MASALAH KESEHATAN PADA ANAK INDONESIA

Berbicara masalah anak-anak yang ada di benak anda tentu lucu dan  menyenangkan, namun tidak semua hal tentang anak itu menyenangkan. Anda bisa melihat dari beberapa tayangan di televisi tentang kondisi anak-anak di Indonesia. Ada sebagian  anak-anak yang mengalami masalah kesehatan terutama gizi buruk, mereka seharusnya menjadi perhatian bagi  pemerintah dan pihak tertentu untuk diperhatikan. Yang  dekat dengan anak-anak adalah anda sebagai orang tuanya. Apakah anda telah memberikan yang terbaik untuk buah hati anda saat ini,  pakaian, makanan dan juga tempat tinggal yang layak?  Kesehatan memang menjadi salah satu masalah terutama kesehatan  anak-anak dan hal ini perlu mendapatkan perhatian yang cukup serius.

Banyak kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah  yang berkaitan dengan kesehatan anak-anak. Ada banyak kasus kesehatan anak yang  kemudian menjadi perbincangan bahkan menjadi perbincangan dunia. Hal ini bisa menjadi  pelajaran bagi anda untuk selalu menjaga kesehatan anak. Sebagian oerang tua memang telah memberikan yang terbaik bagi anaknya, hal ini berhubungan dengan  makanan yang mereka konsumsi dan juga beberapa suplemen makanan terbaik untuk anak-anak. Bila  banyak masalah kesehatan  pada anak, hal ini terjadi karena  kurangnya  perhatian orang tua atau bahkan  mereka tidak mendapatkan asupan makanan yang  dibutuhkan dari orang tuanya.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak Indonesia:

  • Pemberian ASI

Kelihatannya memang masalah yang sangat sepele, seorang ibu tidak bisa memberikan ASI  kepada  anaknya dengan alasan sibuk bekerja atau memang karena malas untuk memberikannya. Apapun alasan anda pemberian ASI seharusnya tetap anda lakukan. Sayangnya tidak semua ibu mengerti betapa pentingnya ASI tersebut bagi anak terutama  yang berhubungan dengan kesehatan anak. Seorang anak yang mendapatkan ASI mereka  akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan ini sangat berbeda dari anak-anak yang hanya mengkonsumsi susu  formula. Sampai saat ini tidak ada yang bisa menggantikan  khasiat ASI untuk anak bahkan susu formula yang memiliki harga mahal dan bermerek terkenal. ASI sangat baik bila dikonsumsi anak saat mereka   baru lahir hingga  usia anak mencapai 2 tahun.

  • Imunisasi

Bagi orang tua memberikan makanan yang terbaik untuk  buah hatinya belumlah cukup, masih  banyak hal penting yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan anaknya adalah dengan  imunisasi. Imunisasi memang dianjurkan oleh pemerintah agar anak-anak  bisa memiliki kekebalan tubuh yang tinggi. Kekebalan  tubuh yang tinggi ini akan mencegah  anak-anak  terserang berbagai jenis penyakit. Sayangnya yang  terjadi saat ini adalah kurangnya  kesadaran orang tua untuk memberikan imunisasi pada anaknya. Ketika anak tidak mendapatkan imunisasi sesuai anjuran dokter maka  kekebalan tubuh mereka akan rendah dan mudah bagi kuman, virus maupun penyakit untuk menyerang anak-anak.

  • Gizi buruk

Ternyata masalah gizi buruk bukan hanya dialami oleh anak-anak di luar negeri saja namun hal ini juga sering terjadi pada anak-anak Indonesia. Sebagian orang tua masih belum memahami tentang  pentingnya gizi  yang dibutuhkan anak-anak mereka. Sebagian masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi buruk tersebut terjadi  pada daerah  yang masih terpencil. Keterbatasan  komunikasi, minimnya pendidikan dan banyak orang yang percaya dengan beberapa mitos inilah yang sering menyebabkan gizi buruk pada anak-anak. Kemiskinan yang terjadi membuat anak menjadi korban bahkan   faktor kemiskinan tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap asupan makanan anak-anak.

 

  • Kekurangan yodium

Yodium menjadi salah satu hal yang penting untuk kesehatan anak, tanpa yodium  yang cukup anak-anak bisa  mengalami masalah  seperti menderita penyakit kelenjar gondok. Bila seorang ibu  saat kehamilannya  mengalami pembengkakan pada kelenjar gondok maka secara tidak langsung dia  juga akan melahirkan bayi yang  kekuranan  yodium. Masalah ini memang banyak terjadi  namun bagi ibu hamil  mereka bisa mencegah kekurangan yodium dengan  mengkonsumsi yodium sesuai kebutuhan, tidak  terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak.

  • Kekurangan  zat besi

Hampir semua anak di Indonesia mengalami masalah kekurangan zat besi padahal zat ini sangat penting untuk kesehatan anak  bahkan dibutuhkan sejak anak  masih dalam kandungan. Tidak semua orang tua  sadar bahwa zat besi itu sangat dibutuhkan oleh anak mereka. Pada dasarnya sejak bayi berusia 4 bulan pun mereka membutuhkan  tambahan zat besi  yang didapatkan  pada makanan yang dikonsumsinya. Sayangnya tidak semua orang tua mengetahui makanan apa saja yang  mengandung zat besi yang cukup. Jika akan mengalami kekurangan zat besi maka  mereka akan mengalami pertumbuhan yang kurang sempurna kelak.  Selain itu kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan cacat fisik pada anak-anak.

  • Kekurangan  vitamin A

Anak –anak membutuhkan  asupan makanan yang cukup dan mereka juga memerlukan vitamin untuk dimanfaatkan tubuh. Salah satu vitamin yang penting untuk mereka adalah vitamin A dan vitamin ini banyak anda jumpai pada beberapa jenis sayuran dan buah-buahan.  Kekurangan vitamin A pada anak-anak akan menimbulkan gangguan pada mata seperti halnya penyakit mata.  Bila  gangguan  pada mata ini  tidak segera diatasi maka bisa menimbulkan masalah lain seperti halnya kebutaan.  Bagi ibu hamil sebaiknya  harus memperhatikan  kebutuhan vitamin A bagi janinnya.

Dari beberapa masalah kesehatan diatas sebenarnya masih banyak lagi masalah kesehatan pada anak-anak Indonesia  yang perlu diperhatikan. Tentu saja banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak-anak sebelum mereka menderita salah satu penyakit. Bagi ibu sangat penting untuk memberikan makanan sehat dan seimbang serta  berikan mereka  ASI saat usia lahir hingga 2 tahun.

Kebutuhan gizi dan nutrisi anak  yang tercukupi membuat anak lebih  sehat dan mereka akan terhindar dari berbagai penyakit. Bila anda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati dan menghindarkan mereka dari berbagai penyakit,  cobalah saat ini untuk  memberikan gizi dan nutrisi kepada yang terbaik pada anak anda. Mulailah dengan  memberikan konsumsi makanan seimbang   pada anak dan bila perlu berikan anak susu formula  agar mereka    tetap sehat. Dari hal yang kecil  bisa membuat segalanya menjadi  berarti bagi anak.  Kesehatan anak sangat penting untuk dijaga oleh orang tua, semakin anda memberikan  nutrisi dan gizi pada anak yang cukup semakin mudah bagi anda untuk menjaga mereka dari berbagai penyakit.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang