MEMULAI BISNIS BUDIDAYA ANGGREK BAGI IBU RUMAH TANGGA

Hampir semua wanita menyukai bunga apalagi ibu rumah tangga, pastinya Anda juga ingin membuat indah rumah  Anda dengan menanam bunga  berbagai macam.  Ada cukup banyak bunga  yang bisa memperindah rumah, bunga-bunga tersebut  bisa Anda dapatkan  dengan menanamnya  sendiri maupun dengan  membeli bunga. Membeli bunga di beberapa petani bunga tentu harganya mahal dibandingkan jika Anda bisa menanamnya sendiri.   Apakah Anda  tau bahwa dengan bisnis bunga   pelaku bisnis tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang besar? Bisnis  bunga bukanlah bisnis sembarangan, jika Anda bisa menjual  bunga dan menjadikan  bunga sebagai salah satu  plihan untuk berbisnis pastinya Anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Saat ini  banyak ibu rumah tangga yang memilih bisnis menjual bunga terutama bunga yang  bisa dijual dengan harga cukup mahal.  Beberapa bunga yang sangat baik untuk dijadikan  bisnis adalah bunga mawar, bunga anggrek dan juga bunga melati. Anda  bisa memilih bunga anggrek untuk   prospek bisnis yanng menjanjikan apalagi bunga satu ini bisa dipasarkan dengan mudah tanpa harus  menjualnya kesana kemari.  Bunga anggrek banyak disukai oleh wanita, bahkan banyak sekali wanita yang ingin melengkapi taman di rumannya dengan  bunga satu ini. Anggrek memiliki ciri yang unik dan membuat banyak orang   jatuh hari, hal inilah yang  menjadi peluang bisnis cukup menggiurkan bagi  Anda.

Bagaimana memulai bisnis anggrek apakah sulit? Memulai bisnis pastinya membutuhkan kerja keras, sekalipun Anda sudah banyak memiliki bisnis namun tetap saja untuk memulai bisnis baru yang berbeda, Anda membutuhkan ketekunan dan kegigihan agar bisnis tersebut bisa  berkembang. Demikian juga   bila Anda belum pernah menjalankan bisnis, Anda harus berjuang  agar bisnis tersebut bisa dijalankan dengan lancar. Untuk memulai bisnis  anggrek, Anda  bisa mencari berbagai informasi di   internet atau  yang lebih bagus adalah mencari  informasi tentang prospek bisnis anggrek pada mereka yang telah sukses menjadi pengusaha anggrek.

Berikut beberapa langkah untuk memulai bisnis anggrek  bagi ibu rumah tangga:

  1. Baca peluang bisnisnya

Peluang bisnis apapun harus dibaca terlebih  dulu, jangan langsung memilih bisnis   jika Anda belum membaca peluang bisnis. Misalnya   dalam  hal  ini Anda akan memulai bisnis  anggrek maka Anda harus membaca  peluang bisnis tersebut, apakah  bisnis anggrek ini  cocok untuk  satu tahun, sua tahun ataukah bisa dijadikan bisnis   dalam waktu yang cukup lama. Untuk  bisnis bunga terutama bisnis anggrek,hal ini tidak akan pernah surut atau mati,  banyak orang yang suka dengan anggrek dan  hal ini akan semakin bertambah.

  1. Pelajari  semua hal tentanng anggrek

Jangan sampai Anda menjalankan bisnis, tapi Anda tidak tau seluk beluk tentang bisnis tersebut. Jika  Anda  ingin menjalankan bisnis  anggrek maka  Anda juga harus mempelajari tentang  anggrek. Semua hal tentang bunga tersebut harus Anda ketahui, terlebih bagaimana cara merawat dan membibitkan bunga anggrek. Anda akan menjadi petani anggrek dan   penjual anggrek sehingga  Anda bisa mempelajari bagaimana membibitkan anggrek dan merawatnya hingga siap dipanen.

Beberapa anggrek yang bisa dibudidayakan  untuk bisnis diantaranya adalah Vanda Douglas, Gwi dan juga   Arachnis.  Ketiga anggrek tersebut   banyak dibudidayakan oleh  petani anggrek dan dijadikan bisnis  yang menggiurkan dan Anda bisa memilih ketiga jenis anggrek tersebut ataukah  memilih salah satu  anggrek untuk dijadikan bisnis.

Setelah Anda  mengetahui beerapa jenis  anggrek  tersebut maka  selanjutnya  pelajari bagaimana membibitkan anggrek dan juga merawatnya  hingga siap panen. Anda bisa memilih apakah   nantinya ingin menjual anggrek dari hasil pembibitan  langsung ataukah   ingin menjual   anggrek potongan.  Bisnis anggrek potong memang  cukup banyak peminatnya bahkan anggrek potong ini banyak yang di ekspor  ke luar negeri. Dari  kenyataan ini,   pastinya dengan memilih  bisnis  anggrek Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah.

  1. Membudidayakan bunga anggrek  di rumah

Banyak ibu rumah tangga yang menanam berbagai bunga  di rumah, Anda bisa menanam bunga  anggrek yang akan dijual kembali di pekarangan rumah atau ladang khusus yang akan digunakan untuk menanam  anggrek tersebut.  Menanam bunga anggrek memang bukan hal yang mudah, apalagi jika Anda belum pernah menanamnya. Untuk itu dibutuhkan kesabaran  agar  bisa mendapatkan hasil yang  bagus.  Untuk memulai budidaya anggrek  dibutuhkan  beberapa hal diantaranya adalah  lahan,  bagaimana cara membibirkan yang baik dan bagaimana perawatan  selanjutnya hingga  anggrek tersebut bisa dijual.

Untuk lahan yang digunakan budidaya  anggrek, pilihlah  lahan yang tidak trelalu panas dan juga lahan yang tidak terlalu dingin.  Anda bisa memilih lahan   potensial untuk budidaya anggrek  dengan  suhu antara 25 hingga 27 derajat celcius.  Bersihkan tanah  tersebut kemudian  gunakan kerangka bambu untuk menyangga  batang anggrek.  Untuk bibit anggrek, Anda bisa membeli bibit anggrek secara langsung  atau dengan  melakukan stek batang. Jika Anda memilih stek barang, maka  tanamlah stek  anggrek tersebut saat musim hujan. Lahan yang digunakan untuk menanam stek tersebut adalah  sabut kelapa dan  dalam waktu  8 minggu   potonglah sabut kepala tersebut,  setelah  6 bulan baru sabut kepala tersebut dipotong dan  diganti dengan media tanam.

 Lakukan penyemprotan pada anggrek   dengan  pestisida 1 atau 2 minggu sekali, jangan berlebihan.  Bunga anggrek akan muncul setelah 5 tahun terhitug sejak pertama kali ditanam. Setelah 5 tahun tersebut bunga anggrek akan muncul  dan untuk memanen bunga anggrek, lakukan panen setiap  1 minggu sekali. Jika  Anda ingin menjualnya dalam bentuk tanaman, maka Anda bisa menjualnya sebelum anggrek berbunga.  Apakah bisnis bunga anggrek membutuhkan  pemasaran? Tentu saja,  untuk menjalankan bisnis apapun pastinya harus  menggunakan pemasaran yang baik, Anda  harus memasarkan  anggrek  tersebut dengan cara tepat agar  keuntungan yang didapatkan juga  banyak.

Anda bisa menawarkan bunga anggrek tersebut pada beberapa tempat yang menjual bunga  potong atau  Anda bisa memasarkannya di pasar bunga setempat.  Akan lebih baik bila Anda memasarkan  anggrek pada  internet. Internet akan menjangkau lebih banyak konsumen sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen. Semakin baik pemasaran yang  Anda lakukan maka semakin  banyak  peluang Anda untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang