ITP (idiopatic trombositopenic purpura)

Dalam artikel ini, penulis hanya ingin sharing soal ITP (idiopatic trombositopenic purpura).  Anak kami sekitar 2012 febuari lalu terditeksi terkena ITP di usia sekitar 9 bulan. Pada waktu itu dokter yang biasa menangani anak kami sedang cuti, jadi dokter pengganti (dr denny di rumah sakit mitra keluarga Surabaya) yang menangani.

Ciri-ciri fisik penyakit ini adalah kulit yang membiru. Pertama terditeksi di lengan. Kami pikir anak kami laki2, dan paling nakal lah, kebentuk kursi atau apa hingga lebam. Kemudian ketika susternya yang merawat bayi itu member makan, lidahnya kok juga biru. Kalau lidah ma kebentuk apa. J. Jadi kemudian kami bawa ke rumah sakit dan di periksa darah. Ternyata trombosit anak kami cuma 4000 (normal 150.000 – 400.000). Kemudian  setelah di obati dengan cara di infus selama 3 hari dan di beri obat trombosit nya naik kembali ke 135.000. Suatu hasil yang cukup menggembirakan.

Penyakit ini penyebabnya belum di ketahui (idiopatic). Dan katanya kalau bayi yang terkena penyakit ini, harapan sembuh jauh lebih besar dari pada orang dewasa. Penyakit ini kalau darahnya di periksa, trombositnya bisa naik, bisa turun.

Kemudian anak kami di tangani dr connie, dokter yang biasa menangani anak kami, kemudian oleh dr connie, anak kami dikenalkan dengan gurunya yang di singapura, di National Hospital, professor Quah tuan cong, professor yang sudah lama meneliti ITP selama 30 tahun. Oleh professor quah, anak kami diperiksa darah, dan ternyata memang ITP, jadi dia bilang kalau kita tidak perlu kuatir, dan harus melakukan pemeriksaan darah  berkala dan kalau ada biru2 di kulit, darahnya juga harus diperiksa. Dia tidak memberikan obat sama sekali J. Hanya advis dan kebingungan kita seputar ITP. Dia juga mengatakan bahwa dokter di Indonesia telah mengambil tindakan medis yang tepat.

Ya, 4 hari di singapura saya merasa menjadi bapak tulen. Ikut mandiin bayi, ganti popok, kasi makan, kasi minum susu dll, sesuatu yang gak pernah saya lakukan sebelumnya. Biasanya istri atau suster. Suster gak ikut karena mendadak, dan gak ada paspor.

Bagi yang ingin bertanya seputar ITP, bisa meninggalkan pesan di email Maureen babymart.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang