KENALI INFEKSI TELINGA PADA BAYI SEJAK DINI

Infeksi telinga adalah masalah yang umum pada bayi dan  balita jika dibandingkan dengan  orang dewasa. Infeksi telinga disebabkan oleh penumpukan cairan di telinga tengah yang bisa menimbulkan  rasa nyeri   pada bayi. Banyak infeksi telinga yang disertai dengan infeksi saluran pernapasan. Namun infeksi telinga sangat umum pada anak-anak terutama  pada bayi atau balita.  Infeksi ini bisa menimbulkan rasa sakit dan  demam  dan  dalam hal ini antibiotik tidak selalu diperlukan.  Pada infeksi  telinga kemungkinan besar juga  disebabkan karena beberapa cairan di ruang belakang gendang telinga  selama beberapa minggu setelah infeksi terjadi. Hal ini adalah normal dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Infeksi telinga sering terjadi selama atau setelah dingin namun ada beberapa penyebab lainnya yang  juga bisa menyebabkan infeksi tersebut.Infeksi telinga tidak dapat diwariskan dari satu orang ke orang lain  dan rasa sakit dari infeksi telinga datang dengan cepat dan tidak berlangsung lama. Biasanya  rasa sakit terjadi  karena infeksi telinga pada  bayi  yang berlangsung dalam waktu 24 jam. Setelah infeksi telinga,  bayi  Anda  akan mengeluarkan cairan di belakang gendang telinga yang dapat berlangsung beberapa minggu  bahkan  bisa  sampai satu bulan. Karena hal ini  maka bayi bisa merasa tidak nyaman di telinganya apalagi  jika dia harus menahan  rasa sakit dan nyeri. Cairan ini juga menyebabkan penurunan jangka pendek  pendengaran di telinga  bayi.

Gangguan pendengaran adalah komplikasi utama infeksi telinga pada bayi yang  akut atau parah.  Saat terjadi gangguan pendengaran tersebut, cairan pad agendang telinga menutup hampir semua bagian pada   gendang sehingga bayi sulit merespon  suara  dari luar. Cairan yang mengumpul dibelakang gendang telinga  bisa bertahan selama beberapa minggu atau bulan setelah infeksi telinga tersebut. Cairan ini biasanya hilang dalam waktu 12 minggu. Sebuah lubang di gendang telinga bayi yang mengalami infeksi  dapat menghasilkan penumpukan nanah. Nanah tersebut pastinya  membuat bayi tidak nyaman, bahkan bayi Anda akan mengalami masalah  yang lebih serius karena  telinganya bernanah.

Berikut beberapa penyebab dari infeksi telinga pada  bayi

ü  Bakteri dan virus

Bakteri dan virus dari infeksi saluran pernapasan  atau infeksi lainnya bisa menimbulkan  infeksi pada telinga bayi. Bakteri akan menginfeksi ruang di belakang gendang telinga bayi Anda.

ü  Pembengkakan dan peradangan tabung Eustachian

Sebagai akibat dari infeksi  maka  hal ini bisa menyebabkan tabung untuk menjadi diblokir  Akibatnya, udara tidak bisa mencapai ruang di belakang gendang telinga.  Cairan dan nanah terkumpul di ruang belakang gendang telinga  dan gendang telinga menjadi merah dan menyebabkan  rasa sakit.

ü  Riwayat keluarga infeksi telinga

ü  Bayi  Anda sering terkena asap rokok

Gejala infeksi telinga pada bayi

Gejala-gejala infeksi telinga juga terjadi pada penyakit lain, infeksi telinga  pada bayi sering disertai dengan demam, bayi menjadi rewel, gelisah dan menunjukkan tanda-tanda sakit saat bernafas,  sering gemetar kepalanya, dan menarik-narik telinganya. Selain itu bayi yang mengalami  infeksi telinga, biasany  mengalami pembengkakan pada telinganya,  telinga menjadi kemerahan atau  rasa nyeri di sekitar telinga. Bayi  juga akan mengalami leher yang  kaku  dan sangat peka terhadap cahaya.

Pengobatan   infeksi telinga  pada bayi

ü  Diagnosa

Jika bayi Anda mengalami masalah infeksi pada   telinganya,  langkah yang tepat adalah membawa bayi ke dokter untuk  dilakukan diagnosa terhadap gejala-gejala yang dialami oleh bayi Anda. Untuk melakukan hal ini  dokter akan menggunakan alat yang disebut otoskop untuk melihat lubang telinga dan gendang telinga  bayi  Anda. Pada umunya bayi dan anak-anak tidak suka  jika telinga mereka diperiksa. Untuk memudahkan, dokter akan meminta tolong Anda untuk menempatkan bayi Anda dipangkuan dan memeluk lengan dan tubuh bayi  sementara dokter akan melihat bagian dalam telinga  bayi Anda.  Diagnosa ini tidak menyakitkan dan usahakan bayi tidak bergerak saat diperiksa dokter. Jika  bayi Anda bergerak selama pemeriksaan, hal ini justru dapat menyakitkan bagi  si kecil dan membuat  dokter lebih sulit untuk memeriksa telinga   bayi Anda.

ü  Pemberian parasetamol

Pereda nyeri biasa penting untuk membantu anak Anda merasa lebih nyaman dan  gunakan parasetamol untuk  membantu mengurangi rasa sakit dan demam sehingga dapat  membuat bayi Anda merasa lebih baik. Anda harus memberikan  parasetamol tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk  usia bayi Anda. Sangat berbahaya  jika Anda memberikan lebih dari dosis yang dianjurkan oleh dokter atau apoteker.

ü  Berikan  antibiotik pada bayi

Pemberian antibiotik merupakan  pengobatan  untuk mengurangi demam pada bayi akibat infeksi telinga. Pemberian antibiotik ini juga harus  sesuai dengan petunjuk dokter, tidak boleh kurang  dan juga tidak boleh lebih. Penggunaan antibiotik tergantung pada beberapa faktor  diantaraya   tentang seberapa parah infeksi  telinga pada bayi Anda,  berapa umur bayi Anda, seberapa sering bayi Anda memiliki infeksi telinga tengah sebelumnya.  Pemberian antibiotik ini juga  harus   ditentukan  seberapa lama  bayi Anda memiliki infeksi telinga, apakah bayi  Anda pernah mengalami komplikasi dari infeksi telinga sebelumnya.

ü  Berikan makanan sehat pada  bayi Anda

Makanan  yang sehat bisa mencegah  berbagai penyakit pada bayi, demikian juga untuk mencegah dan mengobati infeksi telinga pada bayi Anda. Tidak ada cara untuk menjamin bahwa  bayi Anda tidak akan mengalami infeksi telinga, tetapi memberikan makanan sehat  dan menjaga kebersihan bayi, hal ini akan memastikan bahwa  bayi Anda akan  sehat dan  bersih  sehingga bisa terbebas dari  infeksi  telinga dan infeksi lainnya.

ü  Penanganan dokter

Penanganan terbaik   pada infeksi telinga  yang parah adalah   perawatan   dokter. Seorang dokter  akan merekomendasikan pengobatan untuk infeksi telinga pada bayi baik antibiotik ataupun obat lainnya. Dulu mungkin amoksisilin sering digunakan untuk mengobati infeksi telinga, namun karena peningkatan resistensi bakteri  terhadap obat tertentu, dokter telah mengurangi penggunaan antibiotik  dengan menggantinya  pada obat yang lebih baik. Tidak semua infeksi telinga  pada bayi disebabkan oleh virus dan dapat diobati dengan antibiotik.

ü  Berikan bayi minuman  hangat

Sebagai  cara yang sederhana  dan mudah dilakukan setelah  hal di atas,  berikan bayi minuman  hangat. Minuman  yang hangat  dapat  membantu meringankan ketidaknyamanan pada bayi.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang