MEMANDIKAN BAYI, SEPELE, NAMUN BEGITU PENTING

Memandikan bayi, pastinya anda sering mengalaminya  saat anak-anak masih baru lahir atau saat mereka  berusia dibawah 1 tahun. Memandikan bayi memang  menjadi salah satu aktivitas ibu yang baru melahirkan selain menyusui  bayinya.  Bila anda   baru saja memiliki anak pertama maka  sering anda bingung bagaimana memandikan buah hati tersebut agar tidak membahayakan   si kecil. Mungkin bagi anda yang   belum pernah memandikan bayi, banyak inspirasi yang bsia anda dapatkan  sebagai cara terbaik untuk memandikan bayi.   Banyak cara sebenarnya untuk memandikan bayi  dan hal ini bisa sangat menyenangkan bagi anda. Selain kewajiban anda,  memandikan bayi juga bisa menjadi sarana untuk menstimulasi bayi terhadap lingkungan sekitarnya.

Bila anda memiliki bayi yang berbobot lebih besar maka  cara memandikannya  akan lebih mudah dibandingkan dengan bayi yang berbobot kecil.  Bayi yang akan dimandikan  ada baiknya bila didudukkan  agar lebih mudah ketika disabuni dan juga saat dibilas. Hal ini akan berlaku bagi bayi yang berusia  dibawah 1 tahun. Memandikan bayi memang suatu keharusan bagi anda  karena salah satu tujuan anda memandikan bayi adalah untuk  menstimulasi mereka terhadap berbagai hal  yang berhubungan dengan mereka.  Untuk menstimulasi anak  anda bisa memberikan beberapa mainan saat memandikannya. Saat inilah bayi mulai bermain-main dengan  mainan di bak mandinya.

Stimulasi bukanlah menjadi tujuan utama anda memandikan  bayi namun masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari hal ini. Memandikan  bayi akan membuat kulit bayi terawatt dan lebih segar. Anda bisa menggunakan beberapaproduk perawatan bayi yang aman dan tidak mengandung alcohol.  Tentu saja sebelum anda menggunakannya ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan  agar nantinya bayi tidak mengalami Karena memandikan bayi adalah kegiatan yang sangat penting bagi anda maka  hal ini harus dilakukan dengan tepat.   Badan bayi yang bersih akan terbebas dari kuman dan penyakit. Bila anda  membersihkan  bayi dengan cara memandikan yang tepat tentu saja bayi akan   terlihat lebih bersih dan  lebih sehat.

Memandikan bayi  merupakan kegiatan penting yang harus anda lakukan secara  hati-hati   agar bayi anda tidak terluka.   Memandikan bayi memang butuh  kesabaran dan juga butuh  ketrampilan, bila anda belum pernah memandikan bayi cobalah anda  belajar dari beberapa orang yang telah mahir atau anda bisa membaca berbagai informasi yang anda butuhkan di internet maupun di media cetak tentang   cara tepat memandikan bayi. Untuk memandikan bayi, anda pun harus memperhatikan berapa usia mereka karena  setiap tumbuh kembangnya bayi memiliki perbedaan kesensitifan kulit. Bayi yang memiliki usia lebih dari satu bulan, anda bisa memandikannya dua kali sehari setiap pagi dan sore hari sebelum jam 4 sore. Untuk memandikan bayi  anda yang masih berusia 1 hingga 2 bulan maka anda  bisa memperhatikan beberapa  konsep penting yang harus anda pahami.

Bila anda sudah mahir dan bisa memandikan bayi dengan cepat, hal ini cukup baik bagi anda namun  bila anda belum begitu mahir  ada baiknya anda bisa memandikannya hingga si kecil benar-benar bersih. Biasanya  untuk memandikan bayi anda memerlukan waktu sekitar 5 hingga 8 menit. Untuk memandikan bayi tersebut, anda bisa melihat berapa usia mereka terlebih dulu.

Berikut beberapa cara memandikan  memandikan bayi saat usia mereka dibawah 2 minggu hingga usia mereka diatas  2 minggu.

Memandikan bayi dibawah 2 minggu

Untuk memandikan bayi anda yang masih berusia dibawah dua minggu maka anda beberapa cara dibawah ini:

  • Tahap awal

Untuk tahap awal  memandikan bayi  saat mereka berusia  dibawah 2  minggu adalah dengan cara  menyiapkan terlebih dulu air hangat kuku  untuk mandi si kecil. Setelah air anda siapkan  maka anda bisa  melepaskan pakaian bayi satu persatu dengan hati-hati,  jangan sampai anda membuat bayi  merasa ketakutan saat mereka akan dimandikan.

  • Menentukan posisi terbaik untuk bayi saat memandikan

Untuk menentukan posisi bayi  yang tepat saat dimandikan anda bisa meletakkan bayi diatas meja mandi   dan agar bayi merasa nyaman,  gunakan  kain atau perlak untuk alasnya.

  • Tahap  membersihkan   tubuh bayi

Untuk membersihkan tubuh bayi maka  anda bisa menggunakan  kain halus atau handuk   maupun sarung tangan agar kulit bayi  tidak terluka.   Anda bisa mencelupkan  handuk   kedalam air hangat-hangat kuku  dan untuk pertama kali anda bisa mengusap serta membersihkan muka dan kepala bayi dengan lembut.  Karena bagian muka sangat rawan terhadap air terutama hidung, mulut dan mata, anda perlu  berhati-hati dan  jangan biarkan air masuk ke alat indra tersebut. Setelah mengusap muka dan kepala,selanjutnya anda bisa mengusap  badan bayi dengan mengangkat terlebih dulu  bagian dahi pusar agar tidak terkena air.

 

Agar bayi kulitnya halus, lembut dan wangi anda bsia menambahkan sedikit   sabun bayi pada handuk tersebut dan menyabun seluruh tubuh bayi. Setelah semua bagian tubuh bayi disabun,  bersihkan sabun dengan   menyiram air, anda juga busa mencelupkan  punggung bayi pada bak mandi  asalkan  air tersebut tidak masuk pada telinga bayi.

Bila anda memiliki bayi berusia 1 hingga 2 bulan,  cara memandikan bayi tersebut  adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan air mandi bayi

Sama halnya ketika  anda memandikan bayi usia dibawah 2 minggu, yang  pertama anda lakukan adalah  menyiapkan air hangat-hangat kuku.

  • Setelah itu anda bisa melepaskan pakaian  bayi satu persatu  dan  masukkan  bayi dalam bak mandi serta jauhkan kepala  dari air. Kepala bayi harus berada di atas  air agar  air tidak masuk  pada telinga dan mata bayi.
  • Posisi yang tepat untuk bayi

Usahakan  anda meletakkan bayi  di meja mandi, hal ini akan memudahkan anda  saat membersihkan  tubuh bayi.

 

  • Tahap memandikan bayi

Anda bisa memandikan bayi mulai dari  kepala, kaki dan seluruh badan dengan sabun khusus bayi. Sabun seluruh tubuh bayi dan bersihkan tubuh bayi yang telah  disabun tersebut dan bersihkan sabun tersebut dengan air hangat. Terlebih dulu anda bisa membersihkan bagian  depan bayi dengan cara menelungkupkan  bayi dan menyirap punggungnya.  Selain itu anda bisa membersihkan sabun bayi dengan cara mencelupkan punggung bayi  pada bak  mandi  bayi dan hindari  bagian kepala terkena  air.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang