KEBEBASAN BAGI SANG BAYI UNTUK TUMBUH KEMBANGNYA

Apakah anda sering emosi melihat sangat bayi yang mengacak-acak mainan yang telah anda bereskan, bahkan anda bisa membereskannya hingga beberapa kali dalam hitungan  menit? Jangan emosi dulu karena bayi yang suka mengacak-acak, mereka akan tumbuh  lebih baik dibandingkan bayi yang  hanya diam saja. Bayi yang mendapatkan kebebasan dalam  bereksplorasi akan   memiliki tumbuh kembang yang optimal, jadi jangan marah bila bayi sering mengacak-acak   mainan  atau benda disekitarnya.  Bagi anda yang memang mencintai hal yang berbau indah dan rapi, cukup sulit menerima keadaan ketika sang bayi mulai pandai mengacak-acak beberapa perabot anda. Mungkin hal ini membutuhkan kesabaran ekstra untuk menghadapi si kecil.

Kondisi ini sering dialami oleh beberapa pembantu rumah tangga yang nyata-nyata menolak ketika mendapatkan tawaran pekerjaan ketika rumah tersebut ada bayinya. Bayi yang suka mengacak-acak  dianggap merepotkan, padahal ini hanya  pandangan sebelah mata. Memang benar bila bayi anda suka mengacak-acak isi rumah bahkan mengacak-acak  pekerjaan anda, hal ini akan merepotkan dan membuat  repot anda. Rumah anda yang tadinya rapi akan menjadi kotor dan berantakan. Bayi sering mengacak-acak mainan,  makanan maupun minuman sehingga keadaan rumah menjadi kotor dan lengket.  Untuk merapikan semua itu tentunya membutuhkan waktu dan tenaga, jika anda sibuk dengan pekerjaan lain, tentu emosi akan muncul.

Selain masalah repot membersihkan semua barang yang diacak-acak bayi, kadang anda juga merasa khawatir dengan keselamatan sang bayi.  Bayi yang dibiarkan mengacak-acak  barang disekitarnya   sering dianggap beresiko, hal ini kadang bisa menimbulkan kecelakaan kecil pada sang bayi. Mereka  bisa saja terluka saat mengacak-acak mainan atau perabot rumah disekitarnya. Bisa saja sang bayi sedang mengacak-acak  vas bunga di meja dan akhirnya vas tersebut pecah. Pecahan vas tersebut jika dibiarkan akan mencelakai sang bayi. Bayi juga bisa saja memgang benda tajam yang ad di rumah, ini tentu bisa membahayakan mereka, belum lagi jika mereka  menelan benda yang dipegang tanpa sepengetahuan anda. Ini seputar benda-benda disekitarnya, belum lagi ketika sang bayi mulai mengacak-acak makanan dan minuman yang ada di depan mereka.

Ada beberapa orang tua yang menganggap bahwa  bayi yang dibiarkan mengacak-acak makanan dan minuman dianggap tidak baik. Hal ini sesuai dengan kepercayaan mereka bahwa makanan dan minuman adalah hal yang harus diperhatikan dan dihargai karena hal ini  tidak mudah didapatkan. Sebagian orang tua memang melarang bayinya untuk  beracak-acakan namun ada beberapa orang tua yang justru membiarkan bayinya untuk mengacak-acak benda yang ada di sekitarnya.  Taukah anda bahwa  ketika bayi mulai mengacak-acak mainan atau benda disekitarnya, mereka akan mulai berkreasi, bayi akan lebih kreatif dan tidak berdiam diri saja. Mereka mulai kreatif dan menemukan hal batu ketika mengacak-acak mainan atau benda yang mereka lihat. Cara-cara batu akan mereka temui dengan mengkombinasikan beberapa benda  yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Bermain acak-acakan akan membuat imajinasi bayi semakin terasah dan mereka lebih kreatif terhadap hal yang baru.

Bayi yang suka beracak-acakan dengan benda yang dilihatnya, mereka akan menggunakan semua indra untuk berkreasi.  Yang lebih banyak digunakan adalah indra peraba untuk  mengeksplorasi kreativitas mereka.  Semua indra   yang dimiliki bayi memang harus ditingkatkan dengan berbagai upaya demikian juga ketika anda membolehkan mereka untuk acak-acakan. Bukannya mereka nakan atau membuat anda kesal, namun lihatlah betapa  bayi ingin berkreasi dan berkembang. Bisakah anda membayangkan bahwa bayi anda hanya diam dan tidak ingin melakukan apapun terhadap barang disekitarnya?Hampir semua bayi memiliki naluri untuk mengacak-acak benda yang ada disekitarnya.  Naluri itu wajar dan sebagai orang tua anda bisa membantu mereka untuklebih kreatif tanpa harus melukai sang bayi.

Ada beberapa manfaat bayi yang suka bermain acak-acakan terhadap barang disekitarnya, diantanya adalah:

  • Tumbuhnya rasa ingin tahu pada bayi

Bayi yang suka bermain acak-acakan selalu ingin tahu tentang benda yang mereka  pegang, bahkan mereka akan mencari benda yang serupa atau berbeda untuk mereka buat acak-acakan. Karena mereka tidak memiliki tujuan yang khusus tentunya mereka akan lebih bebas untuk bereksplorasi.

  • Awal dari kreatifitas bayi

Bayi yang sering menemukan hal baru terhadap benda  disekitarnya, mereka akan mudah untuk  berkreasi. Kreatifitas mereka  akan timbul karena  keinginan yang kuat untuk melakukan hal baru terhadap barang yang dilihatnya. Selain itu bayi yang sering  mengacak-acak akan tumbuh keberanian untuk mencoba dan  berkreasi terhadap hal yang dihadapinya.  Ini adalah langkah awal bagi mereka untuk mengembangkan diri dengan lingkungan sekitar  melalui benda yang dilihatnya.

  • Bayi  semakin senang belajar

Bila anda membiarkan bayi bermain acak-acakan, mereka akan semakin tertantang dan semakin senang untuk belajar. Coba bila anda marah ketika bayi mulai mengacak-acak mainan, tentu mereka  menjadi takut dan malas untuk belajar.  Kemarahan anda akan menghampat  proses belajar mereka.

  • Mempermudah bayi berinteraksi dengan lingkungan

Semakin anda membiarkan bayi  bereksplorasi dan berkreasi maka semakin cepat mereka berinteraksi dengan lingkungan. Bayi yang senang dengan hal baru, mereka justru akan semakin cepat untuk berinteraksi dengan anda,  orang lain dan benda yang ada disekitarnya.

Bagi anda yang ingin mengasah kreatifitas bayi dan membiarkan mereka bermain acak-acakan, ada beberapa tips yang bisa  anda lakukan agar bayi merasa senang dan mereka lebihh berkreasi. Berikut tips bermain acak-acakan bagi bayi anda:

  • Amati benda yang dibuat bermain

Bila anda ingin  bayi bermain acak-acakan,amati terlebih dulu benda apa yang mereka buat. Hal ini sangat penting  untuk mencegah  terjadinya kecelakaan kecil pada bayi. Sebisa mungkin anda menghindarkan mereka dari benda  tajam atau yang bisa membuat bahaya.  Anda bisa memudahkan permainan bayi dengan memberikan benda yang benar-benar aman untuk mereka.  Berikan benda yang akan  dibuat permainan anak pada  lantai agar mereka mudah mengambilnya.

  • Awasi bayi

Sekalipun anda memberikan benda yang aman dan diletakkan apda lantai, namun pengawasan tetap harus anda lakukan untuk mereka. Awasi setiap gerak bayi dan biarkan mereka berkreasi selama tidak membahayakan  diri mereka. Kehadiran anda disamping bayi akan memberikan rasa aman dan senang pada bayi.

  • Libatkan anda saat mereka bermain

Sangat penting bagi anda untuk melibatkan diri saat bayi sedang asyik bermain acak-acakan. Anda bisa mengajaknya bicara untuk meningkatkan keingin tahuan mereka tentang apa yang mereka lakukan.  Semakin anda melibatkan diri salam permainan mereka  semakin mudah bagi mereka untuk berkreasi.

  • Berikan waktu yang lebih lama untuk si kecil

Anda bisa memberikan cukup waktu untuk si kecil ketika mereka sedang acak-acakan benda di sekitarnya. Semakin sering anda memberikan kebebasan  pada   bayi untuk berkreasi maka semakin mudah bayi untuk terus belajar.

  • Berikan bayi kenyamanan saat bermain

Kenyamanan yang bisa anda berikan pada bayi bisa berupa pakaian yang   mereka kenakan. Pakaikan mereka  baju yang nyaman ketika mereka bergerak dan bermain dan pastikan bayi benar-benar tenang bersama anda  saat itu.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang