INILAH PENYAKIT BAYI YANG PALING DI TAKUTI ORANG TUA

Memiliki bayi yang sehat adalah dambaan setiap  orang tua, namun bagaimana  jika bayi Anda mengalami penyakit yang  paing ditakuti  hampir semua orang tua? Apnea  adalah salah satu penyakit yang   benar-benar ditakuti oleh   orang tua apalagi jika menyerang pada bayinya. Apnea adalah  penyakit  yang umum pada bayi prematur, meskipun apnea  dianggap ringan dan  tidak diduga memiliki efek jangka panjang, kebanyakan dokter merasa bahwa mencegah penyakit ini akan lebih baik bagi bayi dalam jangka panjang. Bayi yang baru lahir, terutama bayi prematur, sering memiliki pola pernapasan tidak teratur. Bayi-bayi ini akan memiliki episode pendek dalam pernapasannya atau berhenti bernapas  yang disebut dengan  istilah apnea.

Ketika   tiba-tiba bayi Anda tidak bernapas, bayi juga mungkin memiliki penurunan denyut jantung. Penurunan denyut jantung  ini disebut   dengan bradikardia.  Jika bayi mengalami  apnea atau berhenti bernafas lebih lama dari 20 detik, hal ini  dianggap serius dan harus ditangani segera.  Untuk tidur, setiap  bayi  harus memiliki kenyamanan  sendiri, tapi bahaya mengintai saat bayi Anda tidur. Sebagai orang tua, Anda harus menyadari semua yang bisa  terjadi pada bayi Anda sekalipun dia telah tidur. Ada bahaya yang berhubungan dengan tidur  bayi Anda dan inilah  yang sering disebut apnea. Siapa saja bisa menderita  apnea, termasuk bayi Anda.  Hal ini  adalah masalah serius di mana pernapasan normal  bayi berhenti berkali-kali saat dia tidur.

Penyebab  apnea pada bayi

Ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan apnea pada bayi Anda, berikut beberapa penyebabnya:

ü  Bayi lahir prematur

Bayi prematur berada pada risiko yang lebih tinggi mengalami  apnea. Semakin dini bayi dilahirkan semakin tinggi kemungkinan apnea. Bahkan,  kelahiran prematuritas adalah penyebab terbesar dari apnea  pada bayi.

ü  Obat-obatan

Konsumsi obat –obatan   saat hamil akan menyebabkan  apnea  pada bayi yang dilahirkan.

ü  Pendarahan otak

Bayi prematur dapat menderita  pendaraah otak  yang dapat menyebabkan apnea.

ü  Down Syndrome

Penyebab apnea lainnya  pada bayi adalah Down Syndrome, penyakit ini  dapat membuat risiko apnea yang lebih tinggi pada bayi.

Selain hal di atas, apnea  atau berhenti bernafas sesaat pada bayi ini juga bisa disebabkan oleh  infeksi,   gangguan pernafasan  dan masalah jantung . Bayi yang  baru lahir terutama bayi prematur memiliki  peluang besar untuk mengalami apnea karena  otak mereka belum sepenuhnya dikembangkan dan otot-otot yang menjaga jalan napas terlalu lemah.Ada beberapa hal  yang bisa menimbulkan tekanan lainnya pada bayi  prematur dapat memperburuk apnea diantaranya adalah  anemia, masalah makan, jantung atau paru-paru bermasalah, infeksi, kadar oksigen rendah, overstimulasi  dan masalah suhu. Kebanyakan  bayi prematur dan beberapa bayi memiliki  tingkat penyakit apnea yang berbeda.

Gejala  apnea pada bayi

Hal yang biasa bagi bayi berusia di bawah enam bulan adalah memiliki napas yang tidak teratur. Jika Anda melihat bayi Anda, Anda akan melihat bahwa dia  akan melalui periode pernapasan  cepat, diikuti dengan pernapasan lebih lambat. Dia bahkan dapat berhenti  bernapas selama 15 detik sebelum dia bernafas normal lagi. Ini adalah  hal yang umum di antara bayi dan  Anda tidak perlu khawatir. Namun jika bayi Anda menunjukkan gejala apnea bayi  seperti dibawah ini,  Anda harus membicarakan hal ini dengan dokter  secepatnya. Berikut beberapa gejala apnea pada bayi yang harus Anda waspadai:

ü  Bayi bernapas terengah-engah

ü  Jeda antara napas yang berlangsung 20 detik atau lebih

ü  Bayi sering  tersedak

ü  Wajah atau tubuh  bayi membiru

ü  Bayi   menjadi lemas

ü  Detak jantung lambat

Jika Anda melihat salah satu dari beberapa  gejala di atas maka Anda harus segera membawa bayi ke dokter. Waspadi bahwa apnea bisa berakibat fatal bahkan bisa menimbulkan kematian pada bayi Anda.  Saat bayi Anda berhenti bernapas, tingkat oksigen dalam tubuhnya turun dan hal ini dapat menyebabkan penurunan denyut jantung bayi Anda. Itulah mengapa penting untuk mendapatkan diagnosis yang benar secepat mungkin terhadap apnea yang sangat ditakuti oleh   semua orang tua. Jika Anda melihat bayi Anda tidak bernapas, cobalah untuk membangunkannya. Jika dia tidak merespon, dahi bayi Anda atau batang hidungnya  terlihat biru, segeralah panggil ambulans atau melarikan  bayi ke rumah sakit.

Penanganan terbaik untuk  apnea pada bayi

Pengetahuan adalah kekuatan terbaik untuk mengatas berbagai macam penyakit pada bayi Anda demikian juga dengan apnea. Anda perlu mencari  dan mempelajari  semua  tentang apnea  pada bayi  untuk memastikan Anda bisa mencegah dan mengatasi hal itu.  Dan  Anda  juga harus belajar untuk mengelola pernapasan bayi. Suatu keharusan jika bayi Anda memiliki apnea,  sebagai orang tua  Anda harus memiliki keahlian  untuk mengatasinya. Apnea  adalah penyakit bayi yang benar-benar ditakuti oleh orang tua, jika Anda mendapati bayi  Anda  mengalami beberapa gejala apnea maka jangan ragu untuk membicarakan hal ini dengan dokter Anda.

Dokter  akan menjalankan sejumlah tes untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan tes akan mengukur jumlah oksigen dalam tubuh bayi Anda, pemantauan napasnya dan detak jantung bahkan  tes ini  akan menggunakan sinar-X.  Setelah itu barulah dokter akan memilih cara bagaimana apnea diperlakukan, hal ini tergantung pada penyebabnya, seberapa sering pernapasan berhenti, dan tingkat keparahan  penyakit ini. Bayi yang  sehat tetapi dia memiliki banyak  masalah dimana dia berhenti bernapas maka dapat diberikan pertolongan terbaik untuk membantu merangsang pernapasan  Meskipun kedengarannya menakutkan,  apnea dapat diatasi  dengan mudah Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan gejala  apnea pada bayi.

Jika gejala  apnea masih tergolong ringan, dokter mungkin hanya menyarankan pemantauan detak jantung bayi Anda dan pernapasan. Dalam kasus gejala yang lebih serius, bayi dapat diberikan obat untuk merangsang sistem saraf pusat nya. Dengan pertolongan terbaik maka  Anda akan menyelamatkan si kecil dari apnea tersebut. Sekarang, apakah Anda masih takut dengan apnea  pada bayi? Tentunya dengan  belajar dan menggali berbagai informasi  seputar penyakit bayi, Anda akan semakin kaya ilmu  untuk menjaga  buah hati dari berbagai penyakit bukan hanya menjaganya dari  apnea saja.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang