MANFAAT PENTING ASAM FOLAT SAAT KEHAMILAN

Saat  Anda hamil, menjaga tubuh dan janin agar tetap sehat adalah penting. Tidak hanya tubuh yang sehat  namun Anda juga bisa memastikan bahwa Anda akan baik –baik saja selama sembilan bulan ke depan dan  juga memastikan bahwa bayi sehat di dalam rahim. Makan makanan bergizi adalah suatu keharusan  dan  juga  mencukupi kebutuhan folat, vitamin B yang larut dalam air. Beberapa hal tersebut merupakan nutrisi penting bagi wanita yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil sehingga mereka harus  mengkonsumsi  folat jumlah yang cukup. Folat secara alami ditemukan dalam makanan tertentu, seperti sayuran hijau, roti, sereal dan kacang-kacangan. Untuk memastikan bahwa tubuh seorang wanita hamil  menyediakan   cukup folat, asam folat sering diresepkan oleh dokter, terutama selama 12 minggu pertama kehamilan.

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat, yang  bisa didapatkan dalam bentuk suplemen. Asam folat adalah bentuk buatan manusia folat, juga disebut sebagai folacin, asam pteroylglutamic, dan vitamin B9. Asam folat membantu jaringan tubuh untuk tumbuh dan sel-sel bekerja. Setiap orang membutuhkan asam folat, tetapi untuk wanita yang sedang hamil, atau mereka yang berusaha untuk hamil, mencukupi kebutuhan folat  benar-benar penting. Asam folat diperlukan untuk produksi DNA, untuk pertumbuhan sel yang cepat dan dibutuhkan untuk membuat jaringan pada janin dan organ di awal kehamilan. Mencukupi kebutuhan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah bayi lahir dengan cacat tabung saraf seperti spina bifida dan anencephaly. Untuk mencukupi kebutuhan asam folat, seorang wanita  bisa mencukupinya mulai satu bulan sebelum dia hamil dan ketika dia hamil.

Antara hari ke-17 dan ke-30 setelah pembuahan atau 4-6 minggu setelah hari pertama menstruasi terakhir wanita, kebanyakan wanita tidak perlu lebih dari 1.000 mikrogram asam folat setiap hari. Ada beberapa wanita yang mengkonsumsi asam folat dengan dosis yang lebih tinggi. Sebaiknya   Anda bicarakan dengan dokter  untuk memastikan Anda mendapatkan  asam folat dalam jumlah yang tepat. Meskipun tidak beracun  mengkonsumsi asam. Asam folat membantu melindungi bayi yang belum lahir Anda dari  kecacatan  sel saraf  otak seperti spina bifida. Asam folat juga dapat membantu mencegah cacat lahir lainnya, seperti bibir sumbing. Asam folat yang baik untuk Anda juga dan bekerja dengan vitamin B12 untuk membentuk sel-sel darah merah yang sehat.  Jika Anda tidak mencukupi  asam folat yang cukup, hal ini dapat menyebabkan Anda   anemia.

Berapa banyak asam folat yang saya perlukan selama kehamilan?

Jika Anda sedang hamil  pada trimester pertama kehamilan, Anda disarankan untuk mengambil suplemen harian asam folat  5mg  dan makan makanan yang kaya folat.  Konsumsi asam folat tersebut akan membantu melindungi bayi Anda dari cacat lahir dan mengurangi risiko keguguran. Anda harus mulai mengkonsumsi  suplemen asam folat segera setelah Anda memutuskan untuk hamil  hingga tiga bulan sebelum Anda hamil. Lanjutkan mengkonsumsi asam folat bersama dengan suplemen zat besi selama kehamilan dan selama enam bulan pertama menyusui. Jika Anda mengkonsumsi  obat  tertentu misalnya obat epilepsi, dokter mungkin meresepkan dosis yang lebih tinggi dari asam folat.  Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki epilepsi dan mencoba ingin  hamil.

Bila Anda kelebihan berat badan dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 25, atau  Anda memiliki diabetes, dokter mungkin meresepkan dosis  asam folat yang lebih tinggi. Jika Anda kelebihan berat badan atau memiliki diabetes, hal ini meningkatkan risiko Anda memiliki bayi dengan NTD. Wanita dengan BMI lebih tinggi cenderung memiliki tingkat yang lebih rendah folat dalam darah mereka. Jadi, tanyakan dokter Anda untuk saran terbaik  setelah Anda memutuskan untuk hamil.  Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung  lebih banyak folat yang Anda butuhkan. Selain itu  dokter  juga akan menyarankan mengkonsumsi  suplemen asam folat.

Manfaat asam folat  bagi ibu hamil

 

Konsumsi makanan yang sehat selama kehamilan memang penting, demikian juga dengan konsumsi  asam folat. Seorang wanita yang memutuskan untuk hamil,  dia harus siap untuk menjaga kesehatan janinnya hingga  terlahir di dunia. Bukan hanya kesehatan janin, namun juga kesehatan  dia sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah  asam folat, konsumsi asam folat untuk  kebutuhan Anda saat hamil harus sesuai dengan anjuran dokter. Jika berlebih dalam konsumsi  asam folat, hal ini juga  tidak baik dan bisa menimbulkan masalah kesehatan Anda dan janin.

Berikut beberapa manfaat  asam folat untuk  ibu hamil:

 

ü  Mencegah cacat  sumsum tulang belakang bayi

Ibu hamil membutuhkan 400-800 mcg asam folat pada tahap awal kehamilan.Asam folat merupakan pemain utama dalam ‘perkembangan otak janin dan pencegahan cacat lahir  yang utama, seperti spina bifida.  Cacat ini merupakan  cacat dimana tulang belakang bayi tidak menutup dengan benar, sehingga memiliki risiko pada sumsum tulang belakang. Cacat jenis ini bisa menimbulkan cacat seumur hidup, khususnya dalam pengembangan keterampilan motorik.

ü  Asam folat membantu menghindari anemia

Asam folat membantu menjaga darah yang sehat dengan menciptakan sel-sel darah merah yang penting dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika kekurangan asam folat maka dapat menyebabkan anemia sehingga  tubuh menjadi kelelahan dan lemah secara keseluruhan.

ü  Menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut

Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kusam, kuku rapuh atau rambut kering, maka asam folat dapat menjadi solusi. Asam folat membantu tubuh dalam pertumbuhan sel-sel baru dan menjaga kelembaban kulit.

ü  Membantu mencegah beberapa jenis kanker

Mencukupi asupan asam folat dapat membantu  mencegah kanker seperti kanker usus dan bagian lain di saluran pencernaan dan kanker payudara pasca-menopause. Namun, sangat disarankan bahwa hanya  mengkonsumsi  asam folat dengan jumlah yang dianjurkan setiap hari, karena  jika konsumsi berlebih hal ini  justru dapat menimbulkan risiko lebih  tinggi pada  kanker yang diderita.

ü  Melawan gangguan otak

Asam folat membantu dalam fungsi kognitif dan  melindungi otak terhadap gangguan memori yang berkaitan dengan usia, seperti penyakit Alzheimer. Asam folat telah terbukti untuk melawan tingginya tingkat homocysteine, asam amino yang ditemukan dalam darah yang dikenal dalam pertumbuhan Alzheimer.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang