INGIN MEMULAI BISNIS KUE KERING ?

Ketika Anda membuka toko kue berarti  Anda akan menjual produk populer yang banyak disukai orang. Sebagai pemilik toko, Anda akan memiliki kesempatan untuk membuat orang bahagia setiap hari karena mereka menikmati kue yang lezat, brownies, kue, biskuit, kue-kue, pie atau  kue kering lainnya.  Ketika Anda memilih   berbisnis kue kering, Anda memiliki kemewahan merancang jenis usaha bakery yang Anda inginkan. Anda mungkin memutuskan untuk membuka toko roti kue kering yang menjual berbagai kue. Anda bisa menawarkan berbagai pilihan kue kering atau Anda dapat memilih untuk mengkhususkan diri dalam produk-produk bakery pilihan Anda.

Namun, untuk memulai bisnis kue kering ini tentu harus dengan langkah-langkah atau prosedur yang sesuai. Jika  Anda  tergesa-gesa dan tanpa perencanaan maka bisnis yang Anda jalankan pun juga tidak akan berjalan dengan mulus. Pastikan sebelum memulai bisnis kue kering ini,  Anda tetap harus memiliki gambaran  tentang bisnis tersebut, bagaimana memulainya, apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana pemasarannya. 

Cara memulai bisnis kue kering

Memulai bisnis rumahan kue  kering  membutuhkanpenelitian dan perencanaan untuk memastikan bisnis Anda akan lebih baik pada   awalnya.  Beberapa langkah untuk memulai bisnis kue kering  tersebut diantaranya  adalah:

  • Tentukan  jenis kue kering yang akan di jual

 Tentukan apa jenis kue kering yang akan Anda jual.  Anda dapat mengkhususkan dalam salah satu jenis kue, seperti chocolate chip atau  lainnya dan dihiasi cookie gula atau Anda dapat menawarkan berbagai jenis kue kering.  Jika Anda akan menjadi satu-satunya penjual kue kering, pertimbangkan jumlah waktu yang Anda miliki  terhadap jumlah waktu yang dibutuhkan untuk  membuat setiap jenis kue. Anda juga harus  berpikir tentang penyimpanan dan pengiriman kue kering tersebut. Buat harga untuk setiap jenis kue kering dengan pembelian eceran dan dalam jumlah besar. Penentuan harga harus menyertakan biaya bahan, waktu persiapan, overhead bisnis dan profit margin yang  Anda inginkan.

  • Siapa  target pasar Anda?

 Hal penting lainnya adalah menentukan siapa pelanggan Anda, dan apa yang membuat kue kering  Anda spesial.  Kualitas yang bisa membuat kue Anda menonjol meliputi ukuran, bentuk, dekorasi dan bahan-bahan.  Kue kering  Anda  bisa dibuat  untuk  kue hadiah perusahaan, pesta, anak-anak atau konsumen.  Tentukan siapa target pasar Anda   untuk menentukan tampilan dan kemasan kue Anda, lokasi Anda dan praktek pemasaran Anda.

  • Pengujian resep kue

 Uji resep Anda untuk memastikan Anda memiliki produk  terbaik dan berkulitas yang akan dijual  agar bisa mendapatkan pelanggan tetap. Berikan kue kering  Anda  pada keluarga, teman dan tetangga.  Anda bisa menjualnya dengan menyumbangkan  kue ke acara amal dan sekolah atau fungsi bisnis. Ini akan memberi Anda beberapa umpan balik dan menyoroti aspek mana untuk meningkatkan dan apa kualitas  terbaik untuk menjual kue Anda

  • Siapkan semua kebutuhan

 Anda bisa membeli peralatan dan perlengkapan  untuk membuat  kue kering  Anda. Item ini meliputi mangkuk, peralatan, mixer, loyang dan rencana pengukuran, yang perlu dipisahkan dari barang-barang memasak pribadi Anda. Membeli bahan kemasan, seperti bungkus plastik atau tas, dan kotak kue untuk menyimpan dan memberikan cookie Anda.

Tips memasarkan  kue kering

  • Rencanakan

Apa rencana pemasaran yang akan Anda lakukan?  Sebuah rencana pemasaran pada dasarnya adalah dokumen yang merinci langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan pemasaran Anda. Bagian dari rencana ini harus meliputi bagaimana  Anda memasarkan produk, dengan apa,  dan pertimbangkan beberapa hal seperti media sosial, siaran pers, iklan, direct mail bergabung dengan organisasi lokal dan regional, membangun sebuah website, membuat logo, membuat kartu bisnis Anda dan seterusnya. Tulis semua ide Anda kemudian  Anda bisa mengatur ide tersebut sehingga Anda bisa dengan mudah melaksanakannya. 

  • Pemasaran  dari mulut ke mulut

 Pemasaran  ini bisa dilakukan dengan  menjual beberapa kue yang Anda buat pada rekan kerja, tetangga atau saudara Anda.  Pemasaran  dari mulut ke mulut ini memang membutuhkan waktu namun sangat sederhana caranya dan jika  Anda telaten maka  sangat cepat bisnis kue kering Anda dikenal  masyarakat.

  • Gunakan  internet

 Anda bisa menggunakan beberapa media periklanan seperti internet karena gratis dan Anda akan mendapatkan dukungan dari komunitas Anda. Pastikan untuk berbagi cerita yang menarik untuk  meniarik pembaca  membaca  tulisan Anda di internet. Seperti bagaimana Anda menjadi seorang  pebisnis kue kering dan apa yang membuat Anda ingin membuka toko kue kering sendiri. Anda bisa menawarkan beberapa transparansi untuk bisnis Anda. Anda bahkan bisa menceritakan beberapa tantangan yang Anda hadapi ketika mencoba untuk memulai bisnis kue kering tersebut. Anda bahkan dapat memiliki teman wawancara Anda dan kemudian mengirimkan siaran pers menggunakan bagian-bagian dari wawancara jika Anda menemukan bahwa cara yang lebih baik untuk berbagi cerita.

  • Gunakan kupon undian

 Cara ini  adalah cara yang sederhana dan sudah lama digunakan tapi untuk bisnis ini mungkin terbukti menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan para pelanggan pada bisnis baru Anda. Kupon dapat disampaikan melalui berbagai media yang Anda inginkan atau dengan cara pemasaran door to door  sehingga bisa memberikan informasi secara langsung.

  • Sosial media

Anda bisa memasarkan  bisnis kue kering Anda melalui sosial media seperti halnya  facebook dan twitter. Kedua sosial media tersebut sangat efektif untuk  memasarkan produk apapun, ini adalah cara yang tepat bagi  Anda untuk mendapatkan lebih banyak konsumen dengan mudah dan murah. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi untuk memasarkan produk, cukup duduk di depan komputer dan  pasarkan kue kering  Anda di  facebook dan twitter.

  • Website

Untuk memudahkan penjualan kue kering Anda dan membuat bisnis Anda terlihat lebih professional maka Anda bisa menggunakan website. Dalam website tersebut Anda bisa  menempatkan gambar-gambar kue kering yang Anda jual, dengan beberapa artikel terkait  apa yang Anda jual, tips dan beberapa ulasan menarik agar  pembaca website semakin tertarik dengan  kue kering Anda.  Dengan mengelola website yang baik  maka Anda akan lebih mudah memasarkan  kue-kue kering  yang telah Anda buat tersebut.  Cara ini memang sangat efektif untuk menarik banyak pembeli   dengan jangkauan wilayah yang cukup luas, tentunya dengan biaya pemasaran yang sangat terjangkau.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang