JADILAH SAHABAT TERBAIK BALITA ANDA

Seperti orang dewasa, beberapa balita juga kadang memilih tidak memiliki teman-teman sampai nanti prasekolah. Ini semua  adalah bagian dari spektrum balita yang normal kecuali anak Anda sangat sosial  dan agresif. Kadang  menurut Anda   si kecil sangat pemalu  dan tidak memiliki teman, namun banyak balita lainnya yang pemalu, sebagai  orang tua, jangan pernah mencoba untuk memaksa persahabatan pada si kecil. Jika dia memang belum bisa bersahabat dengan teman lainnya maka jadilah sahabat pertama bagi si kecil  baik sekarang maupun  dia menjadi dewasa nantinya. Bayi Anda mampu memilih teman segera setelah ia bisa turun dari pangkuan Anda dan merangkak di sekitar. Persahabatan awal yang dilakukan oleh balita umumnya terbatas pada kerabat atau anak-anak dari orang tua mereka. Dari usia 1 sampai 3 tahun, ketertarikan fisik dan saling menyukai adalah dasar persahabatan dari seorang balita terhadap temannya.

Mereka duduk dekat satu sama lain bermain secara individu dan untuk mendukung tumbuhnya persahabatan anak Anda pada usia ini, Anda bisa memberikan kesempatan untuk bersama anak-anak lain, dan membantu menyelesaikan konflik sesekali. Anda harus belajar  bagaimana membuat dan menjaga si kecil serta bagaimana menjadi teman yang baik, dengan bimbingan dan dukungan. Namun, Anda tidak perlu mengajarkan tentang persahabatan kepada  anak. Anak-anak secara alami menyadari bahwa persahabatan yang baik adalah timbal balik, sayang, dan dapat diandalkan. Mereka mengajarkan aturan timbal balik, kebersamaan, dan ekuitas satu sama lain melalui interaksi dalam bermain. Anak Anda membutuhkan Anda untuk memberikan lingkungan yang mendukung untuk eksperimen sosialnya.

Berikut adalah beberapa cara  yang dapat Anda gunakan untuk menjadi teman yang baik bagi anak Anda:

  • Memberikan dorongan

Anda dapat memberikan banyak arah, pemodelan dan dukungan, tetapi jangan sampai membuat si kecil merasa terlalu dilindungi. Cobalah untuk membuat ruang untuk bermain di rumah, di suatu tempat di mana ia bisa menghibur diri dan Anda bisa  bersama bermain dengan si kecil. Jadilah  teman yang baik saat si kecil  bermain, jangan   terlalu memaksakan kehendak, biarkan si kecil bermain sesuai apa yang dia inginkan. Banyak orang tua yang  sibuk bekerja di kantor, sehingga mereka jarang memberikan dorongan bagi  buah hatinya. Padahal seorang balita  lebih senang bermain dengan  orang tuanya dibandingkan dia harus mendapatkan banyak  boneka  atau banyak teman.

Memberikan dorongan  kepada  si kecil akan membantu dia merasa nyaman, apalagi jika Anda bisa selalu berada disampingnya. Biarkan  anak Anda bermain sesuka hatinya, namun jangan memberikan mainan yang berbahaya. Jika  dia meminta permainan yang berbahaya, cobalah untuk memberikan mainan yang  lain yang tidak berbahaya. Saat si kecil marah atau  melakukan kesalahan, cobalah untuk tidak memarahi dia, Anda dalam hal ini sebagai sahabat si kecil, teman baiknya maka Anda harus bisa menempatkan diri. Cobalah untuk membantunya memperbaiki kesalahan, bantulah si kecil untuk lebih baik dari  sebelumnya.

ü  Dengarkan anak bicara dan berikan  tanggapan

Sekalipun  anak Anda masih kecil, atau dia masih belum  bisa berbiacara dengan  kata-kata yang jelas, namun  dia juga ingin didengarkan. Sama halnya ketika Anda berbiacara dengan orang  lain, pastinya Anda juga butuh untuk didengarkan,  si kecil pun juga demikian. Coba bila Anda  sesekali tidak mendengarkan saat dia berbicara, pastinya dia akan marah atua bahkan mengamuk. Jika Anda ingin menjadi teman yang baik bagi si kecil, cobalah untuk mendengarkan apa yang dia bicarakan. Sekalipun Anda sangat sulit memahami bahasanya, namun Anda bisa mencoba mengerti dari gerakannya. Mendengarkan anak bicara akan memberikan perasaan  tenang dan juga memberikan rasa nyaman bagi si kecil.

Jangan  hanya mendengarkan apa yang dibicarakan si kecil, Anda juga harus memberikan tanggapan atas apa yang dibicarakan dia.  Sebagai teman yang baik,  berikan tanggapan yang  baik dan membuat si kecil merasa senang. Jika  apa yang diinginkan  anak  kurang baik, Anda bisa memberikan  tanggapan yang lebih  baik  namun tidak  membuatnya marah atau  mengamuk. Memang sangat sulit  bagi orang tua untuk mengetahui  cara yang tepat agar buah hatinya  tidak mudah marah, namun dengan  mendengarkan dia bicara dan juga  memberikan tanggapan, hal ini bisa membuat si kecil merasa dihargai, diperhatikan dan merasa nyaman disamping Anda.

ü  Bantu menyelesaikan masalah anak

Sekalipun anak Anda masih balita, pasti anak memiliki masalah, misalnya saja  saat dia bersama teman sebayanya dan terjadi konflik. Konflik  tersebut  memang  ringan  menurut Anda, namun bagi anak kecil, pastinya mereka belum bisa mengatasi hal itu sendiri. Anda bisa memberikan masukan pada si kecil bagaimana menjadi  teman yang baik bagi temannya. Memang  bukan hal mudah memberikan  saran  pada anak apalagi jika mereka masih balita. Saat anak  terjadi masalah atau konflik dengan temannya, cobalah untuk membantu menyelesaikannya saat mereka bertemu.   Anda bisa  menjadi penengah diantara mereka, dengan hal ini  maka perselisihan tidak akan terjadi lagi.

ü  Berikan  rasa aman   pada anak

Berikan rasa aman dan juga kebebasan  pada anak, hal ini akan menjadikan mereka benar-benar nyaman dan menganggap Anda bukan hanya  orang tua, tapi juga sebagai temannya.  Anda bisa mengawasi si kecil tanpa  dia tau bahwa Anda sedang mengawasinya.  Rasa aman bukan hanya untuk melindungan fisik  anak tapi juga untuk membuat mereka merasa nyaman. Dengan cara demikian maka Anda  bisa menjadi sahabat yang baik bagi si kecil.

Cara-cara diatas  bisa membantu  Anda untuk menjadi sahabat terbaik  bagi si kecil, bukan hanya itu saja, si kecil pun akan merasa nyaman bersama Anda  saat di rumah. Menjadi sahabat bagi si kecil bukanlah hal yang  sulit. Saat  balita, anak-anak memang cenderung  menyukai permainan  di rumah bersama  orang tuanya.  Kesempatan  inilah yang bisa  Anda gunakan untuk lebih dekat dengan anak-anak. Anda bisa menjadi orang tua dan juga  menjadi teman yang baik bagi si kecil. Jangan hanya menjadi teman baik saat si kecil masih balita, namun tetaplah menjadi  teman terbaik saat   mereka  sudah dewasa.

Sudahkah Anda menjadi teman bagi si kecil saat ini?

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang