MEMULAI SALON KECANTIKAN

Kalau soal kecantikan  pasti banyak wanita yang ingin cantik alami  tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.  Banyaknya produk kecantikan  dan salon kecantikan saat ini menjadi peluang besar bagi siapa saja yang ingin berbisnis. Jika  Anda sebagai ibu rumah tangga yang ingin  berbisnis, namun Anda ingin  tetap di rumah    dengan  mendapatkan penghasilan tambahan, bagaimana solusi terbaik? Mengingat saat ini banyak wanita yang  ingin  selalu tampil cantik maka Anda bisa memilih peluang bisnis  buka salon kecantikan. Jangan salah, sekalipun sata ini ada cukup banyak salon kecantikan,  namun tidak semua salon kecantikan memberikan  pelayanan terbaik bagi konsumennya.

Untuk membuka usaha  tidak harus dengan  modal yang besar, apalagi jika  Anda ingin membuka salon kecantikan. Jangan   dibayangkan  jika membuka salon kecantikan itu  harus dengan modal yang cukup mahal.   Usaha salon kecantikan    lebh banyak mebutuhkan skill atau kemampuan Anda untuk memotong rambut, membentuk rambut, rias wajah dan beberpa hal seputar perawatan wajah,  tubuh dan juga rambut. Jika Anda   tidak memiliki  skill tetap saja Anda bisa membuka salon kecantikan. Yang  jelas, dengan skill yang bagus maka Anda akan semakin mudah mendapatkan konsumen dan pelanggan. Jika mereka terus menggunakan jasa  di salon Anda, hal ini akan membuat  Anda semakin  dikenal dan semakin mudah untuk mendapatkan keuntungan.

Persiapan awal sebelum membuka salon kecantikan

Menyiapkan segala sesuatu sebelum Anda benar-benar  membuka usaha, hal ini akan berdampak besar bagi kesuksesan Anda. Jika Anda ingin membuka usaha, sebaiknya lihat dulu bagaimana prospek usaha atu bisnis  yang  akan Anda jalankan. Untuk  bisnis salon kecantikan ini, jelas prospeknya akan  semaki bagus dari waktu kewaktu, hal ini  disebabkan oleh banyaknya wanita yang ingin tampil cantik namun dengan biaya yang tidak begitu mahal.  Untuk persiapan awal, Anda bisa membuat rencana bisnis atau business plan. Rencana bisnis ini   berupa kerangka bisnis yang akan Anda  jadikan pedoman untuk menjalankan  bisnis salon.

Persiapan kedua adalah bagaimana Anda menyiapkan diri untuk  menjadi seorang tenaga salon yang handal. Jika  Anda tidak mengetahui seluk belum bagaimana menjadi seorang penata rambut, seorang  tata rias wajah yang bagus dan bagaimana  memberikan jasa perawatan rambut yang baik maka Anda  bisa  memilih kursus kecantikan. Saat ini banyak kursus atau sekolah kecantikan yang  sangat cocok bagi mereka  yang ingin membuka  bisnis salon kecantikan professional. Anda harus  bisa memberikan pelayanan terbaik bagi   konsumen dengan memberikan jasa  salon yang bagus. Untuk itu persiapkan diri Anda agar bisa menjadi seorang tenaga salon professional melalui  kursus atau pendidikan  seputar kecantikan dan  tata rambut.

Persiapan lanjutan

Persiapan lanjutan yang dimaksud adalah bagaimana  Anda yang telah  memiliki keahlian dalam hal tata rias   wajah dan rambut  tersebut  untuk  membuka bisnis salon.  Persialan   lebih lanjut adalah dengan menyiapkan beberapa hal dibawah ini.

  1. Lokasi

Lokasi salon yang tepat akan membantu Anda  agar lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Jika lokasi salon berada di dekat jalan  utama atau yang sering dilalui banyak orang, tentu  banyak orang yang  juga mengetahui  salon  Anda. Namun, jika salon Anda berada di  tempat yang jauh dari akses jalan utama atau  terpencil  pastinya  hanya beberapa orang saja yang  mengetahui lokasi tersebut. Sebaiknya Anda memilih lokasi buka salon di  tempat yang ramai,  misalnya di  pinggir  jalan raya, di dekat  pasar, dekat rumah sakit, dekat kampus, dekat mall  atau tempat lain yang  ramai pengunjung.

  1. Peralatan dan perlengkapan salon

Untuk membuka salon tentunya Anda  membutuhkan peralatan dan perlengkapan. Untuk peralatan yang dibutuhkan, Anda bisa membelinya  di toko yang menyediakan peralatan salon lengkap.  Jika modal Anda minim, Anda bisa memilih peralatan dan perlengkapan   salon yang  sering dibutuhkan saja misalnya hair driyer,  catok rambut,  dan beberapa alat  lainnya yang selalu dibutuhkan. Untuk peralatan dan perlengkapan yang berlum  tentu dibutuhkan  sebaiknya Anda membelinya   setelah bisnis ini lancar.

Salon yang memiliki peralatan dan perlengkapan  yang memadai dan berkualitas, hal ini akan mendukung  usaha tersebut. Sebisa mungkin Anda memilih peralatan dan perlengkapan salon yang  berkualitas agar bisa memberikan yang terbaik untuk konsumen Anda. Jangan membeli peralatan ataupun perlengkapan yang  sudah  sering digunakan atau barang second, selain  kualitasnya belum terjamim, hal ini juga berpengaruh pada  hasil  salon yang Anda  tawarkan pada konsumen.

  1. Beberapa produk kecantikan

Pastinya  membuka bisnis salon akan berhubungan  dengan produk-produk kecantikan. Untuk produk perawatan rambut, produk   perawatan wajah dan  untuk  merias wajah. Anda bisa memilih produk kecantikan yang berkualitas, ingat bahwa yang Anda jual adalah jasa, namun bukan berarti  Anda melupakan  produk yang akan membantu Anda untuk mendapatka konsumen.  Jika produk perawatan  wajah maupun  rambut  yang Anda berikan kepada konsumen berkualitas, hal ini akan  memberikan

Untuk produk kecantikan dan perawatan rambut, sebaiknya Anda memilih produk dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas yang cukup bagus.  Untuk produk perawatan wajah, pastinya masing-masing orang memiliki jenis kulit berbeda sehingga Anda bisa menyediakan beberapa produk perawatan kulit yang   sesuai dengan jenis   kulit mereka.

  1. Promosi

Untuk pertama kalinya Anda membuka usaha salon kecantikan,  pastinya tidak  semua orang tau bisnis Anda dan   sangat sulit untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah yang banyak. Namun, jangan  berkecil hati,  mulailah untuk promosi baik secara online maupun offline. Promosi online  bisa dilakukan  di facebook atua twitter.  Sedangkan promosi offline bisa Anda lakukan dengan membuat brosur atau kartu nama.   Anda bisa memberikan brosur atau kartu nama tersebut pada  tetangga,  rekan  ataupun pada orang lain yang lewat salon Anda.

Gunakan papan nama  salon  yang lebih jelas dan pasang di pinggir jalan agar banyak orang yang tau usaha Anda. Selain itu Anda juga bsia memasang  banner besar di pinggir jalan untuk promosi, dengan memasang banner dalam ukuran besar maka orang lain akan mengetahui bisnis salon kecantikan Anda.  Anda  juga bisa memberikan diskon yang menarik untuk  konsumen yang  datang di salon. Dengan diskon dan harga yang terjangkau tersebut maka  Anda bisa menarik lebih banyak konsumen.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami sedang ONLINE dan siap berinteraksi dengan Anda sekarang