu harus disediakan dana, baik itu dana dalam jumlah yang besar maupun kecil.  Bisnis ini memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk berbisnis dengan modal yang rendah jika dibandingkan bisnis rumah makan atau restoran. Yang menjadi hal penting dari bisnis ini sekalipun dengan modal kecil adalah pelayanan yang bunda berikan kepada konsumen. Layanan harus berkualitas, membuat setiap moment mengesankan dan memuaskan klien baik dilihat dari segi pemilihan atau konsep makanan, rasa, porsi dan juga peralatan catering yang digunakan.

 

Untuk meminimalkan biaya awal saat membuka bisnis ini, anda bisa menyewa beberapa peralatan dan perlengkapan masak, beberapa fasilitas dapur dari bisnis tersebut. Jika setelah beberapa waktu anda mulai bisnis ini dan mendapatkan keuntungan maka anda bisa membeli perlengkapan dan peralatan memasak yang   dibutuhkan.  Untuk membangun image bisnis anda, memang bunda ada baiknya menyewa beberapa peralatan, perlengkapan dan juga fasilitas memasak terbaik.

 

  • Beberapa  hal  yang dibutuhkan dalam bisnis  catering

Bunda tentu saja ingin berhasil menjalankan bisnis tersebut ,bunda harus memiliki bakat memasak untuk  menghidangkan makanan lezat.  Manajemen pemasaran, perencanaan keuangan dan lainnya harus bunda kuasai sekalipun hanya sedikit karena hal ini juga mendukung kesuksesan bisnis yang dijalankan. Untuk memaksimalkan pemasaran bunda bisa memasarkannya melalui  internet. Ada baiknya bunda juga mengikuti beberapa kursus memasak dibeberapa sekolah masak ternama.  Keberhasilan bunda bergantung dari manajemen yang bunda lakukan sendiri bukan dari orang lain. Perencanaan dan penerapan dari rencana yang anda bangun akan memudahkan anda untuk memahami apa yang dibutuhkan klien atau konsumen.

  • Perhitungan laba bisnis kuliner

Berikut adalah analisa usaha catering  rumahan yang bisa menjadi gambaran bagi bunda sebelum membuka usaha tersebut.

Analisa Usaha Catering Rumahan

Alat masak yang digunakan berasal dari rumah tersebut

Modal Awal

Peralatan( Equipment )

Tempat menghidangkan makanan                                           Rp. 2.000.000,-

Peralatan pelengkap                                                                      Rp. 1.000.000,-

Rp. 3.000.000,-

Penyusutan peralatan jika umur taksiran 3 tahun

Rp. 3.000.000,- x  1/ 36 =  Rp.  83.300,-                                     ( Rp. 83.300,-)

Perlengkapan( Supplies)

Kantong plastic                                                                                 Rp.  150.000,-

Kotakmakanan                                                                                  Rp.  250.000,-

Jumlah                                                                                                  Rp.  350.000,-

 

Pendapatan perbulan

Dalam satu hari melayani 50 kotak nasi dengan harga @ Rp.  6.000,-

Pendapatan yang diterima satu bulan

Rp.6.000,- x 50 x 30          =                                                                             Rp. 9.000.000,-

 

Biaya operasional

Biaya gaji karyawan                         Rp.  1.000.000,-

Biaya gas  3 kg    6 tabung             Rp.      96.000,-

Biaya  transport                                                Rp.     200.000,-

Biaya listrik dan air                           Rp.    120.000,-

Biaya perlengkapan                        Rp.    350.000,-

Biaya penyusutan                            Rp.      83.300,-

Biaya lain-lain                                     Rp.     100.000,-

Total biaya                                                                                                          (Rp. 1.949.300)

Laba yang didapatkan dalam satu bulan                                                 Rp.  7.050.700,-

Dari perhitungan laba diatas tentu saja bisnis ini sangat menguntungkan bagi bunda. Bisnis catering bisa dilakukan di rumah dengan anggota keluarga lainnya, misalnya anda memiliki anak  yang sudah tidak bersekolah, mereka tentu bisa membantu anda.  Sekalipun saat ini banyak bisnis catering yang dijalankan oleh beberapa ibu rumah tangga, kesempatan berbisnis ini tetap ada dan terbuka lebar bagi siapapun.   Untuk mendapatkan penghasilan yang besar dan sukses ternyata tidak hanya dilakukan oleh pekerja kantoran. Ibu rumah tangga  yang tidak memiliki pendidikan tinggi  pun bisa menjadi sukses dengan memilih bisnis catering.  Sekali lagi bunda tidak perlu bingung bila tidak memiliki kemampuan memasak,dengan mengikuti pelatihan memasak anda bisa memulai bisnis tersebut.  Tak perlu meninggalkan keluarga, bunda tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah namun dengan penghasilan yang  tak terbatas.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang