MAKANAN YANG HARUS DI HINDARI IBU HAMIL

Hamil, apakah anda sudah merawat kehamilan dengan baik, bagaimana  dengan makanan yang anda konsumsi?  Banyak wanita yang  masih kurang peduli dengan kehamilannya demikian juga dengan makanan yang dikonsumsinya. Kehamilan memang menjadi hal yang sangat dinanti oleh  wanita namun saat mereka hamil,  anda  harus bisa menjaga kehamilan tersebut  hingga  saat melahirkan.  Hamil  adalah suatu proses  yang terjadi setelah seorang perempuan dan  pria melakukan hubungan  seksual. Namun setelah mereka melakukan hubungan seksual tersebut tidak semua wanita bisa mengalami kehamilan,  bahkan banyak wanita dan   pasangannya yang sering melakukan  hubungan seksual namun  perempuan tersebut tidak mengalami kehamilan sama sekali.

Kehamilan pada seorang wanita terjadi ketika sel-sel sperma  yang masuk  pada rahim  seorang perempuan   membuahi  sel telur  tersebut yang telah matang.  Pria dewasa  akan mengeluarkan sperma rata-rata sekitar 2cc hingga 3 cc . Pada setiap 1 cc  sperma tersebut mengandung   lebih dari 100 juta sel sperma.  Setelah ejakulasi tersebut maka  sperma akan   berlarian   mengelilingi rongga rahim wanita.  Sperma yang bergerak  menuju tuba falopi,  sel-sel yang melapisi tuba falopi tersebut  akan mempermudah terjadinya  pembuahan maupun pembentukan  sel telur yang telah dibuahi. Bila  wanita yang mengalami masa subur tersebut  terdapat sel telur yang telah matang maka akan terjadi pembuahan oleh sel sperma. Kepala sperma akan menembus sel telur kemudian akan bersatu dengan inti sel telur tersebut. Sel telur hanya bisa dibuahi oleh satu sperma saja diantara jutaan sperma yang   dikeluarkan pria saat ejakulasi.

Saat    sel telur telah dibuahi oleh sperma maka wanita akan mengalami kehamilan yang ditandai oleh beberapa  hal seperti perubahan fisik dan psikologis.   Masa kehamilan akan menjadi masa yang sangat menyenangkan bagi wanita karena dari pernikahan, setiap pasangan selalu menginginkan  memiliki  buah hati. Saat hamil, anda perlu mengetahui banyak hal, bukan hanya anda harus menjaga kesehatan anda sendiri namun anda  juga harus menjaga kandungan dari berbagai hal. Makanan yang anda konsumsi adalah salah satu hal penting yang perlu anda pehatikan saat hamil. Saat kehamilan anda membutuhkan makanan yang cukup  baik gizi maupun  nutrisinya.

Makanan yang anda konsumsi bukan hanya untuk diri anda namun juga untuk kesehatan janin yang anda kandung tersebut. Bila anda sembrono atau seenaknya saja mengkonsumsi makanan  dan minuman, hal ini akan menggangu kesehatan janin bahkan bisa membahayakan janin yang anda kandung tersebut. Banyak kejadian seorang wanita  mengalami keguguran dikarenakan konsumsi makanan dan minuman yang tidak  naik untuk janin. Banyak  jenis makanan maupun minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil.  Dengan menghindari   beberapa makanan dan minuman yang  berbahaya saat kehamilan tersebut anda bisa melahirkan janin dengan lancar dan janin akan tumbuh menjadi bayi yang sehat dan kuat.

Sebagai faktor yang sangat penting saat kehamilan anda  maka makanan akan menentukan pembentukan janin yang sehat. Makanan yang mengandung nutrisi maupun gizi cukup  membuat anda semakin sehat  saat kehamilan. Perkembangan bayi dalam kandungan anda pun juga tergantung pada  semua yang anda makan saat itu.  Dalam memilih makanan maka  anda bisa mencari berbagai sumber makanan dan minuman apa saja yang harus anda konsumsi dan hindari. Ada beberapa jenis makanan yang harus anda  hindari karena bisa menyebabkan masalah serius pada kehamilan.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang perlu anda hindari saat kehamilan:

  • Hindari  daging mental
    Konsumsi daging mentah maupun daging yang dimasak  setengah matang saat kehamilan, hal ini  sangat tidak tepat.  Daging yang dimasak tidak matang ataupun daging yang mentah  mengandung  parasit   yang  disebut dengan Toksoplasmosis  yaitu parasit yang  menyebabkan  infeksi  cukup serius pada janin anda. Selain itu daging mentah juga mengandung  nakteri Ecoli yang  membahayakan  ibu hamil.
  • Hindari  telur ayam yang kurang matang dan masih mentah

Anda  salah satu penggemar telur ayam, saat hamil sebaiknya anda memasak telur tersebut dengan matang. Bila mengkonsumsi   telur ayam yang masih mentah atau kurang matang maka  hal ini bisa menimbulkan   sakit perut pada ibu hamil. Bakteri salnomelle yang ada pada telur mentah maupun daging dan hati ayam tersebut  itulah yang  menyebabkan diare.  Selain itu, anda perlu memperhatikan beberapa peralatan masak   untuk memasak  daging ayam.

  • Hindari konsumsi keju  dari susu kambing

Keju yang bersifat lunak   yang bisa anda temukan   seperti brie, blueveined, cheese maupun   brie yang berasal dari susu kambing, beberapa produk keju tersebut mengandung listeria  yang  bisa menyebabkan infeksi pada janin anda. Bakteri listeria tersebut merupakan  bakteri yang bisa menyebabkan keguguran karena bisa menembus dinding plasenta. Selain menimbulkan keguguran ternyata bakteri yang ada pada keju dari susu kambing ini juga bisa menyebabkan kelahiran prematur, keracunan yang terjadi dalam darah sehingga sangat membahayakan  janin.

  • Ikan berukuran besar

Beberapa jenis ikan yang berukuran besar memiliki tingkat mercury  yang lebih tinggi  seperti pada  ikan tuna, paus,  dan ikan besar lainnya. Bila ibu hamil mengkonsumsi  ikan   tersebut maka bisa menimbulkan gangguan pada janin berupa kerusakan pada saraf.

  • Hindari kurangi konsumsi  alcohol

Bagi ibu hamil, hindarilah konsumsi minuman yang mengandung alcohol karena jenis minuman tersebut bisa menyebabkan  kelainan pada janin. Perkembangan janin menjadi terganggu  karena konsumsi alcohol dan juga minuman ini akan menyebabkan  masalah pada emosional  bayi nantinya. Selain minuman yang mengandung alkohol, minuman yang mengandung cafein pun juga berbahaya bagi  ibu hamil. Cafein  yang terdapat pada kopi maupu  teh bisa menimbulkan bayi memiliki berat badan yang   rendah, keguguran maupun  bayi akan  kekurangan zat besi.

  • Fast food

Konsumsi makanan siap  saji yang banyak dijual dipasaran bukanlah pilihan  yang tepat.  Saat anda hamil,sebaiknya hindari makanan cepat saji karena   ada beberapa makanan yang  mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh    ibu hamil dan juga bayi yang dia kandung.

Beberapa jenis makanan tersebut sebaiknya anda  hindari agar  anda dan janin   terhindar dari masalah kesehatan. Tentu saja bila anda sehat janin pun juga akan tumbuh sehat selama kehamilan dan bisa lahir menjadi bayi yang sehat. Makanan memang dibutuhkan saat kehamilan namun  perlu diperhatikan beberapa makanan yang bisa menimbulkan masalah bagi janin.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang