INILAH TANDA KEHAMILAN YANG WAJIB DI BACA

Apakah saat ini Anda menantikan  seorang buah hati? Tentu saja kehamilan adalah sesuatu yang sangat dinanti oleh ibu muda, apalagi bila mereka  belum memiliki momongan. Kehamilan adalah anugerah yang diberika Tuhan kepada setiap wanita  dan pasangannya. Namun tidak semua wanita bisa mengalami kehamilan yang  sehat, ada banyak kasus kehamilan yang   tidak sehat dan kadang bisa membahayakan  calon ibu.  Kadang  seorang  wanita pun juga tidak mengetahui tanda-tanda kehamilannya.  Karena  kehamilan adalah  hal yang snagat ditunggu oleh pasangan suami istri maka  sebagai eorang wanita, Anda seharusnya mengetahui  kapan masa subur tersebut dan bagaimana tanda-tanda kehamilan.

Bagaimana Menghitung Masa Subur?

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum Anda  menginginkan kehamilan adalah dengan menghitung masa subur.  Secara umum, kehamilan terjadi saat wanita  melakukan hubungan intim dengan pasangannya saat masa subur tersebut.   Tapi masalah yang sering dihadapi  adalah banyak  wanita yang tidak megetahui masa subur mereka sendiri,hal ini juga akan berpengaruh terhadap  kehamilan mereka.  Untuk mendapatkan kehamilan, memang hal utama adalah  masalah kesuburan pada pasangan masing-masing.  Selain itu, kehamilan juga dipengaruhi oleh faktor psikologis  dan beberapa fator lainnya.

Sebagian  pasangan  suami istri melakukan hubungan seksual pada waktu yang tidak tepat. Tidak tepat disini dimaksudkan karena  pasagan tersebut tidak mengetahui kapan masa subur  yang snagat baik untuk melakukan hubungan seksual. Saat masa subur tersebut  kesempatan  terjadinya ovulasi sangat besar. Bagi pasangan suami istri yang menginginkan  kehamilan  maka  sangat baik bila mereka melakukan hubungan intim saat masa subur tersebut.  Ini berbeda dari pasangan yang  ingin menunda kehamilan, saat masa subur mereka harus menghindari hubungan seksual agar tidak terjadi kehamilan.

Untuk mengetahui masa subur maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah dengan menggunakan  kalender. Cara ini sangat sederhana dan banyak digunakan oleh kaum wanita saat ini. Untuk menghitung masa subur  dengan kalender memang kadang membingungkan, terutama bagi  wanita yang masa haidnya tidak teratur. Untuk wanita yang haidnya teratur maka dia bisa menghitung masa subur dengan mudah. Masa subur bagi wanita  yang teratur haidnya adalah  pada hari ke 13 hingga hari ke 15  sebelum masa haid bilan berikutnya. Bagi wanita yang memiliki silus haid tidak teratur, mereka bisa menghitung masa subur   mereka  berlangsung pada hari ke 8 hingga  hari ke 20.

Tanda awal kehamilan

Setelah Anda mengetahui  cara menghitung masa subur untuk  mendapatkan peluang kehamilan yang besar, maka saatnya Anda  mengetahui bagaimana  sebenarnya tahap kehamilan tersebut. Perlu diketahui bahwa  ada dua tahap kehamilan  yaitu tahap kehamilan yang  normal dan tahap kehamilan yang  bermasalah.  Tentunya   semua wanita tidak ingin mengalami kehamilan yang bermasalah, semua menginginkan kehamilan yang sehat dan normal. Tanda-tanda kehamilan  bukan hanya satu  tanda saja namun banyak sekali tanda kehamilan yang perlu Anda ketahui.  Yang umum diamati oleh wanita adalah   terlambat  haid.  Sebenarnya, terlambat haid  tidak selamanya  karena kehamilan sehingga hal ini belum bisa dijadikan patokan hamil tidaknya wanita.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda kehamilan:

  • Timbul bercak darah

Tanda-tanda kehamilan  berupa timbulnya bercak darah  pda hari ke 8  setelah ovulasi, namun sebelum menstruasi yang akan datang terjadi.  Kebanyakan bercak darah ini  disebut sebagai menstruasi apalagi bila wanita yang belum pernah mengalami kehamilan.

  • Payudara semakin besar

Pada wanita yang mengalami kehamilan, payudara mereka jauh lebih besar dibandingkan ukuran sebelum masa kehamilan. Tanda kehamilan ini terjadi karena  hormon  progresteron dan estrogen   berproduks lebih banyak.  Payudara saat kehamilan akan  terasa  sakit da nyeri saat di pegang.   Tanda kehamilan ini  memang menjadi hal yang umum terjadi pada wanita.

  • Pusing

Pusing kadang juga menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan, sekalipun tak semua wanita mengalami hal  ini. Pusing dan sakit kepala yang  saat kehamilan ini karena  adanya  perasaan yang terlalu tegang  bahkan depresi, hal ini akan menimbulkan peningkatan   darah   pada seluruh tubuh sehingga menyebabkan rasa pusing dan sakit kepala.

  • Mual

Mual memang identik dengan  kehamilan, apalagi bila tanda-tanda di atas juga menyertainya. Rasa mual ini kemudian  diikuti  oleh muntah yang menimbulkan rasa lemas apda wanita hamil.  Mual dan muntah tersebut terjadi karena  adanya  peningkatan hormon   yang bisa menimbulkan  rasa mual. Mual dan muntah tersebut sering terjadi pada pagi hari, pada beberapa wanita, mual  dan muntah tersebut  juga bisa terjadi karena  rangsangan dari luar berupa bau yang menyengat ataupun dari makanan.

Beberapa tanda-tanda kehamilan tersebut tidak semuanya dialami oleh wanita, namun masing-masing  wanita memiliki tanda-tanda kehamilan yang berbeda, bahkan ada banyak tanda kehamilan selain  tanda kehamilan di atas. Beberapa tanda kehamilan di atas adalah tanda kehamilan yang normal atau sehat. Bagaimana dengan tanda kehamilan  yang  tidak normal atau tidak sehat?

Beberapa tanda kehamilan yang tidak sehat atau tidak normal diantaranya adalah:

  • Sering mengalami kram

Pada usia kehamilan kurang dari 3 bulan maka kram sering terjadi, namun pada kehamilan yang tidak sehat akan timbul kram  yang lebih lama sehingga sangat berbahaya dan bisa menimbulkan keguguran.

  • Pembengkakan

Tanda kehamilan yang  tidak sehat dan bermasalah lainnya adalah terjadinya  pembengkakan. Pembengkakan ini akan menimbulkan gangguan saat wanita hamil beraktivitas. Pembengkakan ini  sering terjadi pada  kaki dan bagian tubuh lainnya.

  • Adanya kontraksi yang  sangat hebat

Saat kehamilan ada kalanya wanita hamil mengalami kontraksi yang sangat hebat, hal ini juga akan membahayakan kondisi janin.  Jika hal ini  sering terjadi maka akan menimbulkan kelahiran yang  premature.  Kondisi ini memang sangat menghawatirkan apalagi dengan  kondisi janin yang sudah  tumbuh dengan baik.

Beberapa  tanda kehamilan tersebut  adalah salah satu hal penting  bagi tiap wanita  dan juga pasangannya yang ingin segera memiliki anak. Tak ada yang tak ingin memiliki buah hati yang sehat dan  cerdas. Namun saat kehamilan itulah saat yang harus Anda jaga  agar bisa melahirkan  buah hati yang sesuai  harapan Anda dan pasangan.  Kenali bagaimana tanda-tanda kehamilan yang normal dan sehat dan pastikan Anda juga bisa menghitung  masa subur untuk mempercepat kehamilan.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang