MANFAAT MAINAN KAYU

 

Mainan ini sederhana, biasanya warna warni, dan dalam berbagai bentuk. Tetapi di balik kesederhaannya, mainan ini menyimpan sejuta potensi. Misal saja menara huruf atau angka, dimana balita mulai di perkenalkan dengan huruf A-Z, angka 0-9. Sesuatu yang kelihatannya sederhana, tapi tidaklah sederhana ketika anak tersebut harus meletakkan angka atau huruf tersebut sesuai dengan urutannya, baik dari Z ke A, atau A ke Z, baik dari angka 1 ke angka 9, ataupun sebaliknya.

Mainan ini juga memperkenalkan anak pertama kali akan bentuk, (geometri)  baik segitiga, bujur sangkar, maupun lingkaran, atau pun bentuk bentuk yang lain. Mengapa di cat dengan warna yang berbeda beda tujuannya untuk memperkenalkan warna kepada anak pertama kali.

Balok balok seperti city blok baik yang jumlahnya sedikit  maupun yang jumlahnya ratusan yang di susun membentuk berbagai bentuk bangunan, juga merangka kreatifitas anak, untuk menyusun balok tersebut, dan mempertahankan bangunan yang sudah disusun, karena pada balita ada kecenderungan untuk menjatuhkan atau membongkar bangunan tersebut.

Mainan seperti maze itu juga melatih kesabaran balita, melatih motorik halus dan juga melatih kecerdasan anak untukmencari jalan keluar akan sebuah permainan.

Puzzle juga berguna untuk merangsang kreatvitas anak, mengajarinya kesabaran, dan merangsang imajinasi anak untukmemasangnya kembali.

Permainan seperti kulintang, angklung, rebana, memperkenalkan anak pada bunyi2an dan juga merangsang anak menggunakan motorik halusnya.

Mainan kayu juga dapat di pergunakan sebagai alat peraga, misal memperkenalkan alphabet baik inggris, Indonesia, dan arab. Dapat juga di bentuk sedemikian rupa sehingga memperkenalkan anak terhadap objek2 tertentu seperti alat2 tukang, rambu2 lalu lintas, maupun profesi dan  bentuk buah2an dan sayur2an.

Itu lah sebabnya Maureen babymart kini menyediakan banyak mainan peraga seperti mainan kayu dan puzzle, karena mainan ini banyaklah manfaatnya.

 

 

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *