Membuka toko retail

Toko maureen babymart akan memasuki usianya yang ke 3 1 desember nanti. Meski tergolong baru, ada sedikit hasrat dari diri kami untuk mensharingkan hal2 yang kami pelajari dalam membuka toko ini. Mungkin berguna bagi ibu2 yang ingin membuka toko atau online shop untuk sebagai penghasilan tambahan. (karena kadang ada beberapa customer yang datang menanyakan bagaimana menjadi reseller)

1. Mendengarkan. Online kami asalnya dari mendengarkan kebutuhan konsumen. Bagi ibu2 yang baru melahirkan, atau hamil tua, atau bagi yang tinggal di daerah perkotaan dimana kemacetan tidak dapat di hindari, sebuah toko yang memiliki website akan sangat membantu mereka untuk berbelanja dan mengetahui produk terbaru dan harga yang sepantasnya.

2. Berusaha melayani sebaik mungkin. Tidak ada yang istimewa dari toko kami. Barang yang kami jual juga di jual di kebanyakan toko pada umumnya. Yang kami berusaha lakukan adalah memberikan pelayanan yang baik kepada kastemer, dengan memberitahukan mereka apa yang mereka sebenarnya butuhkan, apa yang tidak mereka terlalu perlukan, dan lain lain. Hal ini sangat penting bagi kami, karena bagi kebanyakan ibu yang memiliki anak pertama, bingung membeli barang apa (meski sudah banyak list keperluan bayi, tapi tanpa experience akan produk tertentu, mereka akan salah pilih).

3. Komputerised. Meski sudah fully computerised, kadang masih bisa salah, apalagi kalau tidak pakai komputer

4. Karyawan adalah ujung tombak. Memang gaji pengaruh terhadap kinerja mereka dan kualitas karyawan yang bisa kita dapatkan, tetapi kita berusaha memperlakukan karyawan kita sebagai satu tim, bukan sebagai atasan atau bawahan, dan mengapresiasi hal2 yang mereka usulkan di daily report mereka. Mereka harus di hargai secara material dan non material.

Kami merasa 4 hal di atas yang membuat kami mampu bertahan. Tentu aja ada beberapa hal yang menjadi “momok” bagi kami seperti

1. Barang mati, barang salah beli yang tidak bisa di jual, barang sisa yang agak lama keluar. Tentu ini juga masalah karena barang2 ini selain menuh2i gudang juga memberikan kesan tidak nyaman di display. Biasanya kami sale terlebih dahulu, di bonuskan, atau kalau benar2 semua tidak bisa ya kami donasikan

2. Operating cost yang semakin hari semakin besar karena situasi. Gak usah liat kompetitor terlebih dahulu, musuh terbesar bukanlah kompetitor kita. Tetapi operasional cost. Listrik, air, retribusi, gaji karyawan, biaya perawatan gedung, iklan, dan biaya tidak terduga lainnya.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan bisa menjadi masukan bagi yang ingin membuka sebuah usaha.

Tentu kita sangat senang sekali apabila ada yang ingin mensharingkan pengalaman mereka, baik masalah, atau solusinya.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang